Bali Zoo, Wisata Edukasi Bali Yang Wajib Kamu Dikunjungi!
Bali Zoo, Wisata Edukasi di Bali yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

Bali Zoo, Wisata Edukasi Bali Yang Wajib Kamu Dikunjungi!

Buat kamu yang sedang mencari wisata di Bali yang ramah anak, kamu bisa datang saja langsung ke Bali Zoo. Bali Zoo ini sesuai dengan namanya merupakan sebuah kebun binatang di Bali yang hadir dengan konsep wisata edukasi yang menyediakan aneka ragam wahana bermain yang asyik dan menyenangkan.

Kamu yang membawa anak kecil bisa dipastikan anak kamu akan sangat suka jalan – jalan di Bali Zoo. Dijamin si kecil nggak akan rewel bunda karena selama disana banyak hal menarik yang akan ia saksikan dan ia lakukan.
Kalau kamu sedang berada di Bali dan mencari tempat wisata edukasi di Bali yang ramah anak, langsung arahkan setir dan kunjungi Bali Zoo.

Informasi selengkapnya tentang wisata edukasi yang satu ini bisa kamu simak dalam ulasan berikut!

Review Wisata Edukasi Bali Zoo

Kebun Binatang Terdekat
Bali Zoo

Alamat : Bali Zoo. Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : 85 ribu rupiah untuk anak – anak dan 110 ribu rupiah untuk orang dewasa

Tidak hanya punya banyak wisata alam berupa pantai, Bali juga punya potensi wisata menarik lainnya. Salah satu potensi wisata yang Bali punya adalah wisata kebun binatang yang ramah anak. Kalau kamu jalan – jalan bersama anak di Bali, maka mengajak si kecil berwisata di Bali Zoo akan menjadi pilihan wisata menarik untuk kamu, anak dan keluarga.

Bali Zoo menyediakan berbagai macam wahana wisata dan atraksi menarik bagi pengunjung. Apa sajakah wahana wisata dan atraksi menarik yang bisa disaksikan di Bali Zoo? Berikut ulasannya :

Night safari expedition Bali Zoo

Night safari expedition Bali Zoo
Bali Zoo Night safari

Night safari expedition merupakan sebuah wahana yang dapat dikunjungi di malam hari. Night safari expedition merupakan wahana yang menyediakan atraksi ekspedisi bersama para satwa. Kamu bisa berkeliling naik gajah atau hewan lainnya.

Kamu akan di bawa berkeliling kawasan wisata dan bercengkrama dengan para satwa yang pastinya akan menjadi sebuah ekspedisi atau petualangan yang sangat menyenangkan. Atraksi ini juga diselingi dengan beberapa kegiatan seperti gala dinner dan pertunjukan dansa yang pastinya akan membuat malam – malam kamu yang menginap di Bali Zoo sangat menyenangkan. Pengalaman wisata yang berbeda dan tak ada duanya juga akan kamu dapatkan.

Elephant ride

Elephant ride
Bali Zoo – Elephant Ride

Kalau kamu memang pecinta gajah, kamu bisa mencoba atraksi elephant ride. Nantinya kamu akan di bawa menyusuri track berupa daratan dan kolam dengan menunggang gajah. Sensasi yang sangat seru dan menegangkan akan kamu dapatkan.

Atraksi yang satu ini tersedia di dalam dua paket pilihan yaitu paket pertama berdurasi 15 menit dan paket kedua berdurasi 30 menit. Harganya tentu saja pada kedua paket tersebut berbeda, kamu bisa pilih paket mana yang kamu suka dan memang sesuai budget kamu.

Tapi kalau kamu memang ingin puas, maka paket kedua yang berdurasi 30 menit wajib jadi pilihan kamu. Kapan lagi berlama – lama dengan gajah kalau nggak sekarang?

Sarapan bersama orangutan

Breakfast with orangutans
Bali Zoo

Belum pernah merasakan sensasi sarapan dengan orang utan? Kalau belum pernah, kamu bisa mencoba sensasinya seperti apa di Bali Zoo. Tentu saja orang utan tersebut tidak akan ikut duduk makan bersama kamu di meja makan.

Tidak demikian. Melainkan mereka para orang utan hanya akan menemani wisatawan sarapan dengan sesekali melakukan tingkah lucu dan konyol yang sangat menghibur.

Mahout for a day

Mahout for a day
Bali Zoo

Berbeda dengan elephant ride yang sebelumnya telah kita bahas, atraksi mahout for a day merupakan sebuah atraksi yang akan membuat wisatawan merasakan keseharian seorang pawang gajah.

Melalui atraksi yang satu ini, selain dapat menunggang gajah, kamu sebagai wisatawan akan melakukan peran sebagai seorang penggembala gajah yang memiliki tanggung jawab untuk merawat si gajah. Tugas kamu adalah memandikan gajah dan memberinya makan. Seru banget deh!

Petting zoo

Petting zoo
Bali Zoo

Kalau kamu kebetulan datang ke Bali Zoo bersama anak kecil, jangan lupa untuk ajak mereka ke wahana yang satu ini. Di Petting zoo ini mereka dapat bermain dan berinteraksi bersama dengan bayi – bayi hewan seperti bayi kelinci, bayi kijang sampai dengan bayi rusa.

Selain akan menjadi pengalaman baru yang sangat menyenangkan untuk si buah hati, mereka juga akan mendapatkan edukasi tentang berbagai jenis hewan dan cara memperlakukannya.

Pony ride

Pony ride
Bali Zoo

Wahana ini juga khusus disediakan sebagai wahana bermain anak. Di wahana ini anak – anak akan diajak untuk berkeliling menunggang kuda poni. Tenang saja karena semua kegiatan anak di Pony ride berada di bawah pengawasan sehingga akan sangat aman.

Lantas, akankah semua anak bisa menikmati bermain di wahana Pony ride?

Nyatanya tidak semua anak diizinkan untuk bermain di wahana yang satu ini. Anak – anak yang diizinkan untuk bermain di wahana Pony ride adalah anak – anak yang memang memiliki berat badan maksimal 30 kg. Jadi buat anak – anak yang memiliki berat badan di atas 30 kg dilarang untuk bermain di wahana ini.

Jungle splash waterplay

Jungle splash waterplay
Bali Zoo

Wahana yang satu ini juga menjadi sebuah wahana yang disukai si buah hati. Anak bisa basah – basahan sepuasnya di wahana ini. Di Jungle splash waterplay, anak – anak dapat bermain air di waterboom yang memang sengaja dihadirkan sebagai wahana permainan air anak.

Kedalaman airnya aman bagi si kecil. Selain itu waterboom di wahana Jungle splash waterplay juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana permainan seperti papan seluncur dan wahana ember tumpah.

Selain terdapat berbagai wahana tersebut, Bali Zoo juga menjadi sebuah tempat wisata yang sering dijadikan tempat menggelar berbagai acara berskala besar. Beberapa kali konser besar dan berbagai event dilakukan di Bali Zoo ini.

Oh ya, jika berbicara tentang sebuah wisata berupa kebun binatang, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang koleksi satwanya. Bali Zoo merupakan sebuah kebun binatang yang memiliki berbagai jenis satwa mulai dari spesies burung sampai dengan reptile.

Kurang lebih terdapat komposisi sebanyak 10% reptile, 60% burung dan 30% mamalia yang hidup di wilayah kebun binatang ini. Untuk spesies burung yang akan kamu temukan di Bali Zoo diantaranya berupa burung kasuari, burung elang, buruk kakak tua, burung jalak Bali, burung merak dan berbagai jenis burung lainnya.

Sementara untuk spesies mamalia, kamu akan menemukan beberapa hewan seperti kera mantel, singa Afrika, rusa, harimau putih, harimau sumatera, unta, kanguru yang didatangkan langsung dari Australia serta juga kuda nil.

Untuk spesies reptile, spesies reptile yang bisa kamu temukan di kebun binatang Bali ini diantaranya seperti hewan komodo yang juga banyak di temukan di Nusa Tenggara Timur, ular phyton sampai dengan iguana.

Bali
Bali

Nah, semua hewan tersebut ditempatkan di dalam kandang yang berbeda dan diatur mirip dengan habitat aslinya. Hal tersebut dilakukan oleh pengelola Bali Zoo bukan tanpa sebab. Dengan penempatan hewan sesuai dengan habitat aslinya diharapkan hewan – hewan tersebut dapat merasakan hidup seperti di habitatnya sehingga dapat mencegah potensi hewan mengalami stress dan kepunahan.

