7 Wisata Bima Lambu NTB yang Wajib Dikunjungi
7 Wisata di Bima Lambu NTB yang Wajib Dikunjungi (edit)

7 Wisata Bima Lambu NTB yang Wajib Dikunjungi

Nusa Tenggara Barat (NTB) memang menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang sampai detik ini masih menjadi primadonanya wisata. Di wilayah Bima Lambu NTB misalnya, berbagai lokasi wisata dapat kamu temukan.

Mulai dari pantainya yang indah, icon wisatanya yang menampilkan ciri khas NTB yang unik, sampai dengan wilayah perbukitannya yang menampilkan panorama syahdu semuanya bisa menjadi tujuan liburan seru kamu di Bima Lambu.

Kalau kebetulan kamu punya waktu untuk jalan – jalan di sana, berikut beberapa spot wisata di Bima Lambu yang recommended banget masuk ke daftar kunjungan wisata kamu. So, let’s check these out!

Daftar Wisata Bima Lambu NTB

1. Pulau Kelapa Lambu

Pulau Kelapa Lambu (edit)
Pulau Kelapa Lambu

Alamat : Desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah untuk wisatawan domestik, 25 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Kalau ada di antara kamu yang ingin menikmati pesona wisata Labuan Bajo namun perlu banyak pertimbangan untuk ke sana, bisa banget banting setir dahulu ke daerah Lambu, Bima, NTB. Di sana kamu akan menemukan sebuah pantai yang keindahannya sangat memukau.

Pantai tersebut adalah Pulau Kelapa Lambu. Pesona khas Labuan Bajo akan kamu rasakan di pantai tersebut. Pantai birunya yang indah bisa kamu intip dari balik perbukitan hijau yang terbentang luas. Berbagai aktivitas wisata menarik pun bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah berfoto mengabadikan momen dengan background perbukitan dan pantai yang menawan.

Pastikan kalau mau ke Pulau Kelapa Lambu, kamu siapkan perbekalannya dulu karena perjalanan yang perlu kamu tempuh cukup lama. Dari kota ke desa Lambu, butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Kemudian perjalanan kamu dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan kapal nelayan atau speedboat dalam kurun waktu sekitar 1 jam. Setelah itu kamu harus naik bukit sekitar setengah jam untuk mendapatkan panorama Pulau Kelapa Lambu yang menawan.

Kalau kebetulan kamu ada rezeki lebih ke Labuan Bajo di kemudian hari, agar perjalanan wisata kamu di Laboan Bajo semakin menarik dan tak terlupakan, ada beberapa aktivitas atau kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di sana. Baca : 5 Hal Asik yang Harus Kamu Lakukan di Labuan Bajo

2. Tanjung Meriam

Tanjung Meriam (bbsruliweb)
Tanjung Meriam (bbsruliweb)

Alamat : Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Kalau kamu ingin berfoto dengan background tebing unik dan aneh, kamu bisa datang ke Tanjung Meriam Bima Lambu. Di sana kamu akan menemukan sebuah tebing hitam berbentuk heksagonal. Sekilas tebing tersebut memang tampak seperti sebuah meriam. Oleh sebab itu, tebing ini dikenal dengan nama Tanjung Meriam.

Tebing batu yang berbentuk seperti susunan meriam tersebut diketahui bukan buatan manusia melainkan terbentuk secara alami oleh peristiwa pembekuan magma di perut bumi. Tanjung Meriam ini merupakan sebuah pantai dengan ombak yang cukup besar. Untuk sampai ke sana, perjalanan dari Bima kota perlu memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Buat kamu yang berasal dari luar Bima Lambu atau bahkan berasal dari luar provinsi NTB dan ingin berwisata ke daerah Bima Lambu, kamu bisa naik pesawat. Nah, yang ingin dapatkan promo tiket pesawat murah, baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

3. Pantai Lawoli

Pantai Lawoli (traveldetik)
Pantai Lawoli (traveldetik)

Alamat : Nggelu, Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Masih membahas tentang pantai yang ada di Bima Lambu nih. Banyak sekali memang kawasan wisata pantai di Bima Lambu yang kamu bisa temukan. Salah satunya adalah Pantai Lawoli yang memiliki bibir pantai berwarna putih dan sangat bersih.

Ombaknya setinggi 3 sampai dengan 4 meter yang biasanya dijadikan tempat belajar surfing bagi pemula. Pantai Lawoli sendiri termasuk salah satu pantai tersembunyi di Bima Lambu yang tak banyak orang tahu. Di sekitar Pantai Lawoli terdapat banyak hotel yang bisa dijadikan tempat menginap.

4. Pantai Lariti

Bima Lambu - Pantai Lariti (theworldnews)
Pantai Lariti (theworldnews)

Alamat : Desa, Soro, Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WITA
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah

Pernah merasakan sensasi berjalan di tengah – tengah laut belum?

Kalau belum, sekarang waktunya kamu ke Pantai Lariti kalau berada di wilayah Bima Lambu NTB. Di sana, kamu bisa merasakan sensasi unik berjalan di tengah – tengah lautan. Kalau kamu masih bingung bagaimana bisa, hal tersebut terjadi karena terdapat gundukan pasir yang membentang alami seperti jembatan di tengah – tengah Pantai Lariti.

Gundukan pasir yang terbentang seperti jembatan tersebut bisa digunakan untuk berjalan – jalan ke tengah pulau yang ada di Pantai Lariti ketika ombak sedang tidak besar tentunya. Pantai Lariti juga terkenal sebagai pantai dengan ombak yang tenang.

