Working Holiday Visa Australia, Cara Apply dan Syarat
Working Holiday Visa Australia (finance.detik)

Working Holiday Visa Australia, Cara Apply dan Syarat

Untuk kamu yang suka liburan ke Australia atau memang memiliki pekerjaan di sana, working holiday visa Australia merupakan jenis visa yang wajib kamu miliki. Dengan working holiday visa Australia ini, kamu bisa bepergian atau pun melakukan perjalanan bisnis serta pekerjaan di Australia selama 1 tahun penuh.

Visa ini dapat dimiliki oleh kamu yang sudah berusia 18 sampai dengan 30 tahun. Tentu selain persyaratan umum seperti batasan usia untuk memiliki visa Australia ini, ada beberapa persyaratan lain yang harus kamu penuhi. Berikut kami berikan informasi lengkapnya buat kamu yang ingin mendaftar working holiday visa Australia. Let’s check these out!

A. Manfaat Working Holiday Visa Australia

Working Holiday Visa Australia (finance.detik)
Working Holiday Visa Australia (finance.detik)

Program working holiday visa Australia yang dihadirkan sebenarnya merupakan hasil kerjasama bilateral yang terjadi antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Australia sejak tahun 2009 silam. Akan tetapi program ini baru booming dan menjadi primadona sejak tahun 2016 dan 2017 lalu.

Working holiday visa Australia pada awalnya hanya memberikan kuota pendaftar berjumlah 100 orang saja. Akan tetapi kemudian pada tahun 2012, kuotanya meningkat sampai dengan 1.000 orang dan berlaku sampai saat ini.

Namun program working holiday visa Australia ini tidak bisa diapply di sepanjang tahun, biasanya pendaftaran akan dibuka setiap tahun di bulan Juli karena pada saat itulah jumlah pendaftar dari working holiday visa akan di reset menjadi nol kembali.

Dengan memiliki working holiday visa akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, di antaranya :

  • Mendapatkan pengalaman yang berharga karena kamu bisa mengeksplorasi dunia lebih jauh dan lebih luas
  • Menggunakan working holiday visa, kesempatan kamu untuk liburan jauh lebih lama
  • Kamu bisa menggunakan kesempatan ke luar negeri untuk berlibur sekaligus mendapatkan uang untuk bekerja. Jadi sambil liburan, kamu bisa sambil mencari penghasilan dolar di sana. Bukankah itu menjadi hal yang sangat menyenangkan dan menguntungkan sekaligus?
  • Jika kamu bisa mendapatkan pekerjaan di Australia, hal tersebut tentu akan menjadi suatu aset yang sangat berharga buat masa depan kamu
  • Mendapatkan lebih banyak teman dari luar negeri
  • Menambah wawasan tentang sosial, budaya, kemasyarakatan dan berbagai hal lain
  • Berinteraksi secara langsung dengan orang yang berbahasa asing sehingga kamu bisa lebih mahir berbahasa asing
  • Memiliki kesempatan ikut dalam berbagai program kursus untuk pemilik visa working holiday visa Australia
  • Tidak perlu bolak – balik mengurus visa untuk perjalanan kamu selama satu tahun penuh

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bahwa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari working holiday visa Australia? Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali untuk memiliki visa ini bagi kamu yang belum memilikinya.

B. Cara Apply dan Syarat Pendaftaran Working Holiday Visa Australia

cara apply dan syarat (cermati)
Cara Apply dan Syarat (cermati)

Cara apply dan syarat pendaftaran working holiday visa Australia sebenarnya hampir sama dengan pendaftaran visa lain seperti visa Jepang atau Taiwan. Hanya saja, jenis visanya saja yang berbeda dan beberapa hal seperti jumlah saldo minimal pendaftar.

Untuk informasi tentang cara apply dan syarat mendaftar visa Taiwan dan Jepang, baca : Visa Taiwan, Bagaimana Cara Mengurusnya?

Baca juga : Visa Jepang, Cara Membuat Beserta Syaratnya!

Beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendaftar visa Australia ini di antaranya :

  • Memiliki paspor yang berlaku minimal dalam jangka waktu satu tahun masa berlaku
  • Berusia 18 tahun sampai dengan 30 tahun ketika sedang mendaftar working holiday visa. Jadi jika kamu mengirim pendaftaran di atas 30 tahun maka besar kemungkinan visa kamu tidak diterima.
  • Baru pertama kali mendaftar. Jadi jika sebelumnya kamu sudah pernah mendapatkan working holiday visa di Australia maka kamu tidak diperbolehkan untuk mendaftar kembali
  • Kualifikasi pendidikan memenuhi dengan syarat minimal pendidikan telah menjalani program kuliah diploma selama dua tahun atau program sarjana S1
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dengan menyertakan bukti tes IELTS dan mendapatkan nilai minimal 4,5 secara keseluruhan
  • Memiliki tabungan minimal AUD 5,000. Jika tabungan kamu berada di bawah nominal tersebut tentu pengajuan pendaftaran visa kamu akan ditolak. Jadi jika kamu merasa sudah memenuhi semua kualifikasi pendaftarannya namun jumlah tabungan kamu belum memenuhi, kamu bisa meminjam dana ke orang tua atau saudara yang nantinya bisa kamu kembalikan setelah pengajuan visa resmi diterima.
  • Melakukan medical check up dan memenuhi kriteria sehat
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia)

Untuk mendapatkan surat SRPI ini, ada beberapa dokumen yang perlu kamu sertakan dalam pengajuan, di antaranya :

  • Paspor dengan masa berlaku lebih dari 18 bulan
  • E-KTP
  • Pas foto dengan ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang berwarna putih
  • Sertifikat IELTS minimal skor 4,5
  • Ijazah pendidikan terakhir minimal D3 atau S1
  • Surat referensi dari bank yang menyatakan jumlah tabungan dengan nilai setara dengan AUD 5,000
  • SKCK

Jika semua syarat di atas telah kamu siapkan, sekarang ikuti tata cara berikut ini untuk apply working holiday visa Australia 2021 :

1. Siapkan semua dokumen yang diperlukan

Dokumen Pembuatan Visa (economy.okezone)
Dokumen Pembuatan Visa (economy.okezone)

Beberapa dokumen penting yang perlu kamu siapkan tersebut adalah semua dokumen yang kamu bawa ketika pengajuan SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia), medical check up, ditambah dengan surat resmi SRPI yang sudah kamu dapatkan.

2. Terjemahkan semua dokumen yang berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris

Segala macam dokumen yang berbahasa Indonesia perlu kamu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Pada setiap dokumen yang diterjemahkan tersebut juga perlu menyertakan nama lengkap, alamat, nomor telepon, serta kualifikasi atau pengalaman dalam menerjemahkan bahasa.

Jika kamu belum punya kualifikasi tersebut, kamu bisa mencari translator yang profesional dan terpercaya untuk membantu kamu menanganinya.

3. Lakukan scan atau foto semua dokumen dengan jelas

Working Holiday Visa Australia - Scan Dokumen Visa (womantalk)
Scan Dokumen Visa (womantalk)

Semua dokumen baik asli atau fotocopy dalam bahasa Indonesia dan dokumen yang telah kamu terjemahkan dalam bahasa Inggris tadi harus discan. Jika dokumennya lebih dari satu bisa kamu jadikan dalam file yang sama. Pastikan hasil scannya jelas dan terbaca.

4. Buat akun di ImmiAccount

Jika semua dokumen yang diperlukan telah kamu siapkan semua, sekarang masuk ke website resmi ImmiAccount. Buat akun di sana dengan mengisi data diri dan ikuti langkah – langkahnya sampai tuntas. Selanjutnya lampirkan semua file dokumen yang diperlukan sesuai dengan yang perintah yang diberikan.

5. Lakukan pembayaran visa

Biaya visa Australia (shutterstock)
Biaya visa Australia (shutterstock)

Pembayaran visa dilakukan secara online melalui ImmiAccount dengan nominal yang harus dibayarkan sebagai biaya pembuatan visa sebesar AUD 485 atau sekitar Rp 4.850.000,00. Pembayaran bisa dilakukan menggunakan credit card, paypal atau pun UnionPay.

Selesai! Kamu tinggal tunggu kabar apakah visa kamu diterima atau ditolak. Jika memang diterima, kamu hanya perlu menunggu visa kamu diterbitkan. Kamu akan dapatkan informasi penerimaan atau penolakan dari petugas nantinya.

Kalau sudah berada di Australia, jangan lupa banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di sana. Baca : 10 Tempat Wisata di Australia yang Wajib Dikunjungi

Namun kalau working holiday visa kamu di Australia mengalami penolakan, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa bersenang – senang dengan keliling Indonesia. Banyak juga lho tempat wisata Indonesia yang tak kalah dengan wisata luar negeri dan menarik kamu datangi, informasinya baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

Bagaimana? Mudah bukan persyaratan dan tata cara mendaftar working visa holiday di Australia? Buat kamu yang merasa memenuhi syarat bisa persiapkan semua dokumen dan lakukan pengajuan setelah pendaftaran di buka. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat traveler!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!