25 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tebing Keraton
Share ke teman kamu

Sejak dulu, Bandung sudah dikenal sebagai kota yang memiliki tempat wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan. Letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan dan berhawa sejuk, membuatnya memiliki banyak kawasan wisata yang elok dan menawan.

Tidak hanya wisata alam saja, wilayah Bandung dan sekitarnya juga memiliki daya tarik wisata budaya serta mengusung berbagai konsep wisata yang unik di berbagai tempat hiburan maupun tempat wisata kuliner yang dipadukan dengan panorama alam.

Tentunya, konsep wisata unik ini bisa mendorong Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang aneka tempat wisata di Bandung yang ditawarkan. Kini saatnya untuk mengajak Anda mengeksplorasi berbagai keunikan tersebut, baca ulasan lengkap rekomendasi tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Stone Garden Padalarang

Stone Garden Padalarang

Stone Garden Padalarang

Tidak banyak orang mengetahui keindahan yang disuguhkan oleh pemandangan di atas bukit Stone Garden ini. Apalagi bila wisatawan berkunjung di padang bertabur bebatuan ini pada pagi hari saat matahari muncul atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata di Bandung yang satu ini tampak fenomenal mengundang decak kekaguman pengunjung, setelah menjelajah bebatuan yang terbentuk secara alamiah bekas danau di zaman purba. Tentu tidak disangkal bila dikatakan Taman Batu yang terletak di dataran tinggi di atas bukit ini tidak kalah indahnya dari tempat wisata yang ada di luar negeri.

Setelah sedikit treking melewati bebatuan yang menanjak, Anda bisa menapak dan melihat padang rumput tempat bebatuan yang tegak dengan formasi yang begitu artistik. Keindahan pemandangan yang terhampar luas di antara tanah pertanian penduduk serta langit lepas sejauh mata memandang ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika yang viral itu.

2. Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih

Siapa yang belum pernah mendengar nama Kawah Putih yang telah lama identik dengan wisata Bandung? Kawah Putih tepatnya terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey, kawasan Bandung Selatan dan memiliki suhu antara 8 – 22 derajat Celsius.

Untuk mencapai tempat wisata di Bandung yang satu ini, Anda harus melewati perkebunan teh tua yang disebut Gambung. Sebagai salah satu perkebunan teh tertua di Indonesia, suasananya sungguh berbeda dengan perkebunan teh lain seperti yang ada di Puncak atau Lembang.

Keindahannya menyuguhkan pemandangan yang spektakuler dan lain dari yang lain. Warna air danau kawah ini pun bisa berubah-ubah. Bila cuaca sedang terik, terkadang berwarna biru kehijauan.

Kadang warnanya berubah menjadi berwarna coklat susu dan lebih sering berwarna putih saat udara dipenuhi kabut tebal. Pasir dan bebatuan di kawasan danau ini juga berwarna putih, itulah sebabnya danau kawah ini disebut Kawah Putih.

3. De Ranch

De Ranch

De Ranch

De Ranch adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang menawarkan pesona berkuda ala koboi, sehingga menjadi tempat wisata favorit anak-anak di Bandung. Lokasinya terletak di Jalan Raya Maribaya yang memiliki udara sejuk dan segar serta dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Pengunjung yang ingin berkuda akan diberikan kostum ala koboi berupa topi dan rompi. Lalu mereka akan menunggang kuda mengelilingi lokasi De Ranch sambil didampingi oleh pemandu kuda yang telah berpengalaman.

Saat ini terdapat berbagai jenis hiburan di De Ranch, antara lain naik delman, panahan, fun boat, kolam pancing, Gold Hunter, dan lain-lain. Tempat wisata di Bandung ini telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang tepat bagi anak-anak. Sementara, anggota keluarga lainnya bisa bersantai di restoran sambil menikmati susu Lembang dan berbagai penganan khasnya.

4. Farm House

Farm House

Farm House

Tempat wisata di Bandung ini disebut Farm House karena tempat ini dibangun menyerupai lahan pertanian mini dengan bunga-bunga cantik beserta peternakan mininya. Letaknya pun mudah dicapai karena berada di Jalan Setiabudi yang merupakan jalan utama menuju Lembang, tidak jauh dari Rumah Sosis.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan bisa ditukar dengan susu murni atau sosis bakar, di tempat wisata di Bandung ini wisatawan bisa berfoto di spot cantik yang disediakan seperti Rumah Hobbit. Pengunjung bisa bergaya seperti nona Belanda dan berpose di depan rumah model Eropa.

