Nusa Penida, Pulau Terindah di Bali
Kelingking Beach (alamy)

Nusa Penida, Pulau Terindah di Bali

Salah satu alasan banyak orang memilih Bali sebagai pulau tujuan wisata adalah karena memiliki alam pantai yang indah dan luas. Banyak lokasi indah yang bisa kamu temukan di sana, salah satunya adalah Pulau Nusa Penida.

Nusa Penida merupakan salah satu pulau kecil di sebelah tenggara pulau Bali. Pulau ini terpisah oleh selat Badung. Nusa Penida terdiri atas daratan landai dan daratan perbukitan yang dikelilingi oleh deretan hutan.

Beberapa bagian pulau dengan luas 209,4 km ini memiliki daerah yang sangat kering, namun hal tersebut tidak menghapus nilai keindahan di dalamnya. Selengkapnya tentang Nusa Penida, bisa kamu simak dalam review berikut ini!

Informasi Wisata Nusa Penida Bali

Nusa Penida (istockphoto)
Nusa Penida (istockphoto)

Alamat : Nusa penida, Klumpu, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam

Kalau bicara tentang Nusa Penida, harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata di Nusa Penida memang murah meriah. Yang mahal itu adalah tiket penyeberangannya.

Untuk sampai ke Nusa Penida, kamu harus menyeberang dahulu dari Sanur dengan menggunakan kapal cepat yang harganya berkisar antara 100 ribu sampai dengan 150 ribu rupiah sekali jalan. Jadi untuk harga tiket pulang pergi, kamu perlu menyediakan dana sebesar 300 sampai 350an ribu rupiah namun belum termasuk tiket hotel atau biaya menginap selama di Nusa Penida.

Nusa Penida sebenarnya merupakan sebuah pulau yang dekat dengan dua nusa lain yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan yang tak kalah indah. Jadi kalau kamu punya banyak waktu, sekaligus liburan di Nusa Ceningan atau Nusa Lembongan bisa banget pastinya. Informasi tentang Nusa Lembongan, baca : Nusa Lembongan, Pulau Wisata di Bali yang Penuh Daya Tarik

Daya tarik utama Nusa Penida yang akan didapatkan oleh traveler ketika berkunjung ke pulau ini adalah pesona pemandangan pasir putih yang indah dengan pemandangan dari atas tebing yang mengesankan serta pastinya pemandangan alam bawah laut dengan terumbu karang yang juga sangat mengesankan.

Buat kamu yang akan backpackeran di Nusa Penida dan mencari referensi wisata pantai dengan pemandangan indah dan spot snorkeling atau scuba diving yang menyenangkan, berikut daftarnya :

1. Pantai Atuh

Pantai Atuh (pantainesia)
Pantai Atuh (pantainesia)

Alamat : Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang

Pantai Atuh Bali merupakan salah satu pantai cantik tersembunyi yang terdapat di bagian tenggara Pulau Nusa Penida. Sesampainya di lokasi pantai ini, pemandangan pasir putih bersih dengan teluk yang indah akan kamu temukan.

Kamu juga dapat menyaksikan tebing batu besar yang tampak seperti pulau – pulau kecil yang menjadi satu kesatuan dengan pemandangan pantai yang menawan. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah pukul 05.30 am karena pada waktu tersebut kamu bisa menyaksikan pesona sunrise yang menawan.

Di Pantai Atuh, selain kamu bisa menikmati pemandangan dan melakukan aktivitas fotografi, diving atau berenang juga diperbolehkan di pantai ini. Jadi buat kamu yang berani bisa melakukannya.

Mengenai akomodasi wisata di Pantai Atuh sudah lengkap. Fasilitas untuk mandi sampai dengan tempat makan pun sudah tersedia.

2. Diamond Beach

Diamond Beach, Nusa Penida (jackson.groves)
Diamond Beach, Nusa Penida (jackson.groves)

Alamat : Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Diamond Beach adalah pantai di Nusa Penida yang berada dalam satu kawasan dengan Atuh Beach. Oleh sebab itu tiket masuknya menjadi satu dengan Atuh Beach. Jadi sekali bayar saja kamu bisa masuk ke Atuh Beach dan Diamond Beach.

