Wisata Malaysia – Pulau Redang
Pulau Redang

Wisata Malaysia – Pulau Redang

Pulau Redang

Pulau Redang adalah sebuah pulau yang terletak di Laut China Selatan dan merupakan bagian dari taman laut Terengganu, Malaysia. Pulau Redang merupakan salah satu pulau yang terbesar dan tercantik di timur Malaysia, menjadikannya salah satu tempat wisata di Malaysia yang populer tidak hanya bagi warga Malaysia, namun juga bagi warga Indonesia. Selain sebagai tempat wisata populer di Malaysia, pulau ini juga bertindak sebagai tempat pemeliharaan dan perlindungan penyu yang sangat penting.

Pulau Redang

Pulau Redang terkenal dengan air lautnya yang jernih, pantainya yang berpasir putih, dan ikan-ikan tropis yang menghuni karang di sekitar pulau. Iklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 30 derajat Celsius juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tidak menyukai musim dingin di negaranya masing-masing.

Menurut saya, pulau ini adalah tempat wisata di Malaysia yang cocok untuk mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas karena hampir semua penginapan di pulau ini adalah berupa resort yang lumayan mahal. Karena hal tersebut, apabila kamu datang pada saat bukan musim liburan, jangan heran bila kamu datang ke pantai yang indah namun sepi pengunjung.

Pulau Redang

Kegiatan wisata yang paling populer di pulau ini adalah snorkeling karena karang koral di sekitar pulau ini sangatlah indah, bahkan hanya dalam jarak beberapa meter dari pantai saja kamu sudah dapat melihat ikan-ikan tropis berenang di antara batu karang. Airnya yang tenang dan hangat menambah kenyamanan bersnorkeling sehingga kamu akan betah berlama-lama di bawah air. Selain di sekitar pulau, banyak juga paket wisata yang mengajak kamu bersnorkeling di pulau-pulau tetangga yang tidak kalah indah.

Pulau Redang

Selain snorkeling, scuba diving juga merupakan salah satu kegiatan wisata yang populer di Pulau Redang. Dengan airnya yang jernih, kamu dapat melihat dengan luas pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Banyak spot diving di sekitar pulau ini sehingga penyelam dengan berbagai level bisa menikmati wisata selam di sini. Bagi yang ingin belajar scuba diving, di sini juga terdapat banyak jasa belajar menyelam. Hampir seluruh resort yang ada di sini mempunyai fasilitas divingnya sendiri. Apabila kamu ingin membuat foto di bawah air, kamu dapat menyewa kamera khusus menyelam dengan harga 30 Ringgit per hari, atau sekitar 100,000 Rupiah per hari.

 

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau Redang di antaranya bermain voli pantai, bermain kayak, bermain kano, bermain perahu, jungle trekking atau trekking ke dalam hutan, bermain golf, memancing, dan lain-lain. Hal yang perlu diingat adalah tempat ini merupakan tempat perlindungan satwa, sehingga kamu tidak diperbolehkan bermain jet ski atau memancing di sekitar pulau. Namun, kamu dapat menyewa perahu untuk pergi memancing di sekitar pulau, karena larangan memancing hanya untuk jarak 3 KM dari Pulau Redang saja.

Cara Mencapai Pulau Redang:

  • Dengan kapal
  • Dengan pesawat terbang

Mencapai Pulau Redang dengan menggunakan kapal adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan. Biasanya antar jemput kapal sudah termasuk dalam paket yang ditawarkan oleh resort di pulau ini. Apabila kamu tidak menggunakan transportasi laut dari resort, kamu dapat berangkat dari Tanjung Merang dengan harga tiket kapal 40 Ringgit, atau sekitar 137,000 Rupiah untuk sekali jalan. Perjalanan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pada bulan Maret sampai dengan Oktober, terdapat kapal yang berangkat ke Pulau Redang dari Kuala Terengganu. Perjalanan dari Kuala Terengganu akan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan harga tiket kapal 100 Ringgit, atau sekitar 345,000 Rupiah untuk perjalanan pulang dan pergi.

Selain menggunakan kapal, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih modern untuk mencapai Pulau Redang, yaitu dengan cara menggunakan pesawat terbang. Penerbangan yang ada adalah milik Berjaya Air yang melayani penerbangan ke Pulau Tioman dan Pulau Redang, dengan harga tiket sekitar 250 Ringgit atau sekitar 860,000 Rupiah dari Kuala Lumpur, dan sekitar 350 Ringgit atau sekitar 1,200,000 Rupiah dari Singapura.

Catatan:

  • Tidak ada mesin ATM dan bank
  • Sebagian besar toko tutup sebelum jam 11 malam
  • Jangan memberi makan monyet
  • Air keran rasanya asin dan tidak dapat diminum
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!