Restoran di tempat wisata ini juga tampil cantik dan model bangunannya pun tak kalah unik. Anak-anak juga bisa sangat betah bermain di sini sambil memberi makan kelinci, kambing, burung, ayam, dan bebek.

5. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya yang berlokasi di Cibodas Lembang ini, sungguh bersih nan menghijau disebabkan oleh atmosfer dedaunan pohon pinus yang banyak tumbuh di sana. Lokasi tempat wisata di Bandung ini dikelilingi oleh pegunungan yang indah, hutan, dan lembah dengan suasana ala luar negeri.

The Lodge saat ini telah menjadi lokasi favorit sehingga tidak boleh Anda lewatkan bila mengunjungi kawasan Lembang. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan dan udara yang sejuk, jauh dari pencemaran. Anda juga bisa berfoto selfie di Rumah Pohon dan Mountain Swing (ayunan).

Di tempat wisata di Bandung ini pengunjung bisa melakukan banyak hal, mulai dari naik kuda, petualangan untuk anak, melukis, bersepeda, memberi makan kelinci, hingga aktivitas outbond.

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton yang belokasi di Taman Hutan Raya atau Tahura Ir. Juanda di kawasan Dago Pakar ini menyajikan pemandangan yang sangat spektakuler. Banyak wisatawan mengunjungi tempat wisata di Bandung yang sedang hits ini untuk berfoto-foto dan menikmati hamparan keindahan Taman Hutan Raya serta udaranya yang segar.

Anda juga bisa menyaksikan barisan bukit yang tampak menjulang dari kejauhan. Hijaunya alam Taman Hutan Raya dan suasana tenang alam sekitarnya bisa membuat Anda sejenak terlepas dari rutinitas sehari-hari.

Lokasi yang pernah menjadi tempat wisata paling fenomenal pada tahun 2015 ini bahkan dijuluki sebagai tebing Instagram yang eksotis. Terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, saat menjelang sunrise serta sunset tempat ini akan menjadi begitu eksotis dan romantis sekali.

Jika langit sedang cerah, para pengunjung pun bisa menikmati matahari pagi yang muncul di antara awan yang berkabut. Demikian juga saat matahari tenggelam, langit sore di atas Tebing Keraton akan dihiasi warna keemasan. Para wisatawan biasanya akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar keindahan alam saat kedua momen tersebut berlangsung.

7. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Tidak hanya menyajikan tempat wisata alam, Bandung pun memiliki tempat wisata yang memacu adrenalin. Jika Anda menyukai kegiatan sedikit ekstrem dan memacu adrenalin, jangan lupa untuk datang ke Trans Studio Bandung yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Bandung. Di tempat wisata di Bandung ini terdapat lima jenis wahana yang betul-betul bisa membuat jantung Anda serasa copot.

Ada Roller Coaster model Trans Studio yaitu Yamaha Racing Coaster yang memiliki kecepatan 200 km/jam, dan ketinggian jalur kereta setinggi 50 meter. Lalu ada juga Vertigo yaitu wahana kincir angin raksasa, dengan ketinggian 20 meter.

Wahana Giant Swing setinggi 14 meter, akan membuat perut Anda seperti dikocok-kocok dengan ayunannya yang berputar. Sedangkan Wahana Negeri Raksasa akan menghempaskan tubuh Anda bak dari ketinggian gedung lantai lima. Bagi Anda yang ingin uji nyali, silakan masuk ke wahana Dunia lain yang menghadirkan hantu-hantu dari seluruh Kota Bandung. Seru bukan?

8. Wisata Foto Terbalik / Upside Down World

Upside Down World

Upside Down World

Anda penasaran dan ingin berpose terbalik di dalam ruangan tanpa takut terjatuh? Jika ingin berfoto dengan gaya seperti astronot di luar angkasa ini, tinggal mampir saja ke Upside Down World yang berlokasi di Dipati Ukur, Coblong, Bandung.

Konsep yang disajikan oleh tempat wisata di Bandung ini memang unik, sehingga berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Anda bisa berfoto terbalik dengan latar ruang tidur, dapur, kamar tamu, dan lainnya sesuai tema yang diusung.

