Sebelum Pilih Objek Wisata, Kenali Jenis Liburan yang Cocok untuk Kamu
Objek Wisata Pantai

Sebelum Pilih Objek Wisata, Kenali Jenis Liburan yang Cocok untuk Kamu

Khusus untuk hal liburan dan memilih objek wisata, sejauh ini belum ada pengalaman yang lebih buruk ketimbang membuang-buang waktu berharga kamu dalam perjalanan yang jauh dari harapan kamu sebelumnya. Terutama ketika kamu sudah menghabiskan berjam-jam untuk melakukan perencanaan yang cermat, antisipasi yang baik, dan simpanan dana khusus liburanmu.

Ketidakcocokan antara harapan dan realita ini biasanya datang dari asumsi yang jauh dari akurat. Itu karena, kita kerap tidak mengetahui jenis liburan yang berbeda. Plus, lebih sering daripada tidak, wisatawan ultra-modern kerap terhasut oleh gambar-gambar di Instagram atau feed Facebook teman dan rekan sejawat.

Ilustrasi Liburan – Mirror

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia untuk Dikunjungi

Nah, untuk membantu kamu merencanakan perjalanan liburan terbaik kamu, AnekaWisata telah menyiapkan sepuluh jenis liburan terpopuler beserta rekomendasi objek wisatanya. Untuk kemudahan pengelompokan, jenis liburan yang ada di dalam artikel ini akan dibagi menjadi tiga kategori: lokasi tujuan, jenis kegiatan, dan personal. Ready? Let’s get it on!

Tipe Liburan Berdasarkan Lokasi Tujuan

1. Liburan ke Pantai

Seringkali ketika mendengar kata “liburan” kita langsung teringat akan pantai berpasir putih dengan ombak yang menghantam pantai bersama angin yang berhembus lembut mengayunkan telapak tangan di sekitarnya. Kalau kamu setuju dengan definisi di atas, berarti kamu adalah tipikal orang yang orang yang ingin bersantai, melepas lelah, dan tidak ingin memikirkan apa pun selain menikmati waktu.

objek wisata

Beruntungnya, ada cukup banyak stok pantai-pantai terbaik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Jadi kamu bisa pilih pantai yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kamu. Jenis liburan ini juga adalah salah satu liburan yang hampir dapat diakses semua kalangan.

Hanya ada sedikit yang mungkin akan membenci jenis liburan ini. Biasanya, mereka yang tidak suka berlibur ke pantai adalah para pelancong yang mudah bosan, lebih memilih tujuan liburan dengan rangsangan intelektual, dan mereka yang memiliki rentang perhatian yang rendah.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Hotel Bintang 3 di Bandung yang Terbaik

2. Liburan ke Luar Negeri

Selain ke pantai, mengunjungi negara lain adalah salah satu jenis liburan yang paling umum untuk rakyat +62. Jenis perjalanan ini juga favorit bagi mereka yang punya budget menengah ke atas. Selain itu, ada banyak hal yang membuat liburan ke negeri orang menjadi pengalaman menarik.

Chinatown Singapura
Chinatown Singapura

Dalam jenis perjalanan ke luar negeri ini, kamu biasanya akan dapat menikmati pengalaman yang unik, melangkah keluar dari zona nyaman, mempelajari sesuatu yang baru dan melihat objek wisata yang mungkin tidak ada dimanapun di negara kamu.

3. Liburan ke Hutan Rimba

Hutan hujan tropis adalah salah satu lingkungan yang paling nyaman dan kaya akan spesies. Tujuan liburan yang satu ini tentunya sangat menarik bagi kamu yang naturalis dan ingin menjauh dari hiruk pikuk kota. Hutan sebenarnya adalah kata Sanskrip yang umum digunakan di Asia untuk menggambarkan hutan tropis yang lebat tetapi sebenarnya hutan adalah lapisan di hutan hujan di mana kanopi daun runtuh ke tanah dengan jalinan tanaman merambat, semak dan pohon kecil berkembang.

Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo

Secara teknis ada dua jenis hutan: hujan tropis dan subtropis. Keduanya cukup ideal untuk jadi pilihan objek wisata selama liburan. Karena kehangatan dan kelembapan dibutuhkan untuk menyediakan lingkungan ini, sebagian besar hutan hujan tripis berada di sekitar sabuk ekuator planet ini. Dan di Tanah Air tercinta, ternyata ada cukup banyak pilihan hutan wisata yang bisa kamu pilih lho. Dari hutan pinus Mangunan di Yogyakarta sampai hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk, kamu bisa bebas memilih sesuai budget dan keinginanmu.

4. Liburan ke Kota Besar

Meski terkadang banyak orang mencoba menghindari keramaian, berlibur ke kota besar juga memberi dimensi baru dalam liburan. Klakson mobil, kebisingan konstruksi, dan obrolan yang teredam menciptakan soundtrack untuk petualangan metropolitan yang menakjubkan.

Little Venice Kota Bunga
Little Venice Kota Bunga

Jenis liburan ke lokasi ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai belantara hutan beton, menikmati makan malam dan pertunjukan. Untuk kamu yang pernah dan sedang tinggal di kota besar, mengunjungi kota besar lain di Negara yang lebih maju akan memberi kamu insight tentang mencari kenyamanan dari sebuah kota metropolitan.

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Misalnya, kamu yang tinggal di Jakarta mungkin akan sedikit banyak bersyukur tentang kebersihan dan kenyamanan kota kamu saat berkunjung ke kota besar lain seperti Delhi yang punya catatan minor soal kebersihan kotanya.

5. Liburan ke Gunung

Sepertinya tidak ada definisi resmi tentang apa yang dimaksud dengan gunung, meskipun kita semua mengakui bahwa gunung harusnya lebih tinggi dari bukit dan sebagian besarnya memiliki puncak. Dengan menggunakan parameter penghitungan ketinggian berdasarkan tinggi laut, Asia adalah benua paling bergunung di dunia dengan tutupan 64%. Sementara itu, pegunungan menutupi 25% dari dararat Eropa, 22% dari Amerika Selatan, 17% dari Australia dan hanya 3% dari Afrika.

Dibuat oleh lempeng-lempeng di bawah permukaan bumi yang saling bertabrakan, pegunungan dapat ditentukan  oleh formasi batuan yang terletak jauh di dalamnya. Yang tertinggi di dunia tentunya adalah Gunung Everest dengan ketinggian 8.850 m yang membentang di perbatasan Nepal dan Cina. Di Indonesia, gunung tertinggi ada di Papua, tepatnya di Puncak Jaya.

Objek Wisata

Untuk kebanyakan orang, mendaki gunung adalah sebuah pengalaman yang sangat menarik. Usai melewati perjalanan yang panjang dan berliku, berada di puncak gunung memberikan sensasi pencapaian yang luar biasa.

Liburan ke gunung juga menawarkan pengalaman berbeda di musim dingin. Jenis tujuan liburan ini menawarkan berbagai olahraga musim dingin termasuk ski, snowboarding, sledging, dan skating.

Tipe Liburan Berdasarkan Jenis Kegiatan

1. Staycation

Staycation adalah opsi alternatif liburan yang optimal untuk kamu yang belum punya cukup budget liburan ke luar kota. Seringkali, ada banyak objek wisata yang bisa dilihat di halaman belakang kita sendiri, tetapi kita kerap melewatkannya karena kita tidak memakai kacamata turis kita.

Jenis liburan ini sangat optimal untuk kamu yang sedang mencoba berhemat, atau para pekerja yang kekurangan waktu libur. Staycation juga sangat cocok untuk kamu yang jarang eksplorasi lokasi di sekitar kota tempat tinggal kamu.

Serela Cihampelas Hotel
Serela Cihampelas Hotel

Untuk mendapatkan sensasi sebenarnya dari staycation, pilih hotel terbaik yang ada di kotamu – sesuaikan dengan budget- dan pilih tema untuk staycation kamu. Temanya bisa beragam, dari hanya bersantai dan menikmati semua fitur dan pilihan perawatan hotel, hingga mencari kedai kopi terbaik di kotamu. Hati senang, budget tenang!

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

2. Camping

Bersatu kembali dengan alam adalah cara yang ideal untuk menghabiskan waktu luang selama liburan. Dan pilihan yang pasti sangat cocok untuk jenis kegiatan ini adalah dengan berkemah. Jenis liburan ini sangat ideal bagi mereka yang tidak takut untuk kotor sembari menikmati waktu terkoneksi dengan alam terbuka.

camping ground Taman Nasional Baluran
Camping Ground Taman Nasional Baluran

Dulunya, berkemah adalah hal membutuhkan banyak persiapan, tapi kini konsep glamping semakin menjamur. Kamu tidak lagi perlu menyiapkan banyak hal dan dapat berkonsentrasi penuh menikmati alam terbuk. Well, opsi berkamping secara tradisional masih juga akan selalu tersedia dan jika kamu lebih condong untuk memilih opsi ini, jangan lupa siapkan peralatan esensial untuk berkemah ya!

3. Diving dan Snorkeling

Untuk beberapa orang, kegiatan yang satu ini juga terkadang lebih menarik daripada objek wisata apapun di dunia. Diving dan snorkeling menawarkan dunia bawah laut yang menarik yang sangat jarang bisa dilihat secara rutin. Tergantung pada periode waktu kamu pergi, tujuannya akan dapat bervariasi.

diving Raja Ampat
Diving Raja Ampat

Kalau kamu sudah puas dengan melihat terumbu dan karang yang ada di bawah laut, kamu bisa mengunjungi Kepulauan Gili. Pulau Sabang, Kepulauan Seribu, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kamu yang punya budget lebih tebal, kamu bisa menikmati sensasi diving dengan mengikuti alur migrasi satwa liar alami seperti Sardine Run di Afrika Selatan atau pergerakan Hiu Paus yang bergerak ke seluruh dunia pada waktu yang berbeda.

4. Yoga dan Spa

Liburan dengan fokus pada kesehatan fisik dan mental juga semakin ngetren belakang ini. Untuk jenis liburan yang satu ini, biasanya kamu perlu memesan layanan spa yang terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa kok untuk mencari tahu kota yang memiliki paket retret yoga dan spa yang unik. Khusus untuk kamu yang berencana melakukan perjalanan dengan fokus pada yoga dan spa, kamu bisa mencoba untuk bertandang ke Bali terutama di kawasan Ubud.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Meski terdengar underrated, ‘wisata kebugaran’ ini telah tumbuh 50% lebih cepat daripada sektor perjalanan liburan lainnya! Itu karena, kini ada banyak  hotel-hotel di seluruh dunia yang telah menyediakan pijat, pedikur, dan perawatan wajah. Selain itu menu perawatan spa dan pusat spesialis pijat dan yoga juga semakin semakin populer.

Ubud
Lembah Spa

Asia Tenggara adalah tempat yang tepat untuk menjalani terapi otentik ini. Selain Bali, plus kalau kamu punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Thailand yang memiliki banyak resor vila di sepanjang pantai. Perawatan yang digunakan di sini termasuk produk alami seperti scrub body butter, pengelupasan kulit, dan tanah liat.

Tipe Liburan Berdasarkan Jumlah Personel

1. Traveling Sendirian

Flying solo! Traveling sendiran adalah sesuatu yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setiap orang setidaknya sekali dalam hidup mereka. Tipikal liburan yang satu ini sangat bercampur aduk. Kadang membebaskan, menakutkan dan kadang menggembirakan. Sensasi untuk melihat objek wisata dari kacamata personal adalah salah salah satu pengalaman paling transformatif yang mungkin dapat kamu miliki.

Objek Wisata
Traveling Sendirian

Jenis liburan ini juga sangat optimal untuk jiwa mandiri dengan rasa petualangan, kamu yang suka mencari teman baru, dan siapa saja yang mencari cara untuk berkembang. Terlepas dari tujuan dan lokasinya, traveling sendirian adalah cara terbaik untuk menghadapi ketakutan dan belajar tentang kemandirian.

2. Traveling Bersama Grup

Ada banyak sentimen negatif tentang traveling bersama banyak orang lain. Jika salah memilih tur, kamu mungkin akan cenderung terus-menerus jengkel dengan keadaan dan sang pemandu wisata. Tetapi jika kamu memesan tur yang tepat, liburan kamu akan jadi momen yang sangat menyenangkan karena selain dapat mengunjungi objek wisata yang menarik, kamu juga akan bertemu teman baru dan mungkin pasangan hidup.

Traveling Bersama Grup – Caring Moms

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Jenis liburan ini cocok untuk mereka yang suka menjalin pertemanan baru, tidak nyaman saat bepergian sendiri, atau ingin belajar tentang suatu daerah tanpa membaca tumpukan buku panduan dan banyak Googling.

Di sisi lain, traveling bersama grup adalah mimpi buruk bagi kamu yang introvert yang tidak tertarik untuk berbicara dengan orang lain, tidak menyukai rencana perjalanan, atau lebih tertarik untuk melakukan hal unik tanpa mengikuti arus.

3. Traveling Bersama Teman

Kesempatan untuk traveling dengan teman dekat benar-benar adalah sesuatu yang sangat istimewa. Berbagi pengalaman baru dalam tajuk liburan dengan euforia dapat membangun kenangan yang seharusnya dapat bertahan seumur hidup.

Objek Wisata
Traveling Bersama Teman – One Travel

Jenis liburan ini sangat cocok untuk kamu dan teman-temanmu yang menghargai keunikan satu sama lain, saling menyeimbangkan, dan tidak pernah bosan saat sedang bersama. Tapi kalau kamu punya teman dengan persahabatan yang tidak terjalin dengan baik, cenderung bertengkar, punya temperamen dan minat yang berbeda, lebih baik cari teman yang baru atau jalan sendiri-sendiri aja!

BACA JUGA: 15 Cara Ampuh Buang Stress dari Kehidupan Kamu

Berlibur adalah kebutuhan yang semakin krusial dalam penatnya kehidupan modern. Terlepas dari apapun pilihan destinasi kamu, bersama siapa kamu pergi atau aktifitas yang kamu lakukan, pastikan untuk selalu fokus untuk menikmati waktu liburan kamu dan cobalah menghindar sebisa mungkin dari tuntutan pekerjaan. Gimana? Sudah ada plan untuk liburan akhir tahun ini?

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!