Tidak Sempat Urus Paspor? Layanan Paspor Online Aja!
urus paspor

Tidak Sempat Urus Paspor? Layanan Paspor Online Aja!

Sebelum membahas tentang Paspor online, Kita cari tau dulu apa sih sebetulnya dokumen Paspor itu ?. Paspor merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dibawa ketika bepergian ke luar negeri, entah itu untuk urusan bisnis, berhaji, maupun traveling. Sayangnya, antrean paspor hampir selalu penuh tiap harinya, terlebih tidak semua kota terdapat kantor imigrasi. Kalau sudah begini, Paspor online bisa jadi solusi kamu.

layanan paspor online
Paspor

Mengapa harus pakai layanan paspor online ? Hal ini tentu jadi kendala buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk datang langsung ke kantor imigrasi, terutama di hari kerja. Nah, kira-kira ada tidak sih solusinya? Sementara jadwal liburan sudah makin dekat.

Layanan Paspor Online: Bikin Paspor tanpa Harus Antre

layanan paspor online
detik – Form Paspor online

Dengan hadirnya layanan paspor online atau layanan paspor secara digital melalui aplikasi, kamu tetap bisa, kok, memiliki dokumen sakti ini tanpa perlu mengorbankan banyak waktu untuk mengantre di kantor imigrasi.

Tentu kamu tau, Pendaftaran dan permohonan pembuatan paspor umumnya memakan waktu paling lama. Bahkan sudah menjadi rahasia umum kalau pemohon perlu datang ke kantor imigrasi sejak subuh agar mendapat nomor antrean, padahal kantor baru dibuka pukul 08.00 pagi.

Baca juga : Punya rencana traveling ? Cek kalender hari libur dulu!

Kalau datang sedikit kesiangan, dijamin kamu takkan kebagian kertas antrean yang biasanya dibatasi maksimal untuk 200 orang. Ketimbang bolak-balik tak menghasilkan, manfaatkan saja layanan pembuatan paspor online. Seperti namanya, kamu cuma butuh akses internet untuk mendaftar.

Perlu diingat bahwa layanan paspor online baru diterapkan pada proses pendaftarannya saja. Untuk seleksi berkas dan pengambilan foto, kamu tetap harus datang langsung ke kantor imigrasi.

Dengan mendaftar secara online, kamu akan mendapat notifikasi berupa hari, tanggal, dan bahkan jam untuk proses pembuatan paspor di kantor imigrasi. Kelebihan lainnya adalah satu akun bisa dipakai untuk mendaftarkan lima orang sekaligus. Praktis banget, kan? Cocok nih buat kamu yang berencana untuk pergi rombongan.

Adapun langkah-langkah layanan Paspor onlinenya sebagai berikut:

  1. Buka laman web https://antrian.imigrasi.go.id/
  2. Registrasi akun baru atau login dengan akun Google milikmu.
  3. Alternatifnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online ini di Google Playstore atau App Store, dan memulai registrasi dari sana. Aplikasi paspor online akan mempercepat proses pengurusan paspor kamu tentunya.
  4. Jika login berhasil, isi formulir data diri secara lengkap (NIK, nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, dll) di bagian Form Pendaftaran Akun. Pastikan datamu sudah benar dan sesuai dengan KTP.
  5. Jika data sudah terisi dengan benar dan lengkap, klik Daftar lalu pilih di kantor imigrasi mana kamu akan meneruskan permohonan pengajuan paspor online. Sebaiknya pilih yang jaraknya paling dekat dengan tempat tinggalmu.
  6. Isi juga bagian jumlah pemohon dan tanggal kedatangannya, apakah pagi (08.00 s/d 12.00) atau siang (13.00 s/d 16.30). Selama kuota masih tersedia, opsi waktu apa pun bisa dipilih. Solusi jika kuota sudah penuh adalah ganti hari/tanggal. Kuota tersedia ditandai dengan warna hijau.
  7. Jika proses pendaftaran sudah selesai, kamu akan mendapatkan kode booking berupa kombinasi angka dan huruf atau kode QR, lengkap dengan informasi data diri dan tanggal kedatanganmu ke kantor imigrasi. Nah, Paspor online bisa banget kan jadi solusi!