Pengunjung bisa berfoto anti mainstream di tempat wisata di Bandung ini dan tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Semua properti yang digunakan telah ditata sedemikian rupa sehingga keamanan Anda terjamin. Pengarah gaya juga akan mengarahkan gaya Anda saat berfoto atau Anda bisa melihat contoh foto yang sudah ada, asyik bukan?

Jangan lupa untuk berdandan dan memakai baju yang catchy saat berfoto, agar hasilnya tidak mengecewakan. Sayang bila Anda menyia-nyiakan kesempatan yang jarang ada ini!

9. Grafika Cikole

Grafika Cikole

Grafika Cikole

Grafika Cikole yang terletak di kawasan Lembang ini merupakan tempat wisata, penginapan, dan restoran yang cocok untuk rekreasi keluarga. Lokasi yang dikelilingi oleh hutan pinus seluas 9 hektar seperti di Bogor ini sangatlah cocok untuk kegiatan outbond keluarga, instansi, dan sekolah.

Terletak di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan segar. Selain outbond, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti petik strawbery, treking, bermain di rumah pohon, flying fox, berkemah hingga foto pre-wedding.

Para pengunjung juga bisa memilih tempat makan yang menjadi fasilitas dari tempat wisata ini, misalnya Saung Lesehan. Restoran ini berada di antara bukit hutan pinus dan merupakan rumah makan pondok terbuka. Gaya bangunannya mirip dengan saung lesehan di persawahan yang berlantai kayu dengan pagar setinggi betis dan beratap rumbia. Tempat ini diperuntukkan bagi tamu perorangan maupun keluarga.

Sedangkan, Pendopo Hutan merupakan bangunan di alam terbuka yang berada di kawasan hutan pinus di atas perbukitan. Pendopo Hutan disediakan untuk tamu pondok wisata dengan kapasitas hingga 100 orang.

Bagi rombongan yang lebih besar, bisa memilih Restoran Sunda dengan balkon menghadap ke bukit hutan pinus. Ruangannya bisa menampung 200 orang dan dilengkapi dengan live music, 16 toilet, musala dan area parkir yang bisa menampung 24 bus wisata. Sementara Aula Dayang Sumbi digunakan untuk wisata rombongan dengan kapasitas hingga 600 orang.

10. Pinisi Resto dan Glamping Lakeside

Pinisi Resto dan Glamping Lakeside

Pinisi Resto dan Glamping Lakeside

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata yang indah dan memiliki nuansa alami, tempat wisata di Bandung selatan ini bisa dijadikan tempat wisata baru. Pinisi Resto dan Glamping Lakeside ini sangatlah cocok sebagai tempat nongkrong seru para wisatawan.

Pasalnya, lokasi restoran berbentuk kapal dan perkemahan ini terletak tepat di sebelah danau indah Situ Patenggang. Danau ini sendiri berada di atas perbukitan, tidak jauh dari perkebunan Rancabali, Ciwidey. Tepatnya di dekat area Batu Cinta.

Dahulu, untuk menuju ke area Batu Cinta ini, para wisatawan harus menyewa perahu dengan harga yang cukup tinggi. Namun saat ini, area ini telah diubah menjadi kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Setelah melewati pintu masuk, Anda akan melintasi jalan sepanjang 4 km dengan pemandangan kebun teh di kanan kiri jalan.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan selain makan di Pinisi Resto dan menikmati kedamaian suasana yang disuguhkan adalah berkemah di Gamping Lakeside. Jangan khawatir, paket berkemah termasuk layanan sarapan, makan siang, dan makan malam telah disediakan oleh Pinisi Resto sehingga Anda tidak perlu repot lagi.

11. Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas yang merupakan kawasan hutan lindung ini terkenal sebagai lokasi tempat perkemahan di kawasan Bandung Selatan dengan pemandangan alam yang spektakuler. Para pengunjung bisa menyaksikan keindahan yang mempesona di saat sunrise muncul di antara perbukitan dan hamparan luas hutan yang menghijau.

Dengan ketinggian mencapai 1400 meter di atas permukaan laut, Anda bisa merasakan udara yang begitu dingin. Suhu udara bisa mencapai 17 – 20 derajat Celcius di siang hari, serta mencapai suhu di bawah 0 derajat di malam hari. Jadi, tempat wisata di Bandung yang satu ini sangat cocok bagi Anda, bersama keluarga dan teman-teman, yang ingin merasakan cuaca ekstrem seperti di negara 4 musim.

