12 Tempat Wisata Jepang Yang Paling Keren!

12 Tempat Wisata Jepang Yang Paling Keren!

Sebagai salah satu negara maju di wilayah Asia, banyak hal menarik yang dapat dibahas tentang negeri sakura ini. Selain tentang teknologi dan kemajuan peradabannya, hal menarik lainnya yang sangat menarik untuk dibahas tentang negara sakura ini adalah wisatanya. Ya, hampir setiap tempat wisata Jepang menarik untuk dijelajahi.

Kamu akan temukan sesuatu yang khas ketika sedang jalan – jalan di sana. Tata kota yang menarik, suasana yang berbeda, musim yang berganti – ganti memberikan keistimewaan tersendiri, sampai dengan kegiatan masyarakat Jepang, semuanya menjadi alasan mengapa banyak warga negara Indonesia khususnya memutuskan untuk wisata di Jepang.

Jika kamu juga salah satu pecinta wisata Jepang, berikut kami berikan daftar wisata Jepang paling keren yang kamu bisa kunjungi kalau liburan di Jepang. So, let’s check these out!

Daftar Wisata Jepang Paling Keren

1. Kyoto

Kyoto

Alamat : Kyoto (kota wisata di Jepang)
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : gratis

Untuk kamu yang hanya punya waktu sedikit untuk liburan ke Jepang, maka memang sangat tepat jika kamu memilih Kyoto sebagai tujuan wisata Jepang kamu. Kyoto ini merupakan salah satu kota di Jepang yang menjadi pusat kebudayaan dan kesenian Jepang.

Kamu dapat menyaksikan kehidupan Jepang dengan nuansa tradisional yang khas. Kamu pun bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang ramah. Selain dapat melakukan kegiatan tersebut, masih banyak aktivitas wisata lain yang kamu bisa lakukan selama berwisata di Kyoto.

Kamu dapat berjalan kaki sembari menghirup udara segar, berfoto dengan tata kota yang menarik, belajar memasak masakan Jepang, berfoto dengan pemandangan kuil dan panorama alam yang indah, dan juga naik kereta ke desa Kibune yang tak jauh dari pusat kesenian Jepang ini.

2. Tokyo Sky Tree

Tokyo sky tree

Alamat : 1 Chome-1-2 Oshiage, Sumida City, Tokyo Solamachi, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 21.00
Harga tiket masuk : 1,000 yen

Tokyo Sky Tree merupakan menara pemancar signal televisi di Jepang yang dibangun pada tahun 2008. Menara pemancar signal televisi ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Berkat keunikannya tersebut, selain berfungsi untuk memancarkan signal televisi bagi masyarakat Jepang, Tokyo Sky Tree juga ramai dikunjungi wisatawan.

Di Tokyo Sky Tree, kamu bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan kota yang sangat indah. Di Tokyo Sky Tree juga terdapat sebuah restoran yang dapat kamu jadikan tempat untuk lunch atau dinner kamu bersama teman, keluarga atau pasangan.

Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen seru kamu di Tokyo Sky Tree. Karena di Tokyo Sky Tree juga kamu dapat berfoto dengan panorama kota Jepang yang indah dari atas ketinggian. Happy holiday sobat!

Oh ya, ngomong – ngomong soal kota di Jepang yang terkenal sebenarnya bukan hanya Tokyo saja. Ada kota – kota lain di Jepang yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Hokkaido. Apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di Hokkaido? Baca : 10 Tempat Wisata Hokkaido yang Wajib Dikunjungi

3. Gunung Fuji

Gunung Fuji

Alamat : Kitayama, Fujinomiya, Prefektur Shizuoka, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 20.00 (saat ini sedang tutup sementara)
Harga tiket masuk : 1,000 yen

Siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu gunung terindah di Jepang ini? Namanya bahkan sangat populer di Indonesia. Gunung Fuji bahkan menjadi salah satu icon wisata gunung di Jepang yang wajib dikunjungi pecinta pendakian. Kamu akan merasakan sensasi mendaki gunung yang berbeda ketika liburan di Gunung Fuji Jepang ini.

Gunung Fuji sendiri merupakan gunung api tertinggi yang ada di Jepang. Ketinggiannya mencapai 3765 meter. Berkat ketinggiannya tersebut, menjadikan Gunung Fuji sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam Jepang dari atas ketinggian.

Selain memiliki keindahan alam yang bisa dikatakan ‘sempurna’, gunung Fuji juga memiliki banyak kuil yang berdiri di atasnya. Berkat keberadaan kuil – kuil tersebut, UNESCO menobatkan Gunung Fuji sebagai sebuah situs budaya bukan sebagai situs alam. Di Gunung Fuji, kamu akan menemukan kurang lebih sekitar 25 kuil yang ada di sana.

4. Universal Studios Japan

Universal Studios Japan
Universal Studios Japan

Alamat : 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Osaka, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.30 – 21.00
Harga tiket masuk : 1,550 yen

Kamu adalah penggemar setia tokoh Harry Potter dan Minions? Jika iya, wajib banget buat kamu datang dan berkunjung ke Universal Studio Japan. Di sana kamu bisa mengintip dunianya Harry Potter dan Minions.

Universal Studio Japan dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 2001. Wisata Jepang yang satu ini merupakan sebuah taman bermain yang sangat luas dan memiliki banyak wahana bermain di dalamnya. Universal Studio Japan memiliki luas wilayah sebesar 54 hektar dan di sana terdapat sebanyak 18 wahana wisata serta 20 restoran tematik yang memanjakan setiap pengunjung yang berwisata ke tempat wisata Jepang ini.

Kamu bisa bermain dan berfoto sepuasnya di berbagai wahana wisata dan restoran tematik yang ada di Universal Studio Japan ini. Universal Studio Japan memiliki 10 area dengan tema berikut ini :

  • New York City
  • Hollywood
  • San Fransisco
  • Jurrasic Park
  • Minion Park
  • Universal Wonderland
  • Water World
  • Amity Island
  • The Wizarding World of Harry Potter
  • Super Nintendo World

Namun di antara sekian banyak area bertema yang ada di Universal Studio Japan, area bertema yang paling ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara, termasuk wisatawan Indonesia adalah The Wizarding World of Harry Potter.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena memang penggemar Harry Potter di seluruh dunia sangatlah banyak. Ketika kamu masuk ke area The Wizarding World of Harry Potter, kamu tidak hanya akan menemukan dunia bernuansa sihir saja melainkan kamu juga dapat melakukan beberapa aktivitas wisata berikut ini :

  • Mencicipi butterbeer (minuman yang terkenal di dunia Harry Potter) dan pastinya bikin kamu ketagihan
  • Berkunjung ke Hogwarts Castle
  • Membeli aneka ragam permen di Honeydukes
  • Dan masih banyak lagi aktivitas wisata lain yang kamu bisa lakukan

Oh ya, buat kamu yang baru pertama kali liburan di Jepang, supaya liburan kamu menyenangkan pastikan di HP kamu sudah terinstall aplikasi traveling. Apa saja aplikasi traveling yang wajib ada di HP kamu selama liburan di Jepang? Baca : 20 Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di HP Traveler

5. Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland

Alamat : 1-1 Maihama, Urayasu, Chiba 279-0031, Tokyo Disney Resort, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : Sampai pukul 10.00 pm waktu setempat
Harga tiket masuk : 4,800 yen untuk anak – anak, 6,400 yen untuk remaja, dan 7,400 yen untuk orang dewasa

Tokyo Disneyland merupakan rumah yang harus dikunjungi pecinta Disney. Tempat wisata Jepang yang satu ini dibangun pada tanggal 15 April 1983 dan menjadi icon wisata Jepang sampai hari ini.