Dengan ombaknya yang tenang tersebut, kamu yang ingin snorkeling bisa banget melakukannya di Pantai Lariti. Kamu pun bisa bermain dan berenang sepuasnya tanpa perlu takut terseret ombak.

Di Pantai Lariti, selain dapat menyaksikan laut yang terbelah dua, kamu juga dapat melihat indahnya dua pulau besar dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Keberadaan pulau – pulau tersebut menjadikan Pantai Lariti terlihat semakin eksotis dan menjadi salah satu pulau terindah di Bima Lambu yang wajib masuk ke daftar kunjungan wisata.

5. Pantai So Dau

Bima Lambu - Pantai So Dau (Twitter)
Pantai So Dau (Twitter)

Alamat : Nggelu, Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu menginginkan tempat yang tenang untuk beristirahat dari hiruk pikuk kegiatan yang melelahkan, kamu bisa datang ke pantai tersembunyi di Bima Lambu. Pantai tersebut adalah Pantai So Dau.

Pantai ini merupakan pantai perawannya Bima Lambu. Karena itu jangan heran kalau tak banyak orang tahu tentang Pantai So Dau ini karena selain perawan, belum terjamah, lokasinya juga sangat tersembunyi.

Pantai So Dau yang masih belum terjamah ini memiliki ombak laut yang tenang, pasir yang bersih dan air laut yang sangat jernih. Dikelilingi perbukitan yang indah menjadi nilai plus dan daya tarik lain dari Pantai So Dau. Pastikan, jangan lupa bawa kamera dan abadikan momen seru kamu selama berwisata di Pantai So Dau.

6. Pantai Papa

Bima Lambu - Pantai papa (thetinytravelogue)
Pantai papa (thetinytravelogue)

Alamat : Sumi, Kecamatan Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 25 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Masih membahas tentang wisata pantai di Bima Lambu. Pantai lainnya yang kamu bisa datangi di Bima Lambu adalah Pantai Papa. Selain ombak tenang yang ditawarkan, ketika berwisata di Pantai Papa kamu juga bisa sekaligus menikmati event pacuan kuda yang diselenggarakan.

Hanya saja event pacuan kuda di Pantai Papa tidak setiap hari diadakan. Jadi kalau kamu ingin menyaksikan event tradisional pacuan kuda diselenggarakan di Pantai Papa, kamu harus cari tahu dulu informasinya dari pemerintah setempat. Biasanya event pacuan kuda di Pantai Papa diselenggarakan setiap bulan maret sampai dengan April.

7. Taman Nasional Gunung Tambora

Bima Lambu - Taman Nasional Gunung Tambora (superadventure)
Taman Nasional Gunung Tambora (superadventure)

Alamat : Doropeti, Pekat, Kabupaten Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 150 ribu rupiah untuk wisatawan asing

Taman Nasional Gunung Tambora merupakan suatu wisata di Bima Lambu yang sangat menarik, karena kawasan wisata ini memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan. Beberapa potensi wisata yang dapat dikembangkan di sekitar kawasan wilayah Taman Nasional Gunung Tambora yang terbentang di sepanjang kabupaten dompu dan kabupaten Bima Lambu ini di antaranya :

  • Wisata pendakian kaldera
  • Jungle tracking atau jelajah hutan. Untuk jelajah hutan bisa dilalui di tiga pintu pendakian di antaranya pintu kawindato’I, piong atau sanggar dan doro ngaca
  • Jelajah air atau canoing melintasi beberapa aliran sungai yang mengalir di wilayah Taman Nasional Gunung Tambora
  • Menjelajahi spot bird watching
  • Off-road, paralayang, berkuda, panjat tebing dan menjalankan wisata ilmiah
Gunung Tambora, Sumbawa (Kiddle)
Gunung Tambora, Sumbawa (Kiddle)

Kalau kamu ingin menuju ke Taman Nasional Gunung Tambora, kamu bisa memulai perjalanan dari kota Bima Lambu atau dari kota Mataram. Namun yang paling sering dilakukan orang – orang adalah menuju ke Taman Nasional Gunung Tambora dari kota Mataram.

Kamu butuh waktu sekitar 13 jam dengan perjalanan darat jika melakukan perjalanan dari kota Mataram. Mengenai rute yang perlu kamu tempuh sebagai berikut :

  • Dari kota Mataram ke Dompu dengan lama perjalanan 11 jam menggunakan kapal ferry
  • Lanjut ke Kore dengan lama perjalanan 2 jam
  • Setelah itu ke Kawinda To’i butuh waktu 2 jam perjalanan melalui Pos Kawinda To’i
  • Sampai deh di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Tambora

Kalau di Indonesia sendiri sebenarnya banyak banget potensi wisata yang kamu bisa jelajahi. Baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

Di Taman Nasional Gunung Tambora yang buka 24 jam non stop ini, kamu juga bisa camping kalau memang menginginkannya. Kamu bisa minta izin dulu ke penjaga setempat jika ingin camping. Pastikan kamu juga sudah membawa berbagai peralatan camping secara lengkap.

Mengenai apa saja peralatan penunjang camping yang perlu di bawa, baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

Dengan camping di Taman Nasional Gunung Tambora, pesona sunrise dan sunset yang indah bisa kamu saksikan dan abadikan melalui video atau foto bidikan kamu.

Itulah beberapa lokasi wisata di Bima Lambu NTB yang wajib masuk di daftar kunjungan wisata kamu. Jadikan perjalanan wisata kamu di Bima Lambu menyenangkan dan tak terlupakan dengan berkunjung ke beberapa spot wisata tersebut. Happy holiday sobat!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!