Selain dapat menyaksikan berbagai macam hewan yang memiliki habitat menyerupai habitat aslinya, selama di Bali Zoo kamu juga akan merasa nyaman karena udara yang ada sangat sejuk. Kesejukan di salah satu tempat wisata di Bali ini terjadi karena memang banyaknya pepohonan yang ditanam di sekitar area wisata.

Kalau kamu adalah wisatawan yang tidak berasal dari Bali namun ingin berwisata di Bali, pastikan kamu tahu tips dan trik berburu tiket pesawat murah agar penerbanganmu tidak menghabiskan dana liburan kamu. Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Baca juga : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Balik lagi ke pembahasan tentang Bali Zoo, di kebun binatang Bali tersebut kamu akan disuguhi fasilitas umum yang cukup kompleks. Selain tersedia area parkir yang cukup luas, kamu juga bisa menggunakan fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, loker, dan juga gazebo sebagai tempat duduk dan bersantai kalau kamu merasa lelah setelah keliling tempat wisata ini.

the sancto villa

Penginapan bernama The sanctoo Villa merupakan sebuah penginapan yang berada di wilayah Bali Zoo. Penginapan ini langsung terhubung dengan tempat wisata Bali Zoo.

Sesuai dengan namanya, suasana yang akan kamu temukan di The sanctoo Villa sangat santai dan tenang. Ketika kamu masuk ke lobi pertama kalinya, kamu akan disambut dengan resepsionis yang sangat ramah.

Kamu bisa melakukan check in setelah booking dan kamu akan segera diantar ke buggy car melewati jalanan mungil dan rindang. Mata kamu akan dimanjakan dengan suasana eksklusif yang ditawarkan. Semua kamar yang ada di The sanctoo Villa hadir dengan konsep villa yang didukung kolam renang pribadi dan akses balkon untuk tempat bersantai.

Baca Juga : Jadwal Kereta Bisa Kamu Cek dengan Cara Mudah Ini!

Kalau kamu ingin dinner romantis selama menginap di The sanctoo Villa, bisa banget. Kamu dapat meminta kepada pelayan untuk disiapkan private dinner di area The sanctoo Villa yang kamu inginkan. View yang luar biasa akan kamu dapatkan.

Namun untuk bermalam di The Sanctoo Villa, kamu juga harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Harga kamar per malam di The Sanctoo Villa dibanderol dengan harga mulai dari 1,5 juta sampai dengan 2 juta rupiah ke atas.

Pantai Pandawa, Bali

Jadi kamu juga perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk menikmati bermalam di villa keren yang satu ini. Karena itu jika kamu merasa budgetnya kurang mumpuni untuk bermalam di The sanctoo Villa, kamu bisa bermalam di beberapa pilihan penginapan lainnya.

Beberapa pilihan penginapan lain di sekitar Bali Zoo yang kamu dapat jadikan pilihan tempat bermalam yaitu Puri Maharani Boutique Hotel, Ubud Nyuh Bali Resort, Bali Taman Ubud, Anulekha Resort and Villa serta Puri Cili Villa Ubud.

Oh ya, agar perjalanan wisata kamu selama di Bali menyenangkan, pastikan bahwa kamu sudah menginstall aplikasi traveling untuk menunjang liburan kamu. Apa saja aplikasi traveling yang wajib kamu install untuk menjadi teman perjalanan kamu selama di Bali, baca : 20 Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di HP Traveler

Bagi wisatawan yang merasa masih ingin melanjutkan liburan ke berbagai tempat wisata lain di Bali selain Bali Zoo, rekomendasi tempat wisatanya sangat banyak. Kamu bisa datang ke Ubud Monkey Forest, Campuhan Ridge Walk, Air Terjun Gong Rang Reng, sampai dengan Hidden Canyon Beji Guwang yang tak jauh dari Bali Zoo.

Selain itu, kamu juga bisa datang ke berbagai wisata Bali lainnya. Rekomendasinya baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Pura Taman Saraswati Ubud
Pura Taman Saraswati Ubud

Selama di Bali, kamu juga bisa berpuas – puas untuk melakukan perjalanan wisata kuliner. Banyak banget lho tempat – tempat wisata kuliner yang kamu bisa jelajahi. Tinggal kosongkan perut dan cicipi semua kuliner yang disediakan.

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Bali, baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Kamu yang berwisata di Bali, itulah sekilas informasi yang kami dapat sampaikan tentang wisata Bali khususnya Bali Zoo. Dapatkan pengalaman wisata seru dan tak ada duanya di Bali sekarang juga!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!