10 Air Terjun di Bali, Ini Daftar Rekomendasinya!
Air Terjun Tukad Cepung, Bali (journey.brothers)

10 Air Terjun di Bali, Ini Daftar Rekomendasinya!

Tak berlebihan jika Bali mendapat julukan sebagai ‘The Hidden Paradise of Indonesia’. Harus diakui, Bali memang surga wisata bagi Indonesia yang keindahannya bahkan terkenal sampai mancanegara. Selain memiliki sebaran pantai yang mempesona, air terjun di Bali juga tak kalah indahnya.

Kesegaran air yang mengalir dari balik tebing, udara sejuk yang dihadirkan, panorama alam dengan nuansa hijau yang menyejukkan pandangan, semua itu bisa kamu dapatkan dengan berlibur di wisata air terjun Bali.

Hanya saja memang beberapa di antaranya kamu perlu trekking dengan jalur yang cukup sulit untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya. Buat kamu yang tertarik berlibur pada wisata air terjun di Bali, berikut rekomendasi tempat wisatanya. Siapkan stamina kamu sebelum memulai penjelajahan ya!

Daftar Wisata Air Terjun di Bali Terindah

1. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala (balihbalihan)
Air Terjun Banyumala (balihbalihan)

Alamat : Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Air Terjun Banyumala merupakan air terjun dengan ketinggian 20 meter yang memiliki muara membentuk kolam di bagian bawahnya. Kolam tersebut berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 15 meter.

Kedalaman air kolam yang terbentuk setinggi dada orang dewasa sehingga membuat kolam ini cukup aman untuk berenang orang dewasa. Di pinggiran kolam terdapat susunan batuan yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berendam atau sekedar berfoto – foto mengabadikan momen.

2. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana (horisonseminyak)
Air Terjun Tibumana (horisonseminyak)

Alamat : Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.30 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Air Terjun Tibumana yang berada di daerah Bangli merupakan sebuah air terjun asri dengan ketinggian 20 meter. Air yang mengalir dari atas tebing berasal dari sungai yang menyebabkan debit air yang mengalir terkadang deras namun terkadang surut tergantung debit air sungai tersebut.

Air terjun ini dikelilingi tebing – tebing tinggi dan rimbun yang sangat menyenangkan untuk dipandang. Juga terdapat kolam berwarna biru yang sangat cocok dan aman digunakan untuk berenang. Area berfoto di air terjun ini memang tidak terlalu luas sehingga dianjurkan kamu datang ke sini di hari kerja agar tidak harus mengantri untuk foto dengan orang lain.

3. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan, Bali (viktor_wang)
Air Terjun Tegenungan, Bali (viktor_wang)

Alamat : Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.30 – 18.30 WITA
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Ubud, Air Terjun Tegenungan ini termasuk air terjun yang sangat mudah dijangkau. Kamu yang ingin menyaksikan jernih dan indahnya air terjun namun malas trekking terlalu jauh wajib mengunjungi Air Terjun Tegenungan.

Air terjun ini memiliki tebing setinggi 15 meter yang menjadi tempat mengalirnya air dengan debit yang cukup deras. Debit airnya semakin tinggi di musim hujan tiba sekitar bulan Desember sampai Februari.

Di bagian bawah terdapat kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat berendam, bermain air atau berenang. Juga terdapat spot ayunan yang cocok dijadikan spot foto dengan background tebing dan air yang mengalir di antaranya.

Selain ke Air Terjun Tegenungan, kalau sedang di Bali kamu juga bisa berkunjung ke desa wisata Jatiluwih yang tak kalah indah. Suasana asri juga akan kamu dapatkan di sini. Baca : Jatiluwih – Wisata Bali dengan Panorama Alam yang Indah

Baca juga : Pura Besakih, Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi

4. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung, Bali (journey.brothers)
Air Terjun Tukad Cepung, Bali (journey.brothers)

Alamat : Jl. Tembuku, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Gratis

Setelah jalan – jalan menyusuri hutan, kamu akan menemukan pesona air terjun yang mengalir melalui celah goa di sini.

Tebing – tebing yang mengitari aliran air dengan gradasi warna abu dan cream yang sangat indah terlebih ketika diterangi pancaran sinar matahari akan menjadi objek foto luar biasa yang bisa diabadikan.

Dengan pesona yang indah, Air Terjun Tukad Cepung seringkali menjadi lokasi foto prewedding banyak pasangan. Selain bisa berfoto, kamu juga bisa mandi di bawah guyuran air terjun yang mengalir dari atas tebing.

5. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit, Bali (tialacson)
Air Terjun Gitgit, Bali (tialacson)

Alamat : Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Air Terjun Gitgit merupakan air terjun setinggi 5 meter dan memiliki lebar tebing 3 meter. Keindahan air terjun ini adalah suasananya yang rimbun, banyaknya bebatuan di sekitar kolam dan aliran air terjunnya yang deras.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini seperti berendam sambil bermain air kolam, atau berfoto di sekitar air terjun dengan background pemandangan rindang yang luar biasa.