Salah satu icon wisata Jepang ini memiliki luas sebesar 46 hektar. Kamu dapat berkeliling sampai puas di taman bermain ala Disney ini, sekaligus menikmati atraksi kembang api yang dihadirkan setiap malam.

Di antara semua atraksi wisata yang bisa kamu temukan di Tokyo Disneyland, atraksi yang cukup populer dan menjadi favorit wisatawan di antaranya adalah wahana wisata Pirates of Carribean, Jungle Cruise, Splash Mountain, dan Haunted Mansion.

Untuk kamu yang liburan di Tokyo Disneyland, jangan lupa untuk sempatkan diri berfoto dengan berbagai karakter Disney seperti Mickey, Minnie, Stitch dan Pluto. Abadikan semua momen seru liburan kamu selama di Tokyo Disneyland.

6. Tokyo Disneysea

Tokyo Disneysea - wisata Jepang

Alamat : 1-1 3 Maihama, Urayasu, Chiba 279-0031, Tokyo Disney Resort, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : sampai pukul 10.00 pm waktu setempat
Harga tiket masuk : 4,800 yen untuk anak – anak, 6,400 yen untuk remaja, dan 7,400 yen untuk orang dewasa

Tokyo Disneysea merupakan sebuah tempat wisata di Jepang yang masih berada di bawah payung Disneyland. Kalau kamu berwisata ke Tokyo Disneyland, jangan lupa juga untuk mampir ke Tokyo Disneysea juga.

Antara Tokyo Disneyland dengan Tokyo Disneysea, keduanya sama – sama merupakan sebuah wahana wisata bertema Disney. Akan tetapi keduanya juga memiliki perbedaan. Jika Tokyo Disneyland merupakan wisata taman hiburan pada umumnya, maka Tokyo Disneysea merupakan wisata Disney yang mengunggulkan tema wisata air.

Kalau kamu suka basah – basahan dengan bermain di wahana wisata air, maka cocok banget kalau kamu juga berwisata ke Tokyo Disneysea. Rasakan sensasi keseruan bermain air di sana. Tokyo Disneysea terbagi menjadi tujuh zona utama. Ketujuh zona utama tersebut di antaranya :

  • Mediteranian Harbour
  • Mysterious Island
  • Mermaid Lagoon
  • Arabian Coast
  • Lost River Delta
  • American Waterfront
  • Port Discovery

Selain berwisata ke dunia Disney, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata lain di Jepang. Baca : 10 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Oh ya, untuk kamu yang baru pertama kali ke Jepang khususnya jika ini adalah perjalanan pertama kamu dengan naik pesawat, baiknya kamu baca dulu tips triknya untuk naik pesawat pertama kali. Baca : Naik Pesawat Pertama Kali? Cek Tipsnya di Sini!

7. Istana Himeji

istana himeji - wisata Jepang

Alamat : 68 Honmachi, Himeji, Hyogo 670-0012, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 16.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 1,000 yen

Jepang punya sebuah istana putih yang sangat megah bernama Istana Himeji. Istana ini juga sering dikenal di kalangan wisatawan dengan sebutan istana bangau putih. Bangau putih yang dikait – kaitkan sebagai filosofi dari istana ini merupakan hewan yang disakralkan.

Bangau putih merupakan hewan yang memiliki filosofi tentang kesucian dan memiliki keanggunan, sehingga istana ini diartikan sebagai istana putih yang suci dan anggun. Kemegahannya terlihat dari bagian depan istana.

Di sekitar istana, kamu akan menyaksikan sebuah danau yang tenang, lengkap dengan pohon bunga yang berdiri sangat indah. Jika kamu datang pada musim semi, pohon bunga tersebut akan menampilkan pemandangan bunga yang sedang bermekaran sangat indah.

Istana Himeji merupakan sebuah istana yang bersejarah. Istana ini berdiri di tahun 1346. Istana Himeji didirikan oleh seorang panglima perang bernama Toyotomi Hideyoshi. Istana ini dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan Jepang.