Di area yang sangat luas ini Anda bisa berkemah, melihat rusa yang hidup bebas seperti di habitat alaminya, mandi air panas dan berenang di Waterboom, melakukan permainan outbound, serta mengikuti fun games yang wajib Anda coba.

12. Kebun Binatang Mini PVJ

Kebun Binatang Mini PVJ

Kebun Binatang Mini PVJ

Inilah salah satu dari sekian tempat wisata edukatif yang unik di Bandung khusus bagi anak-anak. Berlokasi di atas mall Paris Van Java yang merupakan salah satu mall di Bandung yang paling populer, kebun binatang mini ini menyuguhkan kebun mini lengkap dengan hewan-hewan herbivora dan rerumputan.

Di bagian atap atau rooftop yang tertutup dengan kanopi dan disangga bambu ini, wisatawan bisa mengunjungi arena taman burung, taman binatang ternak, main skating, serta menikmati berbagai kuliner Bandung di kafetaria.

Di tempat wisata di Bandung yang satu ini, anak-anak bisa belajar memberi makan burung dan ternak. Jangan khawatir kepanasan, karena suasananya justru sejuk, bahkan Anda bisa lupa jika sedang berada di atap sebuah mall!



13. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Bukan Bandung namanya, jika Anda tidak mendapati pengalaman baru dan unik saat liburan. Floating Market yang berlokasi di kawasan Lembang ini menyajikan konsep yang berbeda dari tempat wisata di Bandung lainnya. Pasalnya, konsep pasar terapung tradisional dipadukan dengan pemandangan alam yang indah, bakal memberi Anda pengalaman unik tersendiri.

Anda bisa merasakan sendiri sensasi belanja sayuran, ikan segar, dan beragam kuliner khas Bandung di pasar terapung ini. Selain berbelanja, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seperti naik perahu air, outbond, dan kereta air. Anak-anak juga bisa bermain di area taman bermain seperti pancing magnet, miniatur kereta, tempat fauna, dan Kampung Leuit.

Mau berfoto selfie yang unik? Anda dan keluarga bisa berfoto di area The Rock, tempat batu-batuan tersusun dengan rapi. Anda lapar? Tersedia restoran yang menyajikan menu khas Asia dan Eropa. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Bandung berupa miniatur kereta api yang unik.

14. Warung Daweung & Bukit Bintang

Warung Daweung

Warung Daweung

Warung Daweung berlokasi di Bukit Moko, Desa Cimenyan, utara Terminal Cicaheum, Bandung. Di atas bukit ini ada objek wisata Warung Daweung dan Bukit Bintang. Jadi Warung Daweung bisa dikatakan sebagai warung atau kafe yang berada di lokasi paling tinggi di wilayah Bandung.

Apa yang bisa Anda lakukan di tempat wisata di Bandung ini? Sesuai namanya, pengunjung bisa memilih paket makanan sekaligus menikmati pemandangan kota Bandung. Anda juga bisa memilih paket menikmati pemandangan saja tanpa makan.

Ada tempat wisata di Bandung lain yang bisa Anda kunjungi yaitu Bukit Bintang, tidak jauh dari Warung Daweung ini. Cukup dengan membeli tiket masuk dengan harga terjangkau, pengunjung sudah bisa menyaksikan puncak tertinggi yang diberi tanda bintang besar. Tanda bintang ini berfungsi sebagai spot foto yang unik. Pepohonan yang tersusun simetris pun tidak kalah indah sebagai spot foto para turis.

15. Rumah Stroberi Lembang

Rumah Stroberi Lembang

Rumah Stroberi Lembang

Stroberi indentik dengan Kota Bandung. Jadi wajar bila banyak wisatawan di Kota Bandung ini, ingin merasakan memetik langsung stroberi dari kebunnya. Untuk wisatawan yang ingin wisata petik buah, tentunya Rumah Stroberi Lembang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terletak di jalan Sersan Bajuri yang sejuk, Rumah Stroberi menawarkan kafe dan penginapan yang dilengkapi dengan kebun stroberi, area outbond, dan playground. Selain pemandangan indah dan udara segar, pengunjung juga bisa menikmati makanan dengan harga terjangkau.