6. Air Terjun Sekumpul

 (hidwii)
Air Terjun Sekumpul (hidwii)

Alamat : Jl. Air Terjun, Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 untuk melihat dari kejauhan, Rp 125.000,00 untuk mendatangi langsung

Air Terjun Sekumpul memiliki tujuh air terjun yang berjajar berhiaskan dedaunan rambat yang indah. Terdapatnya ketujuh air terjun dalam satu lokasi tersebut membuat air terjun ini dinamakan sebagai Air Terjun Sekumpul yang artinya sekumpulan air terjun.

Air terjun utama memiliki ketinggian 80 meter. Dengan debit air yang deras membuat gemuruhnya bahkan bisa terdengar sejak kamu sampai di area parkir air terjun. Kamu perlu berjalan kaki kurang lebih setengah jam melewati hutan bambu yang rimbun untuk bisa menikmati eksotisme air terjun di Bali ini.

7. Air Terjun Aling – Aling

Air Terjun Aling-Aling, Bali (nathalie_wanders)
Air Terjun Aling-Aling, Bali (nathalie_wanders)

Alamat : Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00/orang

Air terjun di Bali ini merupakan air terjun unik dengan ketinggian sekitar 15 meter. Air terjunnya terbagi menjadi dua yang letaknya bersandingan. Air terjun sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan sisi air terjun sebelah kiri.

Air yang mengalir dari atas tebing bergumul menjadi satu pada sebuah kolam dengan kedalaman sekitar 4 meter. Kamu bisa berenang sambil mandi di bawah guyuran air terjun. Namun untuk yang tidak bisa berenang bisa sekedar merendamkan kaki di kolam dan berfoto – foto di sekitar air terjun. Namun ketika berfoto kamu tetap harus hati – hati ya karena bebatuan di air terjun ini cukup licin.

8. Air Terjun Tembok Barak

Bali (gasavitri_)
Air Terjun Tembok Barak, Bali (gasavitri_)

Alamat : Gg. Cengkeh, Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Memiliki nama Tembok Barak, hal ini dikarenakan warna tebing air terjun tidak seperti tebing air terjun pada umumnya yang berwarna hitam atau keabu – abuan. Tebing air terjun Tembok Barak berwarna orange kekuningan yang membuatnya semakin terlihat cantik.

Air Terjun Tembok Barak bukan air terjun dengan tebing tinggi. Ketinggian tebing air terjun yang menjadi tempat mengalirnya air di sela – sela tebing hanya sekitar 2 – 3 meter saja. Di bawah guyuran air terdapat kolam jernih yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang atau berendam.

9. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo, Bali (explorerssaurus_)
Air Terjun Kanto Lampo, Bali (explorerssaurus_)

Alamat : Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Air Terjun Kanto Lampo merupakan air terjun berundak dengan ketinggian 15 meter. Air terjun ini terbentuk karena luapan air di dalam tanah yang tersumbat. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang aliran airnya mengalir lurus ke bawah.

Aliran air yang dialirkan dari atas tebing air terjun di Bali ini mengalir menyamping seperti tirai. Di sini, kamu juga akan menemukan goa yang posisinya persis berada di seberang sungai. Menurut cerita warga setempat, goa ini menjadi tempat rahasia pasukan Belanda dalam menyusun strategi ketika harus melawan Jepang.

10. Air Terjun Munduk

Bali (pandde._)
Air Terjun Munduk, Bali (pandde._)

Alamat : Jl Raya No.Desa, Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Air Terjun Munduk memiliki ketinggian air 20 meter yang mengalir deras dan sangat jernih. Di bawah terdapat kolam yang bisa digunakan berendam.

Konon katanya, air yang mengalir pada tebing salah satu air terjun di Bali ini mengandung sulfur atau belerang sehingga dipercaya dengan berendam di kolam Air Terjun Munduk dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit kulit termasuk reumatik.

Selain liburan di berbagai tempat wisata, kalau ke Bali kamu juga tidak boleh lupa untuk berwisata kuliner. Banyak tempat wisata kuliner super seru yang bisa kamu kunjungi dengan hidangan yang super nikmat, baca : 14 Rekomendasi Tempat Kuliner Bali Terbaru

Baca juga : 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Ada wisata apa lagi di Bali?

Kalau bicara soal wisata banyak banget rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Bali. Rekomendasinya baca : 41 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Atau kamu masih bingung untuk menentukan mau berlibur ke mana saja dengan waktu yang kamu punya? Baca : Liburan Tak Terlupakan – Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis

Baca juga : Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau liburan di Bali. Untuk pecinta wisata yang tenang dan asri, berwisata ke air terjun di Bali sangat dianjurkan. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!