Bangunan istana ini memang dibuat rumit dengan tiga buah menara tinggi yang saling terhubung antara menara yang satu dengan menara yang lainnya. Kini, istana Himeji menjadi icon sejarah Jepang yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

8. FujiQ Highland

fujiQ highland - wisata Jepang

Alamat : 5 Chome-6-1 Shinnishihara, Fujiyoshida, Yamanashi 403-0017, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : mulai 6,000 yen

Tidak jauh dari sebuah danau indah bernama Danau Kawaguchiko di Jepang, terdapat sebuah tempat wisata Jepang keren yang bernama FujiQ Highland. Lokasinya berada di kaki gunung Fuji. Di sana, kamu bisa merasakan berbagai atraksi bermain yang tak biasa dan kamu juga bisa memacu adrenalin dengan bermain wahana roller coaster yang ketinggiannya mencapai 79 meter.

Diklaim roller coaster ini merupakan roller coaster paling tinggi yang ada di Jepang. Coba deh, kamu takhlukkan rasa takut kamu atas ketinggian dengan mencoba naik wahana yang satu ini.

Selain terdapat wahana roller coaster, FujiQ Highland juga menyediakan berbagai wahana lain seperti wahana horor yang cocok untuk pecinta wisata horor, dan ada juga permainan air yang bisa kamu jadikan tempat basah – basahan.

9. Hiroshima Peace Memorial Museum

Alamat : 1-2 Nakajimacho, Naka Ward, Hiroshima, 730-0811, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.30 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 200 yen

Siapa yang masih ingat dengan kota Hiroshima? Kota ini merupakan kota yang penuh dengan kisah sejarah. Kisah sejarah tentang kota Hiroshima bahkan masih berkaitan erat dengan sejarah Indonesia.

Nah, kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata sejarah di Jepang bisa banget datang ke Hiroshima Peace Memorial Museum atau Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima ini. Hiroshima Peace Memorial Museum merupakan saksi bisu atas tragedi pengeboman yang terjadi pada tanggal 6 Agustus 1945 silam.

Ada banyak korban yang terenggut atas tragedi kelam Jepang pada waktu itu. Di museum ini, kamu pun dapat menyaksikan berbagai hal tentang apa yang terjadi pada tragedi Hiroshima 75 tahun yang lalu.

Hiroshima Peace Memorial Museum merupakan sebuah museum sejarah yang dibangun pada tahun 1955 dan merupakan bagian dari desain arsitek Pusat Perdamaian Kenzo Tange. Museum ini memiliki dua bagian, yaitu sayap timur dan sayap barat. Pada sayap timur, kamu akan menyaksikan bagaimana kehidupan di masa perang. Berbagai pernak – pernik masa perang pun dapat kamu lihat di sana.

Sementara pada sayap barat, hal – hal yang berkaitan dengan peristiwa paska pengeboman berlangsung dapat kamu temukan. Kamu juga akan menyaksikan barang antik milik korban pengeboman yang dipajang.

10. Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium - wisata Jepang

Alamat : Kaiyohaku Park, 424 Ishikawa, Motobu, Kunigami Bezirk, Okinawa 905-0206, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.30 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 1,850 yen

Okinawa Churaumi Aquarium merupakan tempat wisata sekaligus pusat penelitian dan pameran ikan pari manta serta hiu paus terbesar di Jepang dan juga di dunia. Selain kamu bisa menyaksikan pameran ikan pari manta dan ikan hiu paus, kamu juga dapat melihat berbagai macam biota laut yang hidup di lautan Jepang.

Ada sebanyak 740 spesies hewan dan 21.000 biota laut di aquarium berisi 7500 liter air laut ini. Kamu pun dapat melakukan berbagai hal seru di Okinawa Churaumi Aquarium, di antaranya :

  • Melihat hiu paus raksasa yang sedang memamerkan kegagahannya
  • Datang ke zona edukasi yang memberikan edukasi misteri laut bagi pengunjung.