Tidak seperti Pantai Atuh yang sudah dilengkapi berbagai akomodasi wisata yang cenderung lengkap, Diamond Beach tidak demikian. Kawasan Diamond Beach masih sangat alami. Pemandangan tebing – tebing karst yang indah, pasir pantai berwarna putih yang menggoda dan air laut berwarna biru yang menyejukkan mata akan menjadi pemandangan terbaik yang bisa kamu temukan di sini.

Untuk bisa sampai di bibir pantai, kamu harus menuruni anak tangga terbuat dari batu yang dilengkapi dengan pagar pengaman. Di tangga ini seringkali dijadikan tempat berfoto wisatawan karena background pantai sekaligus tebing yang menjulang bisa ditangkap secara keseluruhan pada layar kamera.

3. Kelingking Beach – Favorit di Nusa Penida


Nusa Penida - Kelingking Beach (alamy)
Kelingking Beach (alamy)

Alamat : Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WITA
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Trekking menuruni tangga menjadi aktivitas wisata yang sangat menantang sekaligus menyenangkan di Kelingking Beach. Kalau kamu ke Nusa Penida, wajib banget menyempatkan waktu ke pantai yang memiliki tebing seperti punggung T-Rex ini.

Pengalaman fotografi yang hasilnya sangat menakjubkan akan kamu dapatkan. Namun tetap kamu harus berhati – hati karena lokasi foto di sini cukup curam. Jangan sampai untuk mendapatkan foto estetik, kamu malah mengorbankan keselamatan dan nyawa kamu.

4. Angel’s Billabong

Nusa Penida - Angel’s Billabong (balicheapesttours)
Angel’s Billabong (balicheapesttours)

Alamat : Jl. Raya Toya Pakeh – Ped, Ped, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu bayar biaya parkir atau tiket fastboot

Angel’s Billabong merupakan sebuah tempat wisata dengan ciri khas muara sungai yang berbatasan langsung dengan pantai. Di sini, kamu bisa berenang di muara terakhir sungai yang jernih sekaligus menyaksikan debur ombak yang sesekali menghantam kolam air sungai apabila kamu datang pada saat laut pasang.

Pemandangan batuan karang berwarna hijau kekuningan yang tampak indah dengan air mengalir yang sangat jernih akan kamu temukan. Saking indahnya tempat wisata ini, keindahan dan kecantikan Angel’s Billabong bahkan tak akan bisa kamu jumpai di tempat manapun.

5. Broken Beach

Nusa Penida - Broken Beach (tatkala)
Broken Beach (tatkala)

Alamat : Unnamed Road, Sakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Kalau kamu pergi ke Angel’s Billabong, kamu juga harus mampir di Broken Beach atau yang juga dikenal masyarakat Bali sebagai Pantai Pasih Uug. Lokasinya sekitar 200 meter saja dari Angel’s Billabong.

Broken Beach memiliki keindahan pantai dengan tebing karang setinggi 200 meter yang menjorok ke lautan dan memiliki lubang mirip goa raksasa terbentuk di bagian tengah tebing karang tersebut.

Pembentukan lubang mirip goa raksasa di bagian tengah tebing karang bukan dibuat – buat melainkan tercipta secara alami karena bebatuan pada tebing terhempas oleh abrasi air laut selama berabad – abad. Berbagai spot bisa menjadi lokasi menarik kamu hunting foto selama di Broken Beach.

6. Crystal Bay

Nusa Penida - Crystal Bay (kintamani)
Crystal Bay (kintamani)

Alamat : Nusa Penida, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Crystal Bay merupakan tempat terbaik untuk berenang, snorkeling atau diving karena memiliki ombak yang tenang. Selain itu, berbagai jenis ikan mola – mola cantik sekaligus terumbu karang yang masih sangat alami menjadi pemandangan alam bawah laut terbaik kamu.

Dengan semua keindahan bawah laut tersebut, Crystal Bay sering disebut sebagai spot terbaik untuk diving dan snorkeling di Nusa Penida, Bali. Wisata pantai di Nusa Penida ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Dengan garis pantai yang cukup panjang ini, kamu bisa puas bermain – main air sambil tanning.

7. Pantai Suwehan, Nusa Penida

Pantai Suwehan (kintamani)
Pantai Suwehan (kintamani)

Alamat : Dusun Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Pantai Suwehan adalah sebuah pantai di Nusa Penida yang memiliki hamparan tebing karang menjulang tinggi, indah dan gagah. Keindahannya bahkan sering disandingkan dengan pantai bertebing tinggi di Thailand.

Tempat wisata ini termasuk sebagai pantai perawan di Nusa Penida. Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata mulai dari jalan – jalan, berfoto, atau pun berenang. Namun ingat, pastikan jangan membuang sampah atau mengotori pantai pasir putih yang masih terjaga kealamian dan kejernihannya ini.

Untuk bisa sampai di Pantai Suwehan, kamu harus berjalan melewati anak tangga yang tersusun rapi. Pemandangan pura yang terletak tepat di atas Pantai Suwehan pun akan kamu temukan. Pura ini bernama Pura Puseh.

Di Bali, karena mayoritas penduduknya beragama Hindu, akan mudah kamu temukan tempat wisata yang berupa pura. Salah satu wisata pura yang juga bisa kamu sambangi dengan halaman luasnya yaitu Pura Besakih. Informasi selengkapnya tentang Pura Besakih, baca : Pura Besakih, Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi

8. Teletubbies Hill

Nusa Penida - Teletubbies Hill (indonesia-tourism)
Teletubbies Hill (indonesia-tourism)

Alamat : Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Selain wisata pantai yang indah di Nusa Penida, masih ada tempat wisata lain selain pantai yang kamu bisa jelajahi yaitu Teletubbies Hill. Kalau kamu sering nonton serial televisi Teletubbies yang menampilkan empat boneka hidup yang suka bermain di bukit, maka kamu akan punya gambaran tentang Teletubbies Hill.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Teletubbies adalah di musim hujan karena pada bulan – bulan tersebut, kawasan bukit ini sedang ditumbuhi tanaman sehingga hamparan berwarna hijau akan kamu saksikan tanpa celah. Pastikan kamu mengabadikan moment dengan berfoto beragam gaya ketika berkunjung ke sini.

9. Toyapakeh

Toyapakeh, Nusa Penida (okdiversbali)
Toyapakeh, Nusa Penida (okdiversbali)

Alamat : Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu berada di Nusa Penida, jangan lupa datang ke Kampung Toyapakeh yang merupakan satu – satunya kampung di Nusa Penida dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Selain pemandangan pantai yang indah, hal menarik yang bisa kamu temukan selama berada di Kampung Toyapakeh adalah banyaknya pilihan menu makanan halal yang bisa dipesan.

Kamu juga bisa menyelam atau diving dan pastikan kamu pergi ke titik penyelaman dengan pesona candi Budha bawah laut yang indah. Kalau bawa kamera, jangan lupa abadikan moment selama kamu berada di titik penyelaman ini ya!

Ada wisata apalagi di Bali?

Untuk kamu yang berada di Bali dan belum punya referensi wisata akan liburan kemana dengan waktu liburan yang kamu punya, baca : Itinerary Bali – Liburan Seru 4 Hari 3 Malam

Baca juga : Liburan Tak Terlupakan – Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam Gratis

Referensi tentang wisata Bali lainnya, baca : 41 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Dapatkan banyak pengalaman liburan di Bali dengan berkunjung ke berbagai wisata pantai yang ada di Nusa Penida. Pastikan kamu prepare segala sesuatunya sebelum liburan agar perjalanan wisata kamu menyenangkan dan tak ada bandingnya.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!