Visa Taiwan, Bagaimana Cara Mengurusnya?
Visa Taiwan (inside)

Visa Taiwan, Bagaimana Cara Mengurusnya?

Taiwan menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki beragam tempat wisata menarik. Wisata sejarah, wisata alam, edukasi, wisata kuliner dan beragam jenis tour bisa dilakukan di Taiwan. Hanya saja banyak orang yang mengurungkan niat untuk melakukan wisata di Taiwan salah satu alasannya karena pengurusan visa Taiwan yang cenderung sulit.

Benarkah demikian?

Sebenarnya pengurusan visa Taiwan tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kalau kamu sudah tahu syarat pengajuan visa apa saja dan paham prosedur pengajuannya, maka tentu mengurus visa Taiwan tidak akan sesulit yang kamu bayangkan. Sebagai informasi, berikut ulasan selengkapnya yang kamu perlu simak!

Jenis Visa Taiwan dan Persyaratan

Ada 8 jenis visa di Taiwan yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Delapan jenis visa Taiwan tersebut di antaranya :

  • Visa wisata, visa kerabat atau visa kunjungan sosial dengan kode P
  • Visa bisnis dengan kode B
  • Visa entertain atau pekerjaan jangka pendek dengan kode A
  • Visa pelatihan magang atau pelatihan karyawan dengan kode FT
  • Visa seminar internasional atau pameran dengan kode IM
  • Visa keagamaan atau pelayanan keagamaan dengan kode R
  • Visa belajar bahasa dan sekolah keagamaan dengan kode FR
  • Visa pengobatan medis dengan kode M
Visa Taiwan (path2usa)
Visa Taiwan (path2usa)

Kalau kamu sudah tahu jenis visa apa yang kamu butuhkan, sekarang kamu pahami juga persyaratan yang harus kamu sediakan untuk mengurus visa. Beberapa syarat yang harus dikumpulkan dalam pengajuan visa terdiri atas :

Bukti akomodasi atau bukti tinggal

Berkas yang berkaitan dengan bukti akomodasi atau bukti tinggal dari orang yang akan pergi ke Taiwan selama berada di Taiwan nantinya.

Sebagai contoh bukti tinggal atau bukti akomodasi yang perlu dilampirkan adalah surat undangan atau surat resmi dari pengundang atau kerabat di Taiwan yang akan dikunjungi jika memang keperluan ke Taiwan adalah untuk kunjungan. Sementara untuk pemberangkatan yang berkaitan dengan keperluan wisata atau bisnis bisa dengan menunjukkan bukti reservasi penginapan atau hotel selama di Taiwan.

Bukti keuangan pribadi atau saudara di Taiwan

Bukti keuangan yang terdiri atas fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir pemohon atau kerabat pemohon visa yang ada di Taiwan perlu dilampirkan dalam persyaratan pengurusan atau pengajuan visa.

Bukti keuangan yang dilampirkan berguna untuk membuktikan bahwa pemohon mampu membiayai kehidupannya sendiri selama berada di Taiwan. Jika selama pemohon tinggal di Taiwan menginap di rumah kerabat, maka fotokopi rekening koran kerabat di sana dilampirkan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mereka melayani tamu sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Dalam rekening koran pemohon atau saudara pemohon yang dilampirkan dalam persyaratan pengajuan visa harus menunjukkan saldo dengan nominal minimal sebesar 30 juta rupiah dalam rekening koran.

Print out tiket pesawat

Pastikan kamu sudah melakukan booking tiket pesawat jauh – jauh hari karena selain bisa membuat kamu mendapatkan harga tiket pesawat murah, kamu juga memerlukan print out tiket pesawat yang kamu dapatkan sebagai persyaratan pendaftaran atau pengajuan visa.

Fotokopi paspor, KTP dan atau SIM

Lampirkan lembar utama paspor yang telah kamu fotokopi dalam berkas pendaftaran. Lampirkan juga fotokopi KTP atau SIM sebagai kelengkapan data diri pemohon.

Pas foto 4 x 6

Untuk melengkapi informasi data diri pemohon, kamu perlu mencetak foto dengan ukuran 4 x 6 sebagai kelengkapan berkas pendaftaran visa. Lampirkan foto kamu sebanyak 2 lembar dalam berkas pendaftaran.

Persyaratan pengajuan visa Taiwan di atas, secara garis besar sama dengan persyaratan pengajuan visa ke Jepang. Jika kamu berniat pergi ke negara Asia lainnya yaitu Jepang, cara pendaftaran visanya bisa kamu baca : Visa Jepang, Cara Membuat Beserta Syaratnya!