Di sana kamu akan diperlihatkan tentang seperti apa kehidupan di bawah laut lengkap bersama pesona terumbu karang indah yang mengeluarkan cahaya di dalam kegelapan. Pemandangan seperti ini tentu sulit untuk kamu temukan, bahkan di laut sesungguhnya. Terlebih soal keamanannya pasti sangat jauh berbeda antara keamanan menyaksikan biota laut dan terumbu karang di zona edukasi Okinawa Churaumi Aquarium dengan di laut nyata.

Kamu juga dapat berfoto dengan rangka binatang laut raksasa. Nah, di wahana ini kamu akan berjumpa dengan lumba – lumba raksasa, kerapu raksasa beracun sampai dengan megamout shark yang sangat langka di Jepang.

Oh ya, bonusnya kalau kamu berwisata di Okinawa Churaumi Aquarium, kamu bisa menikmati pesona pantai yang indah. Hal tersebut dikarenakan Okinawa Churaumi Aquarium terletak persis di pesisir Pantai Emerald yang letaknya berseberangan dengan Pulau Ie (Iejima).

Untuk bisa sampai di bibir pantai, dari Okinawa Churaumi Aquarium kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dan kamu sudah bisa menyaksikan pesona hamparan pasir putih dan air laut biru kehijauan yang sangat indah.

Tunggu apalagi? Langsung buat itinerary liburan di Jepang. Kalau kamu takut tidak bisa mendapatkan tiket pesawat murah untuk liburan ke Jepang, baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

11. Hutan Bambu Arashiyama/ Sagano

Hutan Bambu Arashiyama/ Sagano - wisata Jepang

Alamat : Jepang, 605-0028 Kyoto, Higashiyama Ward, Bunkicho, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.00 – 19.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 500 yen

Hutan Bambu Arashiyama juga dikenal dengan sebutan Hutan Bambu Sagano. Wisata alam Jepang ini merupakan salah satu tempat di Jepang yang akan membuat kamu merasakan suasana pedesaan khas yang dimiliki oleh Jepang.

Sepanjang mata memandang aura kehijauan dari bambu yang indah dan gagah akan kamu temukan. Terdapat jalan setapak yang turut menambah keindahan aura alam dari Hutan Bambu Sagano di Kyoto ini.

Hutan Bambu Sagano selalu ramai dengan kunjungan wisatawan khususnya di bulan Januari sampai dengan April. Di sana, tidak hanya keindahan hutan bambu saja yang akan kamu temukan. Kamu juga akan menyaksikan bunga sakura yang indah dengan latar belakang jembatan Togesukyo yang penuh pesona.

Selain jalan – jalan, ketika berwisata di Hutan Bambu Sagano, kamu juga bisa menyusuri sungai Hozugawa dengan naik perahu tradisional. Pengalaman wisata yang tak terlupakan akan kamu rasakan.

12. Jigokudani Monkey Park

wisata Jepang

Alamat : 6845 Hirao, Yamanochi, Shimotakai-gun, Nagano 381-0401, Jepang
Map : Klik disini
Jam buka : 08.30 – 17.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 800 yen untuk orang dewasa dan 400 yen untuk anak – anak

Last but not least masih ada tempat wisata Jepang lainnya yang juga tak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut bernama Jigokudani Monkey Park. Kamu akan menyaksikan dunianya monyet di sana. Kamu tak perlu takut monyet – monyet tersebut akan mengganggu kamu, karena semua monyet di Jigokudani Monkey Park sudah jinak dan penurut.

Itulah berbagai wisata Jepang paling keren yang wajib masuk ke daftar kunjungan wisata kamu. Namun buat kamu yang kurang suka liburan di Jepang atau lebih memilih liburan di Indonesia, beberapa wisata Indonesia juga ada yang keren kok dan bahkan nggak kalah dengan wisata Jepang.

Baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah! Yuk buat rencana liburan kamu sedari sekarang! Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!