Rumah Stroberi tanpa tiket masuk ini tentu saja dengan cepat menjadi salah satu tempat wisata di Bandung favorit wisatawan. Keunikan restoran di sini adalah adanya undakan yang bertingkat-tingkat. Pengunjung juga bisa memilih tempat duduk dengan nuansa Oriental, Klasik, Koboi, hingga Lesehan Sunda.

Harga paket petik Stroberi berlaku untuk 4 orang dan sudah termasuk paket makan nasi liwet untuk berempat juga. Bagi tamu penginapan ada pengecualian, mereka bisa memetik stroberi tanpa dibatasi jumlahnya. Nah, bagaimana? Anda tertarik mencoba memetik stroberi bersama keluarga?

16. Bandung Tour on Bus / Wisata Naik Bandros

Bandung Tour on Bus

Bandung Tour on Bus

Sekali lagi, jalan-jalan di Bandung memang unik, terutama jika Anda ingin berkeliling kota Bandung dengan gratis karena Anda bisa mencoba naik Bandros atau Bandung Tour on Bus. Para pelancong akan dimanjakan dengan naik bus terbuka yang nyaman dengan desain keren dan berwarna-warni biru, kuning, dan merah.

Namun sebelum Anda naik Bandros untuk berkeliling kota untuk merasakan sensasi yang berbeda, Anda perlu memesannya terlebih dahulu melalui aplikasi Whatsapp. Operator bus Bandros akan membalas pesan Anda, terkait informasi jadwal dan jumlah kursi yang tersedia untuk dipesan.

Anda juga bisa memesan sesuai jadwal waktu luang Anda. Setelah beres urusan pemesanan, biaya tiket bisa ditransfer langsung ke rekening yang diberikan agar Anda bisa mendapatkan e-ticket. Jangan sampai terlambat untuk datang berkumpul di Taman Cibeunying yang terletak di belakang Gedung Sate, karena tiket akan hangus bila Anda ketinggalan Bandros.

17. Teras Cihampelas

Teras Cihampelas

Teras Cihampelas

Banyak wisatawan telah mengenal kawasan Cihampelas Walk atau Ciwalk. Namun, untuk Teras Cihampelas belum banyak orang yang sudah mendengar tentang objek wisata baru dan unik ini. Dengan menyajikan konsep jalan melayang atau skywalk, pengunjung bisa berekreasi di ruang terbuka di atas jalan raya.

Teras Cihampelas membentang sepanjang 450 meter di atas Jalan Cihampelas dari Rumah Sakit Advent hingga Hotel Promenade. Di skywalk setinggi 7 meter ini Anda bisa menikmati pemandangan alam terbuka di taman publik, berfoto dengan gimmick-gimmick yang disediakan, sekaligus berbelanja pernak-pernik atau makanan ringan.

Pedagang kaki lima yang sebelumnya banyak memadati sepanjang Jalan Cihampelas, saat ini telah sengaja dipindahkan ke Teras Cihampelas ini.

18. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Anda ingin menikmati wisata menarik dan unik, sekaligus menghibur? Saung Angklung Udjo bisa menjadi pilihan menarik. Tempat wisata seni dan budaya ini berlokasi di Jalan Padasuka, tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Sesuai namanya, tempat wisata di Bandung ini adalah pusat pelestarian dan pertunjukan budaya di Kota Bandung.

Pengunjung yang datang bukan hanya turis lokal dan anak sekolah saja, melainkan juga banyak turis dari luar negeri yang berdatangan untuk menyaksikan dan mendengarkan suara musik angklung yang merdu.

Adapun pertunjukan musik angklung ini diadakan setiap hari dan dimainkan oleh anak didik Saung Angklung Udjo. Meski masih belia, Anda akan dibuat takjub dengan keterampilan mereka yang luar biasa.

Selain menonton pertunjukan angklung, Anda juga bisa merasakan sensasi bermain angklung. Setiap pengunjung akan mendapatkan sebuah angklung dan mendapat tugas memainkan satu nada bersama semua pengunjung secara serempak.

Arumba merupakan pertunjukan perpaduan musik Angklung yang mengiringi tarian khas Sunda. Selain musik angklung, Anda bisa menyaksikan pertunjukan Wayang Golek berdurasi 10 – 15 menit. Wayang Golek ini merupakan kesenian asli Urang Sunda yaitu si Cepot dan Dewala.