Baca juga : Cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk berlibur

Mengambil Nomor Antrean Paspor via WhatsApp

layanan paspor online
twitter.com

Selain lewat sistem booking di website, ternyata kamu juga bisa mengambil nomor antrean paspor online via pendaftaran WhatsApp. Namun, harap diingat kalau nggak semua kantor imigrasi mempunyai layanan ini. Berikut cara-caranya.

  1. Kirim pesan WhatsApp ke nomor kantor imigrasi terdekat. Informasi nomor WA masing-masing instansi bisa dilihat di website resmi Ditjen Imigrasi.
  2. Ketikkan pesan dengan format #Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan. Tulis persis tanpa spasi, ya. Contoh #Miranda#25121990#12012020.
  3. Selanjutnya, kamu akan mendapat balasan yang berisi kode booking lengkap dengan nomor antrean dan jadwal kapan kamu harus datang ke kantor imigrasi.
  4. Pada hari H, datanglah 30 menit lebih awal dan tunjukkan kode booking pada petugas. Jika kamu terlambat, nomor antreanmu akan otomats hangus.

Sedikit tambahan, cara daftar antrean paspor online melalui WhatsApp ini nggak berlaku untuk permohonan pembuatan paspor yang hilang atau rusak, ya. Jangan lupa bawa seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk proses verifikasi berkas, baik yang asli maupun foto kopi.

Baca juga : 11 Tempat wisata di indonesia. Luar negeri aja kalah!

Dokumen yang Harus Dibawa ke Kantor Imigrasi

Dokumen lengkap paspor online
anekatrip – Dokumen paspor online

Kalau pendaftaran paspor online-mu sukses, saatnya menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah terakhir
  • Akta kelahiran atau akta perkawinan
  • Surat penetapan ganti nama dari pengadilan (bagi yang mengganti namanya)
  • Paspor lama (untuk pemohon paspor yang rusak, hilang, atau habis halamannya)

Khusus untuk pembuatan paspor anak-anak berkewarganegaraan Indonesia, dokumen yang wajib dilampirkan adalah:

  • KTP ayah atau ibu
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Buku nikah orang tua
  • Akta kelahiran (bisa juga surat baptis untuk yang beragama Nasrani)
  • Surat penetapan ganti nama dari pengadilan (bagi yang mengganti namanya)
  • Paspor lama (untuk pemohon paspor yang rusak, hilang, atau habis halamannya)

Tahap Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi

layanan paspor online
sepulsa.com

Pada tanggal dan jam yang sudah ditentukan, datanglah ke kantor imigrasi lebih awal. Kenakan pakaian yang sopan dan segera kumpulkan berkas pada petugas. Selanjutnya, petugas akan memanggilmu untuk keperluan pengambilan foto dan wawancara tentang alasan pembuatan paspor—apakah untuk studi, bekerja, liburan, atau lainnya.

Pada tahap ini, petugas juga akan melakukan pengambilan sidik jari. Relaks saja. Asal semua dokumen lengkap dan jawabanmu tidak berbelit-belit, pengajuan paspor online-mu pasti diterima, kok. Nah, setelah selesai, kamu akan diberi nota pembayaran paspor lengkap dengan kode booking-nya.

Pembayaran paspor bisa dilakukan lewat kantor pos atau ATM. Jumlahnya adalah Rp360.000 (sudah termasuk biaya admin) untuk paspor biasa 48 halaman. Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor di imigrasi, ya. Biasanya paspor sudah jadi dalam tiga atau empat hari setelah pembayaran diverifikasi. Kalau paspor sudah keurus, pastiUdah gak khawatir lagi kan dengan rencana liburan kamu.

Baca juga: Wisata Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Itu tadi layanan Paspor online. Gimana? mudah banget kan proses pendaftaran paspor zaman sekarang? Meski belum sepenuhnya online, gebrakan ini tentu sangat membantumu. Jadi alih-alih mengantre berjam-jam, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif.

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!

Follow Instagram