9 Tempat Wisata di Kamboja Terpopuler
tempat wisata di Kamboja

9 Tempat Wisata di Kamboja Terpopuler

Kamboja merupakan salah satu negara ASEAN yang secara geografis lokasinya berbatasan langsung dengan beberapa negara lain yaitu Laos, Vietnam dan Thailand. Pamor negara Kamboja memang tidak sepopuler Thailand, akan tetapi sebenarnya banyak tempat wisata di Kamboja yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Ada banyak tempat wisata Kamboja yang cocok menjadi tujuan wisata kamu. Keragaman budaya, pesona sejarah, bangunan dengan arsitektur khasnya sampai dengan pesona alam yang indah menjadi alasan tersendiri mengapa kamu wajib berkunjung ke Kamboja.

Mengenai apa saja daftar tempat wisata di Kamboja yang patut menjadi tujuan wisata selama berlibur di sana, berikut ulasan selengkapnya!

Daftar Tempat Wisata di Kamboja Terpopuler

1. Angkor Wat


tempat wisata di Kamboja - Angkor Wat (travel.detik)
Angkor Wat (travel.detik)

Alamat : Krong Siem Reap, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : Daerah Angkor secara keseluruhan buka 24 jam non stop, sementara Kuil Angkor bisa diakses sejak pukul 05.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : USD 37 untuk tiket 1 hari, USD 62 – 72 untuk tiket 3 hari, tiket untuk anak di bawah usia 12 tahun gratis

Angkor Wat merupakan sebuah kuil Budha terbesar di Kamboja yang arsitektur bangunannya berbentuk candi. Angkor Wat merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia dengan luas bangunan mencapai 163 hektar.

Ada banyak spot yang bisa kamu temukan selama menjelajah salah satu tempat wisata di Kamboja ini. Selain dinding penuh relief dan prasasti bertuliskan bahasa Sansekerta, masih banyak spot lain yang akan kamu temukan selama berkeliling di Angkor Wat.

Salah satu spot favorit wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Kamboja ini adalah terdapatnya area bernama Ta Prohm. Di sana kamu akan menemukan sebuah bangunan tua dengan akar pohon raksasa yang menutupi bangunan tersebut. Kesan yang sangat unik dan estetik akan kamu saksikan, oleh sebab itu mengabadikan momen berkesan selama di Ta Prohm wajib kamu lakukan.

Jika kamu tertarik berwisata dan menghabiskan waktu di Angkor Wat, guna menambah informasi dan wawasan kamu, baca : Angkor Wat, Kuil Budha Terluas di Kamboja

2. Kuil Bayon

tempat wisata di Kamboja - Kuil Bayon (pikist)
Kuil Bayon (pikist)

Alamat : Krong Siem Reap, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 05.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Tiket masuk jadi satu dengan tiket masuk ke Angkor Wat yang disebut sebagai tiket Angkor Archeological Park

Kuil Bayon merupakan sebuah kuil untuk upacara keagamaan umat Budha yang dibangun pada abad ke-12. Walau merupakan bangunan lama, akan tetapi sisi arsitektur asli dari Kuil Bayon tetap dipertahankan sampai sekarang sehingga wisatawan dapat menikmati peradaban kuno ketika berlibur di kuil ini.

Hal yang menarik dari tempat wisata di Kamboja ini adalah terdapatnya 200 ukiran wajah berbeda – beda yang tersebar di berbagai sudut situs bersejarah ini. Ukiran wajah yang paling tersohor adalah ukiran wajah orang tersenyum yang dipercaya merupakan wajah Raja Kamboja terdahulu yaitu Jayayarman VII.

Berdasarkan catatan peneliti, terdapat sekitar 11.000 relief di dinding kuil sepanjang 1,2 km ini yang dibuat dengan cara disepuh. Dengan usia bangunan yang sudah ratusan tahun, sangat wajar jika saat ini pahatan pada relief sudah tampak memudar namun hal tersebut tetap tidak memengaruhi keindahan kuil.

3. Istana Kerajaan Phnom Penh

tempat wisata di Kamboja - Istana Kerajaan Phnom Penh (id.hotels)
Istana Kerajaan Phnom Penh (id.hotels)

Alamat : Phnom Penh, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 10.30, 14.00 – 17.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : 500 riel untuk warga Kamboja, USD 5 untuk wisatawan asing usia 10 sampai 17 tahun, USD 10 untuk wisatawan asing usia 17 tahun ke atas

Istana Kerajaan Phnom Penh merupakan sebuah istana kerajaaan yang dibangun oleh Raja Norodom dengan arsitektur Khmer di tahun 1866 silam. Istana megah ini dibangun secara bertahap oleh dua arsitektur sekaligus yaitu Neokokhnatep dan Nimith Mok. Bentuk bangunan yang megah menjadikan bangunan istana ini sebagai salah satu contoh perkembangan arsitektur pada masanya.

Pada kompleks Istana Kerajaan Phnom Penh yang luasnya mencapai 174.870 meter persegi ini akan kamu temukan banyak bagian bangunan yang didesain dengan analisa yang sangat matang oleh sang arsitek.
Bangunan pertama tempat wisata di Kamboja ini bernama Balairiung Singgasana atau Preah thineang tevea vinichay. Balairiung Singgasana atau Preah thineang tevea vinichay ini merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai ruang utama raja ketika naik tahta dan tempat melaksanakan upacara kerajaan. Di samping bangunan pertama ini terdapat sebuah istana Khemanin yang merupakan kediaman resmi raja Kamboja. Bangunan terletak di sebelah kanan bangunan utama.

Istana Kerajaan Phnom Penh (travel.kompas)
Istana Kerajaan Phnom Penh (travel.kompas)

Bangunan selanjutnya bernama Chanchhaya pavilion, yang merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat audiensi antara raja dengan masyarakat. Sementara bangunan Phocani pavilion merupakan area diselenggarakannya pertunjukan kesenian.

Terdapat bangunan bernama Preah reach damnakchan yang dijadikan sebagai kantor administrasi kerajaan, bangunan Hor samrith vimean difungsikan sebagai area menyimpan kostum raja bangsawan, pengawal kerajaan, pelayan dan juga dayang – dayang kerajaan.

Mengenai semua bangunan yang ada di kompleks Istana Kerajaan Phnom Penh, tidak semua bisa dimasuki oleh pengunjung. Beberapa area bangunan ada yang sampai saat ini tidak terbuka untuk umum dan tidak boleh dikunjungi pengunjung sama sekali.

Selain berbagai jenis bangunan yang megah, di dalam kompleks istana juga terdapat taman luas nan asri yang berfungsi sebagai area penghijauan istana. Di taman yang luas dan asri tersebut akan kamu temukan berbagai jenis tanaman bunga seperti alamanda, sala, tanaman bunga jarak hias, dan berbagai jenis tanaman lainnya.

4. Preah Vihear

tempat wisata di Kamboja - Preah Vihear (dreamstime)
Preah Vihear (dreamstime)

Alamat : Khmer, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : USD 10

Tempat wisata di Kamboja bernama Preah Vihear merupakan sebuah bangunan kuil tua yang dibangun pada abad ke-9 di atas sebuah bukit setinggi 525 meter di atas permukaan laut dan terletak di Pegunungan Dangkrek. Preah Vihear luasnya mencapai 155 hektar.

Tempat wisata di Kamboja ini dikelilingi pemandangan yang indah dengan hutan lebat dan luas. Gapura bangunan yang kokoh seperti tak termakan usia dan ciri khas arsitektur kejayaan masa lalu masih bisa kamu nikmati selama berjalan – jalan mengelilingi Preah Vihear.

Sebagai saksi peradaban masa lampau dari Kamboja, kehadiran Preah Vihear sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan budaya dunia tepat di tahun 2008 silam.

Jika kamu tertarik berkunjung ke Preah Vihear, kamu bisa menginap di pusat kota Siem Reap dan butuh waktu 3 jam perjalanan dengan rute yang cukup rumit untuk sampai di Preah Vihear. Karena tidak ada akses transportasi umum seperti kereta api atau bus, kamu bisa menyewa kendaraan bermotor atau mobil untuk mengantarkan kamu ke Preah Vihear.

Menyewa jasa motor atau mobil juga dianjurkan dengan harga mulai USD 5 per hari untuk jasa motor, dan USD 10 per hari untuk sewa mobil agar bisa sampai di kawasan tempat wisata di Kamboja ini.

5. Koh Ker

tempat wisata di Kamboja - Koh Ker (tripily)
Koh Ker (tripily)

Alamat : Provinsi Preah Vihear, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Terletak di kawasan hutan, hal ini menjadi salah satu alasan tak banyak orang yang tahu tentang situs kuno bernama Koh Ker ini. Koh Ker dahulunya merupakan ibukota kerajaan Khmer pada tahun 928 sampai 944 masehi.

Koh Ker merupakan sebuah situs bersejarah yang terletak di Kamboja Utara dan lokasinya sekitar 120 km dari pusat kota Siem Reap. Kawasan hutan tempat Koh Ker berdiri merupakan tempat yang sangat terpencil sehingga sangat jarang dilalui kendaraan. Oleh sebab itu kalau tertarik berkunjung ke sini kamu harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa jasa motor atau mobil yang bisa mengantarkan kamu ke salah satu tempat wisata di Kamboja ini.

Tempat wisata di Kamboja ini luasnya mencapai 81 km persegi dan di sana kamu akan menemukan lebih dari 180 jenis satwa. Bangunan dengan arsitektur khas kerajaan yang berlumut di sana – sini namun tidak mengurangi nilai estetiknya, patung serta prasasti bekas peninggalan zaman kerajaan dengan ketinggian 30 meter akan kamu temukan di sana.

Kemudian di bagian selatan tengah Koh Ker terdapat sebuah bangunan bernama Rahal. Rahal ini sejatinya adalah sebuah kolam buatan yang besarnya mencapai 1200 meter x 500 meter. Rahal berfungsi sebagai reservoir dan tempat penampungan air sungai dari Stung Sen yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan irigasi tanah pertanian.

Koh Ker memiliki bangunan yang terdiri atas beberapa tingkatan. Tingkatan teratas adalah tingkatan ke-tujuh, di sana kamu akan menemukan keindahan alam Kamboja dari atas ketinggian. Jangan lupa abadikan momen seru kamu selama berlibur di Koh Ker.

6. Kratie

tempat wisata di Kamboja - Kratie (tokopedia)
Kratie (tokopedia)

Alamat : Sungai Mekong, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Selain memiliki banyak bangunan kuil dan candi bersejarah, Kamboja juga punya objek wisata kota tua yang bernama kawasan kota tua Kratie. Di sini, kamu akan menyaksikan bangunan – bangunan kuno Kamboja yang dahulu dibangun oleh Bangsa Perancis ketika menjajah Kamboja.

Kamu bisa berkeliling sembari memotret bangunan – bangunan kota tua yang berdiri megah di tepian Sungai Mekong tersebut. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan bagaimana atraksi lumba – lumba Krawaddy yang merupakan lumba – lumba air tawar langka dan hanya hidup di sekitar Sungai Mekong.

Setelah puas berjalan – jalan di sekitar bangunan tua di Kratie dan bersantai di tepian Sungai Mekong menunggu lumba – lumba Krawaddy, kamu pun bisa pergi ke hulu sungai untuk mencari Wagtail Motacilla samveasnae yang merupakan spesies endemik Kamboja yang juga hanya bisa ditemukan di sekitar Sungai Mekong saja.

Di salah satu bagian daerah kota tua Kratie, kamu juga akan menemukan sebuah kuil bernama Kuil Sombor. Di sana terdapat ratusan kura – kura dengan beragam usia dan berat. Konon, kura – kura terbesar yang dikenal sebagai rajanya kura – kura memiliki berat mencapai 50 kg. Namun untuk masuk ke Kuil Sombor tidak gratis, kamu perlu mengorbankan kocek sebesar USD 4 untuk masuk ke kuil ini.

7. Sihanoukville

tempat wisata di Kamboja - Sihanoukville (asiapropertyawards)
Sihanoukville (asiapropertyawards)

Alamat : Sihanoukville, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu ingin merasakan suasana lain yang diberikan oleh Kamboja, maka kamu bisa datang ke pesisir Kamboja dan nikmati angin sepoi – sepoi di Sihanoukville. Pada tempat wisata di Kamboja ini, kamu akan menyaksikan pantai dengan pasir putih yang indah, melakukan aktivitas scuba diving yang seru, snorkeling, berenang dan bahkan hanya duduk manis di pesisir menanti sunset tiba.

Kalau merasa lapar, kamu pun bisa mencicipi seafood di beberapa tempat penjualan seafood di sekitar Sihanoukville. Olahan seafood yang menggugah selera akan kamu temukan di sana dan dijual dengan harga yang sangat murah mulai dari USD 7 saja.

Tempat wisata di Kamboja ini lokasinya berjarak sekitar 4 jam dari pusat kota Phnom Phen dan 1 jam dari pusat kota Sihanoukville yang bisa diakses dengan naik bus atau menyewa tuktuk. Jika ingin menikmati pesona sunrise yang terkenal dengan golden sun terindahnya, kamu bisa bermalam di beberapa guest house yang terletak di bibir pantai Sihanoukville.

8. Cardamom Mountain

tempat wisata di Kamboja - Cardamom Mountain (intrepidtravel)
Cardamom Mountain (intrepidtravel)

Alamat : Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : USD 20

Masih membahas tentang wisata alam Kamboja, terdapat daerah pegunungan bernama Cardamom Mountain yang perlu kamu jelajahi. Pecinta trekking bisa banget berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kamboja yang menawarkan pemandangan alam sangat eksotis ini.

Cardamom Mountain merupakan satu – satunya hutan hujan terbesar di Asia Tenggara yang menyimpan cagar alam berupa pegunungan yang juga terdapat padang gurun di sana. Beragam jenis tanaman dan satwa akan menemani perjalanan kamu selama trekking di Cardamom Mountain.

tempat wisata di Kamboja - Cardamom Tented Camp (cardamomtentedcamp)
Cardamom Tented Camp (cardamomtentedcamp)

Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan suasana malam di Cardamom Mountain, tersedia area glamping yang disediakan bagi wisatawan. Area glamping tersebut bernama Cardamom Tented Camp. Cardamom Tented Camp ini terdapat di kawasan Taman Nasional Botum Sakor yang merupakan gagasan dari The Minor Group, YAANA Ventures and Wildlife Alliance. The Minor Group, YAANA Ventures and Wildlife Alliance merupakan aliansi peduli lingkungan untuk mencegah terganggunya konservasi hutan di Kamboja.

Namun untuk glamping pada area tempat wisata di Kamboja ini, kamu perlu mengorbankan biaya yang tidak sedikit, mulai dari $100 hingga $200 per malam tergantung jenis tenda glamping dan fasilitas yang disewa. Namun keamanannya sudah pasti terjaga dan banyak aktivitas seru bersama pemandu yang akan kamu rasakan.

9. Thmey Market

Thmey Market (evivatour)
Thmey Market (evivatour)

Alamat : Street 907, Phnom Penh, Kamboja
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Gratis

Last but not least, untuk kamu yang sedang mencari oleh – oleh untuk dibawa pulang, jangan lupa sempatkan waktu mampir di Thmey Market. Thmey Market ini merupakan sebuah pasar modern di Kamboja yang menjual berbagai macam pernak – pernik Kamboja.

Kalung, gelang, produk fashion, boneka, tas dan berbagai oleh – oleh Kamboja lainnya bisa kamu dapatkan di sini dengan harga miring. Kamu pun bisa mencari aneka ragam kuliner khas Kamboja di street food yang ada di kawasan Thmey Market.

Tujuan wisata yang mana lagi?

Untuk kamu yang sedang jalan – jalan di Kamboja, karena negara ini dekat dengan beberapa negara lain tak ada salahnya jika kamu turut melancong ke negara tetangga seperti Thailand atau Vietnam. Banyak loh tempat wisata unik yang bisa kamu temukan di sana.

Di Thailand khususnya, terdapat banyak tempat wisata sejarah selayaknya wisata sejarah yang dimiliki Kamboja. Informasinya baca : 10 Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 10 Tempat Wisata Thailand yang Instagramable

Sementara di Vietnam, pesona alam negara ini akan membuat kamu betah berlama – lama di sana. Pantai yang indah dan kawasan pegunungan yang syahdu akan membuat hari kamu menyenangkan. Informasi wisatanya, baca : 10 Tempat Wisata di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

Untuk menunjang perjalanan liburan kamu ke luar negeri, jangan lupa pastikan memesan tiket pesawat jauh – jauh hari agar mendapatkan harga yang murah. Tips trik pemesanan tiket pesawat ke luar negeri agar dapat harga murah, baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Kamu yang suka melancong ke luar negeri, jangan lupa untuk menemukan banyak cerita indah di Kamboja dan negara sekitarnya. Pengalaman liburan yang berkesan akan menjadi pengalaman kamu yang tak terlupakan.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!