Mengenal Lebih Dekat Pantai Anyer di Banten

Matahari terbenam di Pantai Anyer
Share ke teman kamu

“Antara Anyer dan Jakarta, kita jatuh cinta. Antara Anyer dan Jakarta, kisah cinta tiga malam”

Siapa yang tidak tahu lagu ini? Ini adalah lagu yang dinyanyikan oleh Sheila Majid dan melejit di akhir tahun 1980-an. Hingga kini, Anda pasti masih ingat penggalan lirik tersebut. Dari lirik tersebut, jadi ingat Pantai Anyer ya?

Pantai ini adalah pantai paling populer dan sering dijadikan tempat wisata oleh wisatawan lokal. Pantai dengan pasir putihnya yang indah, dipadukan dengan sejuknya angin semilir, cocok untuk liburan keluarga akhir pekan. Tapi, benarkah Anda tahu segalanya tentang Pantai Anyer?

Lokasi

Salah satu sudut terbaik menikmati Pantai Anyer

Salah satu sudut terbaik menikmati Pantai Anyer

Lokasi dari pantai ini adalah Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Karena sebagian besar wilayah di daerah ini adalah pantai, maka pantai-pantai di sepanjang kecamatan ini akrab disebut dengan Pantai Anyer. Pantai Anyer bukanlah pantai tunggal, melainkan kumpulan pantai-pantai yang membentang di sepanjang kawasan Anyer itu sendiri. Setidaknya, ada tujuh pantai yang ada di satu garis Pantai Anyer yaitu:

Pantai Sambolo: Pantai ini yang paling cocok untuk Anda yang ingin melakukan olahraga air, berenang atau berselancar.

  • Pantai Marbella: Letak pantai ini ada di depan Hotel Marbella.
  • Pantai Cibeureum: Cari tempat untuk bersantai? Pilih saja pantai ini karena udaranya yang paling sejuk.
  • Pantai Marina: Ada permainan air dan olahraga air yang ditawarkan di pantai ini. Variasinya juga lebih banyak dibandingkan Pantai Sambolo.
  • Pantai Pasir Putih Florida: Pantai paling romantis karena hamparan pasirnya yang putih dan halus. Anda bisa jalan-jalan di pantai ini.
  • Pantai Karang Bolong: Letaknya di Jalan Raya Anyer-Carita. Yang unik dari pantai ini adalah karang besar yang bolong alias berlubang karena proses alami terkena deburan ombak.
  • Pantai Karang Suraga: Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, cocok untuk anak-anak. Terdapat banyak warung-warung makanan enak di sepanjang tepi pantai ini.

Perbedaan Pantai Anyer dan Pantai Carita

Matahari terbenam di Pantai Anyer

Matahari terbenam di Pantai Anyer

Banyak orang yang masih bingung membedakan antara Pantai Anyer dan Pantai Carita. Sebenarnya, lokasi keduanya cukup berdekatan karena itu bahkan ada yang menyebutnya sebagai Pantai Anyer Carita. Padahal jika ditelisik secara geografis, maka Anda akan menemukan letak yang berbeda. Pantai Anyer berlokasi di Kecamatan Anyer, Serang, sedangkan Pantai Carita berlokasi di Kecamatan Carita, Pandeglang.

Jika ditempuh dari Jakarta, Pantai Carita akan lebih jauh karena dekat dengan selat Sunda. Walau begitu, keduanya merupakan pesona Indonesia yang tidak boleh dilewatkan.

Mengapa harus Pantai Anyer?

Indonesia memiliki banyak sekali pantai, dari ujung Aceh, Sumatera hingga Irian Jaya dan Papua. Kenapa harus Pantai Anyer yang dipilih?

Pertama, jika Anda berlokasi di Jakarta, Anda bisa menempuh waktu perjalanan 2 sampai 2,5 jam jika tidak ada kemacetan. Atau juga 4 jam jika akhir pekan atau waktu liburan tiba. Lokasinya yang mudah untuk dicapai masih menjadi alasan utama mengapa warga Jakarta khususnya, menjadikan Pantai Anyer sebagai destinasi wisata dan liburan di akhir pekan dan waktu libur lainnya.

Di samping itu, banyak tempat menarik yang bisa Anda nikmati di sana. Terlebih, Pantai Anyer juga terdiri dari banyak pantai yang bisa Anda telusuri, bukan?

Apa yang bisa dilakukan di Pantai Anyer?

Mercusuar Cikoneng di Pantai Anyer

Mercusuar Cikoneng di Pantai Anyer

Berlibur di pantai dengan keluarga atau teman pasti menyenangkan. Jangan khawatir, karena ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Anyer, seperti:

  • Berenang
  • Melakukan olahraga air
  • Bermain pasir, membangun istana pasir dengan si kecil mungkin?
  • Snorkeling, Anda bisa menyewa perlengkapan untuk kegiatan ini.
  • Surfing, pilih pantai dengan ombak yang besar.
  • Menikmati matahari terbenam dan terbit.
  • Berkumpul dan menikmati quality time. Karena waktu tidak bisa diulang, gunakan dengan baik dengan berkumpul di pantai Anyer.

Akomodasi di Anyer

Banyak penginapan di sekitar Pantai Anyer

Banyak penginapan di sekitar Pantai Anyer

Untuk Anda yang berencana menghabiskan beberapa waktu di Pantai Anyer, memang lebih baik mempersiapkan akomodasi. Tidak lengkap memang kalau berkunjung ke Anyer hanya satu hari, Anda harus stay untuk bisa menikmati Anyer yang asli.

Tenang saja, di sekitar kawasan Pantai Anyer sudah banyak penginapan, hotel, homestay, villa hingga cottage yang bisa Anda sewa sesuai dengan budget dan keperluan Anda. Cari yang murah hingga berkelas, semuanya ada di Anyer. Apalagi sebagian penginapan sudah punya fasilitas bagus seperti AC, kolam renang dan layanan olahraga air.

Ingin Melihat Anyer Dari Ketinggian? Bisa banget. Anda hanya perlu mendatangi Mercusuar Cikoneng, Anyer. Letaknya ada di Kampung Anyer Kidul. Mercusuar dengan tinggi 60 meter ini punya 15 lantai berjendela. Untuk sampai di atas mercusuar, Anda perlu tenaga yang cukup nih. Tapi, rasa capek akan terbayar dengan melihat indahnya Pantai Anyer dari ketinggian. Bangunan ini bahkan masih memiliki lampu tua, lho.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Anyer di Banten
5 (100%) 20 votes










Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *