Wisata Bandung – Bukit Moko dan Warung Daweung

Bukit Moko
Share ke teman kamu
Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit Moko mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berasal dari luar kota Bandung, namun bagi warga Bandung dan sekitarnya, Bukit Moko adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan. Bukit Moko adalah sebuah tempat rekreasi yang berada 1,500 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, banyak orang yang berkata bahwa Bukit Moko adalah puncak tertinggi di kota Bandung.

Lokasi Bukit Moko

Bukit Moko siang hari

Bukit Moko siang hari

Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan kota Bandung dari atas Bukit Moko, tentu saja kita harus mengetahui di mana lokasi Bukit Moko, dan bagaimana mencapai Bukit Moko terlebih dahulu.

Bukit Moko terletak di Desa Cimenyan, Bandung. Untuk mencapai Bukit Moko, anda cukup melewati jalan lurus menanjak ke atas Jalan Padasuka, melewati salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal yaitu Saung Angklung Udjo. Sebenarnya ada jalan lain untuk mencapai Bukit Moko, namun tidak direkomendasikan karena keadaan jalannya lebih sulit dilalui dari pada Jalan Padasuka.

matahari terbenam Bukit Moko

matahari terbenam Bukit Moko

Untuk mencapai Bukit Moko saya sarankan menggunakan kendaraan yang dalam kondisi baik, karena selain menanjak lumayan terjal, tidak seluruh jalanan menuju Bukit Moko sudah diaspal. Sebagian jalanan yang akan anda lalui akan berupa bebatuan dan tanah, sehingga akan lebih baik apabila anda menggunakan kendaraan yang tinggi. Selain itu apabila sedang hujan, jalanan tersebut akan menjadi licin sehingga anda harus extra hati-hati melewatinya.

Bukit Moko malam hari

Bukit Moko malam hari

Setelah melewati jalur berbatu, anda akan melihat sebuah warung bernama Warung Daweung. Warung Daweung adalah sebuah warung yang sangat cocok untuk menikmati keindahan kota Bandung dari Bukit Moko.

Warung Daweung

Warung Daweung

Warung Daweung

Warung Daweung adalah sebuah warung yang namanya diambil dari bahasa Sunda. Dalam bahasa Indonesia, Warung Daweung berarti warung melamum. Kenapa Warung Daweung dinamakan warung melamun? Jawabannya adalah karena tempat ini sangat cocok untuk melamun sambil menikmati pemandangan kota Bandung dari puncak tertinggi di Bandung.

Warung Daweung sering kali menjadi tempat tujuan akhir bagi wisatawan yang datang ke Bukit Moko. Alasannya adalah dari Warung Daweung mereka sudah dapat menikmati pemandangan indah, sambil menyantap makanan dan minuman dari Warung Daweung.

saung Warung Daweung

saung Warung Daweung

Warung Daweung adalah satu-satunya warung di lokasi ini, sehingga sangat populer dan diketahui secara luas oleh warga sekitar, oleh karena itu anda tidak perlu kuatir tersesat. Apabila anda ragu-ragu anda cukup bertanya pada warga desa setempat dan dengan cepat mereka akan menunjukan arah yang tepat menuju Warung Daweung.

Warung Daweung sebenarnya sama dengan warung lainnya bila dilihat dari segi makanan dan minuman yang ditawarkan, misalnya mie instan, pisang goreng, bandrek, dan lain-lain. Namun, Warung Daweung menawarkan tempat terbaik untuk menikmati makanannya, yaitu di puncak tertinggi di Bandung.

kursi dan meja batu Warung Daweung

kursi dan meja batu Warung Daweung

Selain lesehan di bawah atap bangunan saung Warung Daweung, warung ini juga menyediakan meja dan kursi yang terbuat dari batu di pinggir gunung yang terbuka, sehingga anda dapat duduk di sana, menyantap makanan yang enak, dan menikmati pemandangan kota Bandung yang indah.

Tips Wisata Bukit Moko dan Warung Daweung

  • Gunakan mobil yang tinggi, jangan menggunakan sedan atau city car karena jalanan yang akan dilalui sangat terjal, berkelok, licin, dan berbatu.
  • Datanglah sebelum matahari terbenam sehingga anda dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam, dan kemudian dilanjutkan dengan pemandangan malam yang penuh cahaya dari kota Bandung.
  • Pastikan kondisi badan dan kondisi mobil sedang baik karena medan perjalanan cukup berat.
  • Bawalah jaket atau gunakanlah pakaian yang tebal karena suhu udara di sini lumayan dingin, sekitar 15 derajat Celsius.
  • Tidak ada angkot menuju Bukit Moko dan Warung Daweung, apabila tidak mempunyai kendaraan pribadi mau tidak mau anda harus berjalan kaki, bersepeda, atau menumpang mobil pick up yang lewat.
Wisata Bandung – Bukit Moko dan Warung Daweung
5 (100%) 47 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

11 thoughts on “Wisata Bandung – Bukit Moko dan Warung Daweung

  1. Sudah datang kesini waktu sunrise ataupun sunset. Sayang pas sunset cuaca ga mendukung. Dan lokasinya memang sangat rekomendasi untuk ngelamun atau melepas kejenuha sejenak.

  2. Warung daweung bad recommend,gw baru selasa malem kmarin tgl 16 – 18 des’14 jalan bareng tmen kesana dan fhto” diwarung trsebut,si ibu yg jaga diwarung itu samperin gw dng bawa menu dan pesenlah gw 3 gelas teh manis anget dan ternyta si ibu itu bilang klo dtg 8 org hrs smw jajan dan minimal jajan 10rb perorang,Klo mw fhto dan ga jajan kena biaya 200rb.gw sempet debat krn si ibu maksa qt smw hrs jajan diatas sepuluh ribu krn minimal jajan 10rb akhirnya gw sm tmn” pergi ninggalin warung itu dng sdkit gondok karna pagi” nemuin yg bkin mood brntakan.si ibu tetap memaksa tiap yg dtg hrus jajan diatas harga minimal dan tidak boleh hanya minum.

    Jd gw ada info sbelum naik ke arah puncak bintang atau ke warung daweung disbelah kanan ada warung kios rina itu hrga kaki lima dan dijamin puass krn yg punya ramah jg baik sm qt smw termasuk qt diperbolehkan bermalam diwarung itu sampai dibawakan tikar,selimut jg banta dan harga mkanan di kios rina terjangkau qt pun bs pesan utk mkan sesuai menu qt dan dimasak oleh ibu di kios rina itu..pemilik dari kios rina itu dikenal org byk namanya abah acE org yg ramah dan baik sekali jg disegani.
    skedar info supaya ga nyesel pas main ke warung daweung sekarang sudah seperti itu dan warung tersebut sudah byk komplain dr pendatang lain yg kage dng harga tembak teh manis anget 8rb,kopi 10rb jg susu milo 15rb…
    Jika ingin fhto di lokasi warung daweung lebih baik dtg mlm karena warung tsb tutup jam 9 mlm jika tdk ingin kejadian seperti saya..
    Thanks…

  3. Bener banget tuh yg anggra bilang, gw jg di gituin sama si ibu ga jelas yg ada di “warung daweung” yg die minta sama qt” ngga wajar.

    Klo mau kesana lebih baik ke tempat nya abah ace aj, di jamin nyaman dan aman 🙂

  4. misi kak mau tanya dong yg udh kesana .
    weekend ini saya mau kesana kalau untuk keatas moko itu estimasi berapa jam ya ?
    mohon reply thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *