Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam
Pantai Suluban (phinemo)

Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam

Itinerary Bali Hari Kedua

Catatan: Malamnya Menginap di Canggu

1. Makan Pagi – Pasar Badung

Pasar Badung
Itinerary Bali Hari Kedua – Pasar Badung

Lama Perjalanan: 40 menit (dari penginapan di Canggu)
Harga: 5,000-10,000/porsi

Di hari kedua, ada baiknya kamu cobain makan pagi di Pasar Badung. Gw si suka, selain murah, bisa ngerasain gimana jadi warga lokal yang makan di sana. Di sini kamu juga bisa beli banyak jajanan Bali dan jajanan yang kamu biasa temukan di kotamu.

Cocok banget buat beli snack mudah untuk perjalanan selanjutnya. Stock yang banyak kalo bisa untuk 3 hari ke depan. Lagi-lagi oleh-oleh bukan di sini tempatnya, tapi kalo kamu udah mau nyicil beli oleh-oleh juga ga masalah.

Oyah jangan lupa untuk main ke daerah sungai korea nya. Apa si sebenernya sungai korea? Ini si penamaan dari warga setempat sejak direnovasi tahun 2018. Karena disebut-sebut mirip dengan sungai yang ada di Korea Selatan. Gw sendiri si belum pernah ke Korea Selatan ya, jadi ga bisa menilai kebenarannya. Tapi si emang cukup bagus dan rapih banget, beda banget dengan sungai-sungai ibu kota Indonesia.

2. Merta Harum Luwak Coffee, Ubud

Merta Harum Luwak Coffee Ubud (travelingyuk)
Itinerary Bali Hari Kedua – Merta Harum Luwak Coffee Ubud (travelingyuk)

Lama Perjalanan: 40 menit
Harga: 35,000/gelas

Nah setelah makan pagi enak di Pasar Badung tadi, kita ngopi dulu nih. Di sini kamu tuh bisa nikmatin kopi dan teh tasting di atas rumah pohon. Jadi kalo kamu liat di foto, lokasinya ada di atas pohon loh.

Buat gw sih seru banget ke sini, berhubung gw anaknya kepo, gw suka banget pas guide nya jelasin cara pembuatan kopi luwak ketika kita masuk. Setelah kita diajak melihat proses pembuatannya, kita disuruh pesan kopi terlebih dahulu.

Dulu gw datengnya berdua, pesen kopi luwak 1, harganya cuma 35,000. Untuk ukuran kopi luwak asli itu murah banget. Setelah itu di tempat duduk kita dikasih 1 nampan isinya 14 cangkir kecil untuk kopi dan teh tasting. Yang enaknya, tasting nya tuh gratis. Jadi bisa nyobain 14 macam minuman secara gratis.

3. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan (Klook)
Itinerary Bali Hari Kedua – Air Terjun Tegenungan (Klook)

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga Masuk: 15,000/orang

Abis santai ngopi, enak nih olah raga dikit. Untuk jalan turun dijamin ga ada masalah deh. Tapi siapin tenaga kalian buat naik, jangan lupa, pake alas kaki yang nyaman.

Air terjun ini bagus banget dan lebih besar ketimbang air terjun yang sebelumnya, air terjun kanto lampo. Lebih banyak spot foto di sini juga. Jangan lupa bawa minum, karena air minum yang dijual di sana harganya bakal lebih mahal ketimbang di minimarket biasanya.

4. Makan Siang – Green Kubu

Green Kubu, Ubud, Bali (jasanusadewata)
Itinerary Bali Hari Kedua – Green Kubu, Ubud, Bali (jasanusadewata)

Lama Perjalanan: 35 menit
Harga: ± 25,000/porsi

Ini nih!! Favorit gw banget kalo ke daerah Ubud. Pemandangannya bagus banget. Areanya juga luas banget. Paling demen jalan-jalan di area restorannya, ada aja spot foto.

Saking luasnya, ada area tempat duduk yang menghadap ke sawah dan ada area tempat duduk yang menghadap ke hutan. Dua-duanya oke kok. Area hutannya juga bagus, bukan hutan serem soalnya.

Anyway kalo ke Bali bareng keluarga cocok banget ke sini, belom lagi ada taman bermain anak-anaknya juga. Kalo soal harga makanannya si ramah banget di kantong jadi ga perlu khawatir sama pengeluaran kalian di sini. Nih kalo mau nonton review singkatnya:

5. Museum Blanco

Itinerary Bali Hari Kedua - Blanco Renaissance Museum (hargatiket)
Itinerary Bali Hari Kedua – Blanco Renaissance Museum (hargatiket)

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga Masuk: 30,000/orang

Next! Kita ke museum! Bagi kamu pecinta karya seni dijamin ga nyesel kalo ke sini. Blanco itu nama dari senimannya, yaitu, Don Antonio Blanco.

Ia merupakan seniman terkenal keturunan Spanyol dan Amerika yang lahir di Filipina. Dia juga udah menangin banyak banget penghargaan. Hingga akhirnya pada tahun 1952 Antonio diundang ke Bali oleh raja Ubud, lalu menikah dengan penari Bali bernama Ni Ronji di tahun berikutnya.

Tanah dari museum yang berdiri sekarang merupakan tanah pemberian dari Raja Ubud pada masa itu, yang akhirnya ia bangun sebagai museum karya-karyanya. Museumnya sendiri pertama kali dibuka tahun 1998, setahun sebelum Antonio meninggal dunia.

6. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan, Ubud, Bali (pariwisataku)
Itinerary Bali Hari Kedua – Bukit Campuhan, Ubud, Bali (pariwisataku)

Lama Perjalanan: 5 menit
Harga Masuk: Gratis

Abis santai, kita gas dikit dulu ya. Yuk ke bukit campuhan! Di sini kalian harus banget pake alas kaki nyaman, karena jalanan yang bakal ditempuh ke area tersebut yang lumayan capek, arah pulang gak akan ada apa-apanya.

Oyah untuk parkirnya agak tricky, waktu gw ke sana susah banget nemuin area ini. Jadinya parkir udah jauh banget, harus jalan lagi pas mau mauk ke areanya. Untungnya sekarang gw udah ngerti dan udah gw kasih nih tempat parkir yang paling deket sama area itu (klik tombol di bawah gambar bukit campuhan). Disimpan ya lokasi parkirnya.

7. Tanah Lot

Itinerary Bali Hari Kedua - Tanah Lot Bali
Itinerary Bali Hari Kedua – Tanah Lot Bali

Lama Perjalanan: 1 jam 15 menit
Harga Masuk: 20,000/orang

Udah lumayan capek? Sekarang saatnya nyantai nikmatin pemandangan. Agak jauh ya dari tempat tadi, tapi ini salah satu tempat wisata wajib bagi semua yang lagi di Bali.

Di sini juga banyak toko-toko kecil di area wisatanya. Bisa blusukan banget buat yang seneng explore toko-toko. Jangan lupa atraksi utama dari tempat wisata ini ya area tebing dan pantainya.

Buat yang suka keliling-keliling di sini juga cocok nih, areanya luas banget, bisa ke area tebing sampe ke area pantainya pun bisa. Jangan lupa rehat sambil liatin sunset ya. Buat kalian yang mau tau review kita soal tanah lot, baca di sini ya: Wisata Bali – Tanah Lot

8. Makan Malam – Kurnia Village Resto

Kurnia Village Resto (wahyu_s4rwo)
Itinerary Bali Hari Kedua – Kurnia Village Resto (wahyu_s4rwo)

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: ± 50,000/porsi

Setelah sunsetan pasti udah mulai laper nih. Ada satu restoran rekomendasi di area Tanah Lot, namanya Kurnia Village Resto. Harganya mirip-mirip dengan resto seafood di ibukota kok. Tempatnya juga nyaman banget. Lokasinya juga ga terlalu jauh dari pura tadi, cuma 10 menit berkendara.

Akhir Hari Kedua

Gimana nih? Capek kan pasti di hari kedua? Kalo mau terus ikutin itinerary ini, ada baiknya malam ini ga kelayapan, langsung balik aja ke penginapan. Besok soalnya agak jauh perjalanannya.

Rangkuman hari kedua dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya.

1 2 3 4
Join the discussion

2 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!