Di Jepang, berbagai macam tempat wisata menarik memang dapat kamu temukan di sana. Untuk kamu yang belum punya referensi tempat wisata di Jepang, baca : 12 Tempat Wisata Jepang yang Paling Keren!

Baca : 10 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Cara Pengajuan Visa Taiwan

Setelah semua persyaratan di atas kamu sediakan, sekarang kamu bisa melakukan pengajuan visa dengan cara datang secara langsung ke kantor atau mengajukan secara online melalui situs ini (klik link).

visa Taiwan - Cara Pengajuan Visa Taiwan (klemchuk)
Cara Pengajuan Visa Taiwan (klemchuk)

Setelah itu, baru lakukan pengisian visa Taiwan melalui situs tersebut. Pada situs tersebut, kamu harus mengisi formulir kurang lebih sebanyak 4 lembar. Adapun beberapa informasi yang wajib kamu berikan dalam pengisian formulir pendaftaran visa, di antaranya :

Jenis visa yang kamu pilih

Karena jenis visa Taiwan ada banyak pilihannya, maka kamu perlu menjelaskan jenis visa apa yang kamu butuhkan. Sementara mengenai lokasi atau wilayah visa, untuk kamu yang tinggal di wilayah Indonesia maka Taipei Economic atau Trade Office in Indonesia perlu kamu pilih sebagai lokasi pengajuannya.

Tipe visa Taiwan sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu visa single entry dan visa multiple entry. Nah, kamu bisa memilih tipe visa mana yang kamu butuhkan untuk keberangkatan. Keduanya tentu dibanderol dengan harga pengajuan yang berbeda.

Menyertakan informasi data diri

Pada formulir pendaftaran visa Taiwan, kamu harus mengisi semua pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan – pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan yang berkaitan dengan informasi data diri kamu seperti nama lengkap, nama panggilan, nomor KTP atau nomor identitas, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaan, alamat tempat tinggal, nomor kontak, email dan sebagainya. Kamu harus mengisi dengan informasi yang sebenar – benarnya sesuai data diri kamu.

Informasi paspor pemohon

Sama halnya seperti visa lainnya, ketika mengisi formulir permohonan pengajuan visa kamu juga perlu memberikan informasi sesuai dengan informasi sebenar – benarnya yang tertera di paspor kamu. Jadi pastikan kamu mengisi semua informasi secara benar.

Informasikan rencana perjalanan kamu

Setelah mengisi biodata atau data diri kamu, selanjutnya kamu juga harus menginformasikan dalam formulir tersebut mengenai rencana perjalanan kamu selama di Taiwan. Pada bagian ini kamu perlu memberikan informasi tujuan wisata kamu, tempat yang akan kamu kunjungi, tempat tinggal di Taiwan dan kapan kamu akan pulang ke Indonesia.

Biaya Pengurusan Visa Taiwan

visa Taiwan - Biaya visa Taiwan (shutterstock)
Biaya visa Taiwan (shutterstock)

Mengenai biaya pengurusan visa Taiwan, pada tipe visa single entry dan multiple entry tentu dibanderol dengan biaya pengurusan yang berbeda. Untuk membuat visa single entry, biaya yang dibebankan sebesar Rp 650.000,00 saja. Sementara untuk membuat dan mengurus visa multiple entry, biaya yang dibebankan sebesar Rp 1.300.000,00.

Visa single entry dan multiple entry memang merupakan tipe visa yang berbeda, oleh sebab itu biaya pengurusan pun berbeda. Visa single entry merupakan visa yang diberikan hanya satu kali dengan durasi kunjungan pendek.

Sementara visa multiple entry merupakan tipe visa yang diajukan dengan masa berlaku 3 pilihan, yaitu :

  • Masa berlaku 1 tahun
  • Masa berlaku 3 tahun
  • Masa berlaku 5 tahun

Jadi visa multiple entry ini merupakan jenis visa jangka panjang yang memungkinkan pemohon bolak – balik dari Indonesia ke Taiwan dan sebaliknya, selama berkali – kali sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Sementara ketentuan lamanya tinggal di Taiwan dengan visa multiple entry adalah kurang lebih 90 – 180 hari di masing – masing kunjungan.

Untuk kamu yang akan pergi ke Taiwan, jangan lupa agar ketika booking tiket pesawat kamu usahakan untuk memesan tiket pesawat di waktu promo. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah.
Sebagai tipsnya, baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Baca juga : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Jadi tunggu apa lagi? Untuk kamu yang akan berkunjung ke Taiwan pastikan sudah memesan tiket jauh – jauh hari dan mengurus visa sesuai prosedur pengajuan di atas. Semoga perjalanan kamu menyenangkan.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!