Konsep cerita yang diusung adalah cerita rakyat lucu dan dijamin bisa menghibur Anda. Selain itu, ada juga Tari Sunda seperti Jaipongan dan Helaran, serta ritual syukuran tradisi budaya khas Sunda.

19. Jalan Braga

Jalan Braga

Jalan Braga

Ternyata, Jalan Braga inilah yang sukses membuat Kota Bandung dikenal sebagai Kota Kembang. Ini karena banyak kembang atau gadis cantik bermekaran di daerah ini. Kata Braga sendiri berasal dari kata baraga, yang berarti berjalan menyusuri sungai. Memang, kawasan Braga ini terletak di tepi Sungai Cikapundung.

Jalan Braga sudah menjadi maskot Kota Bandung tempo dulu, bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Setelah kedatangan Belanda, lokasi ini menjadi ramai karena banyak pengusaha berkebangsaan Belanda. Mereka mendirikan pertokoan, tempat hiburan, restoran, kafe, dan bar. Bahkan, butik mereka menjual baju rancangan desainer dari Prancis.

Para wisatawan saat ini bisa berjalan-jalan di kawasan jalan protokol, pusat bisnis, dan keramaian ini sebagai one stop holiday. Jika Anda ingin menikmati gaya arsitektur dan pertokoan lama Kota Bandung, di sinilah tempat yang tepat. Kawasan ini tetap mempertahankan keaslian bangunannya, mengikuti model pertokoan Eropa masa penjajahan Belanda.

Bangunan lama yang terkenal dan berjarak beberapa blok di sekitar Jalan Braga, yang bisa menjadi objek wisata adalah Hotel Savoy Homan dan Gedung Asia Afrika. Sedangkan saat ini sudah berdiri Braga Citywalk, bangunan baru yang berfungsi sebagai pusat perbelanjaan, hotel, dan kondominium.

20. Rumah Mode Bandung

Rumah Mode Bandung

Rumah Mode Bandung

Anda tidak punya banyak waktu dan ingin berwisata di Bandung, sekadar nongkrong sambil berbelanja dengan suasana yang nyaman? Kalau begitu, Rumah Mode, sebuah factory outlet yang terletak di Jalan Setiabudi, Pasteur ini cocok bagi Anda.

Tempat wisata di Bandung yang sudah menjadi ikon belanja one stop shopping di Kota Bandung ini, tidak pernah sepi oleh pengunjung terutama saat akhir pekan. Para pengunjung bisa berbelanja beragam koleksi baju dan aksesori, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak dengan harga spesial yang tidak dapat Anda temukan di lokasi lain.

Sesuai namanya, Rumah Mode berbentuk seperti rumah dengan perpaduan arsitektur modern dan tradisional Bali yang unik dan nyaman. Ini bisa membuat betah para pengunjung outlet, dan setelah berbelanja, mereka bisa duduk sambil mengobrol di setiap sudut restoran yang menyediakan beragam menu.

21. Bosscha Observatory

Bosscha Observatory

Bosscha Observatory

Inilah salah satu tempat wisata edukasi untuk anak yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga. Tempat wisata di Bandung ini bisa menjadi hiburan sekaligus sarana pendidikan anak.

Melalui teropong bintang Bosscha yang dianggap sebagai observatory tertua di Indonesia, mereka bisa menyaksikan pemandangan langit yang eksotis yaitu bintang, bulan, matahari, serta benda langit lainnya secara langsung. Jadi bila ingin melihat angkasa luar, Anda cukup datang ke lokasi yang terletak di kawasan wisata Lembang ini.

Sebagai peninggalan Belanda yang telah menjadi pioner, akhirnya tempat wisata di Bandung ini dianggap sebagai satu-satunya pusat lembaga pelatihan dan pelatihan astronomi di Indonesia.

Tempat wisata di Bandung yang berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut ini memiliki 7 jenis teleskop besar untuk menerawang benda luar angkasa. Ada teleskop refraktor Ganda Zeiss, teleskop Surya, teleskop refraktor Bamberg, teleskop Cassegrain Goto, teleskop Schmidt Bima Sakti, teleskop Radio 2,3 M, serta teleskop refraktor Unitron.

22. Lereng Anteng

Lereng Anteng

Lereng Anteng

Lereng Anteng adalah kafe berkonsep panoramik yang berlokasi di lereng Cimbuleuit sehingga cocok dijadikan sebagai sebuah objek wisata. Kata anteng ini berasal dari Bahasa Sunda yang bermakna ingin membuat pengunjung bisa merasa betah dengan suasana di Lereng Anteng ini.

Pengunjung Kafe Lereng Anteng bisa menikmati pemandangan langsung ke bukit Punclut yang terkenal. Bukit Punclut atau Puncak Ciumbuleuit adalah kawasan dataran tinggi dan telah berhasil menjadi lokasi terpopuler untuk menikmati sensasi pemandangan Kota Bandung pada malam hari yang romantis dan sensasional.

Kafe ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu outdoor, semi outdoor, dan indoor. Bila ingin merasakan udara terbuka, pengunjung bisa duduk di kursi kayu dan tenda di area outdoor yang berada di lereng tebing Pager Maneuh. Sedangkan bagian indoor difungsikan untuk non-smoking area.

23. Taman Begonia

Taman Begonia

Taman Begonia

Taman Begonia berhasil menjadi sebuah destinasi hits setelah banyak netizen mengunggah foto-foto taman bunga ini. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Maribaya, Cibogo, Lembang ini menawarkan sensasi tersendiri saat Anda menikmati keindahan beragam bunga lokal maupun dari mancanegara.

Di tempat wisata di Bandung ini pula Anda bisa menyaksikan keindahan bunga Bali, yaitu bunga Balinea yang sangat cantik penuh warna. Bunga lain pun tidak kalah indah, di antaranya ada bunga Geranium, Celosia, Melampodium, Bunga Salvia, serta masih banyak yang lainnya. Banyak pengunjung berfoto di tempat wisata Bandung ala luar negeri ini, karena sangat cocok sebagai spot foto cantik.

Selain bisa menikmati kawasan konservasi bunga, pengunjung akan sekaligus menikmati kesejukan udara di Lembang sambil duduk santai di kafe. Dengan pemandangan hamparan taman bunga Balinea yang berwarna merah menyala, kegiatan wisata Anda tentunya akan menjadi lebih berkesan.

24. Balitsa Lembang

Balitsa Lembang

Balitsa Lembang

Balitsa singkatan dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran yang berada di wilayah Lembang. Balitsa Lembang saat ini merupakan sebuah kawasan yang populer sebagai tempat penelitian berbagai jenis tanaman dan sayuran, serta tempat pengembangan tanaman hortikultura terbesar di Bandung dan bahkan juga terbesar di Indonesia.

Daya tarik kawasan Balitsa yang berlokasi di Lembang ini adalah lingkungannya yang masih hijau dan alami, dengan suasana yang asri, udara sejuk, serta pemandangan alam yang begitu eksotis.

Di tempat wisata ini Anda bisa berfoto untuk diunggah di Instagram dengan spot eksotis, misalnya berfoto di antara jajaran pohon pinus yang simetris. Tempat wisata di Bandung ini memang sangat Instagramable dan Pathable, karena bisa memberikan hasil foto yang spektakuler layaknya di negeri dengan empat musim.

Jadi, tidak heran bila lokasi ini akhirnya viral serta menjadi buruan para fotografer. Selain itu, Balitsa ini juga bisa menjadi latar belakang keren foto pre-wedding.

25. Situ Lembang

Situ Lembang

Situ Lembang

Tempat wisata alam yang berlokasi di desa Parongpong, Cisarua ini tidak kalah eksotis bila dibandingkan dengan Balitsa. Tempat wisata ini adalah sebuah danau buatan yang dikenal dengan nama Situ Lembang.

Situ Lembang merupakan danau buatan peninggalan Belanda yang lokasinya tepat berada di bekas sebuah kaldera. Kaldera ini muncul akibat letusan Gunung Sunda purba sekitar tiga juta tahun silam.

Situ Lembang yang berada pada ketinggian sekitar 1.570 m di atas permukaan laut ini diapit oleh Gunung Tangkuban Perahu serta Gunung Burangrang. Oleh karenanya, kawasan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta udaranya begitu sejuk.

Situ Lembang menawarkan wisata air danau yang jernih dengan latar belakang alam pegunungan yang begitu indah dan alami. Didukung kawasan hutan pinus nan menghijau, keindahannya pun tidak kalah dengan keindahan yang ditawarkan di luar negeri.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *