21 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi
Jl. Kembang Jepun, Surabaya (bamsatya_)

21 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk didatangi. Kota Surabaya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, ataupun sendirian bagi para jomblo ngenes supaya tidak galau. Jadi, selagi berada di Surabaya, Anda wajib bertandang ke beberapa tempat wisata di Surabaya berikut ini:

1. Kembang Jepun – Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri

Jl. Kembang Jepun, Surabaya (bamsatya_)
Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri: Jl. Kembang Jepun, Surabaya (bamsatya_)

Bagi kamu yang akan berlibur ke Surabaya atau berada di Surabaya dan ingin berfoto ala-ala di negeri Tiongkok, area Kembang Jepun bisa menjadi salah satu pilihan wisatamu. Selain berfoto, rasanya sayang apabila tidak berkeliling dan merasakan kuliner di area ini.

Kawasan ini merupakan kawasan yang paling sibuk di Surabaya. Di siang hari banyak orang berlalu lalang untuk kegiatan jual beli. Sedangkan di malam hari jalanan ramai dengan penjual makanan yang menawarkan berbagai macam kuliner di sini.

Sebenarnya kuliner sudah ada dari pagi hari, tetapi di malam hari pedagangnya pun bertambah, sehingga kamu dapat mencoba kuliner dengan jenis makanan yang berbeda di pagi, siang dan malam hari.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul
Taman Bungkul

Penat dengan hiruk pikuk kantor dan perkotaan? Yuk, nikmati rindangnya pepohonan di taman ini. Posisinya sangat strategis, yaitu berada di tengah kota, di Darmo, Wonokromo.

Taman Bungkul sebenarnya adalah area wisata religi. Tempat ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul, salah satu ulama penyebar agama Islam. Namun, oleh pemerintah kota, lingkungan di sekitar kuburan dirapikan menjadi taman yang sangat menawan dengan fasilitas yang cukup komplet.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat bermain anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Tersedia pula arena bermain skateboard, BMX, dan jalur jogging. Pada bagian tengah, terdapat amfiteater terbuka bergaris tengah sepanjang 33 meter. Pada akhir pekan, di amfiteater ini sering digelar acara musik maupun pertunjukan menarik. Sarana taman juga semakin lengkap dengan adanya jaringan internet, keran air minum, dan penjaja beragam kuliner Surabaya yang tertata rapi.

3. Hutan Bambu Surabaya dan Taman Harmoni Keputih – Wisata Surabaya Seperti Jepang

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih
Wisata Surabaya Seperti Jepang: Hutan Bambu Surabaya dan Taman Harmoni Keputih

Tidak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang terletak bagian timur Kota Surabaya, yaitu di Jl. Raya Marina Asri, Keputih. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Surabaya ini untuk jalan-jalan, bersantai, bahkan untuk pemotretan pranikah. Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa mendapatkan foto yang Instagramable secara cuma-cuma.

Setelah menyusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada di belakang Terminal Keputih. Suasananya tidak kalah rindang dan ada banyak bunga yang indah. Termasuk pohon sakura yang menghiasi taman. Hal ini lah yang membuat banyak pelancong menyempatkan waktu ke Taman Harmoni. Tak sedikit orang menyebutnya taman sakura.

Jangan ragu membawa buah hati ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Di sini, mereka tidak akan merasa bosan. Sebab, ada arena anak-anak yang dilengkapi bermacam permainan.

Baca juga : Kunjungi Pantai-pantai Eksotis ini untuk liburan melepas penat

4. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo
Kebun Bibit Wonorejo

Lahan yang berada di pusat kota bagian tenggara ini sering juga disebut sebagai Kebun Bibit 2. Sedangkan, Kebun Bibit 1nya adalah Taman Flora, sebuah taman di daerah Bratang.

Sesuai namanya, tempat ini adalah lokasi bibit tanaman dikembangbiakkan sebelum ditanam di seluruh penjuru kota. Walaupun begitu, bukan hanya dipenuhi oleh tumbuhan, taman ini memiliki sarana rekreasi yang memadai. Contohnya ada area bermain anak, papan wall climbing anak, keran air minum, zona refleksi kaki, danau dengan dermaga kecil, rumah anggrek, rumah kompos, dan sentra wisata kuliner.

Walaupun Surabaya panasnya menyengat, melihat pemandangan di kebun ini dijamin membuat hati terasa sejuk. Ditambah dengan kehadiran beberapa ekor satwa, seperti rusa dan bebek, menambah kesan natural pada alam sekitar tempat wisata di Surabaya ini. Beruntungnya, semua ini dapat dinikmati publik secara gratis dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Baca Juga : Wajib coba kuliner menarrik ini jika mampir ke Surabaya!

5. Tugu Pahlawan – Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi

Tugu Pahlawan
Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi: Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

6. Taman Prestasi

Taman Prestasi
Taman Prestasi

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini letaknya berada di Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, yaitu pusat kota agak ke utara. Namanya berasal dari banyaknya replika penghargaan yang terdapat pada taman ini. Asyiknya, selain tidak ada biaya masuk, kelengkapan fasilitas pendukung di taman ini juga patut diacungi jempol. Di area ini tersedia jaringan internet nirkabel, balai pelatihan Broadband Learning Center (BLC), sentra kuliner, dan tempat bermain anak dengan 34 buah permainan yang sangat bervariasi.

Nah, aktivitas yang menjadi highlight di Taman Prestasi adalah wisata menyusuri Sungai Kalimas dengan perahu motor. Harganya hanya Rp. 4.000 saja per orang dan gratis untuk anak di bawah 2 tahun. Waktunya? Sabtu mulai pukul 6 sore sampai 9 malam, dan Minggu mulai pukul 7 pagi sampai 12 siang, lalu dilanjutkan pukul 6 sore sampai 9 malam. Yuk, kita nikmati cantiknya pemandangan kerlap-kerlip lampu malam Surabaya dari atas perahu.

7. Pantai Ria Kenjeran Park

Pantai Ria Kenjeran Park
Pantai Ria Kenjeran Park

Posisinya berada di Kota Surabaya bagian timur laut. Sekitar 1 kilometer dari Pantai Kenjeran Lama. Biaya masuk ke kawasan pantai indah ini adalah seharga Rp. 15.000 per orang, sedangkan parkirnya Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 8.000 untuk motor.

Dengan harga yang terjangkau tersebut, di tempat wisata di Surabaya ini kamu dapat melihat indahnya langit saat matahari terbit atau tenggelam, berenang, bermain pasir di pantai, serta menikmati bangunan berarsitektur khas Tiongkok. Ada beberapa bangunan wihara yang memiliki desain apik. Misalnya, bangunan Tian Ti yang merupakan replika Temple of Heaven di Tiongkok, replika Buddha Catur Muka di Thailand, Sanggar Agung yang memiliki desain perpaduan Bali dan Tiongkok, serta patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 20 meter yang disertai patung naga.

Dengan membayar sedikit biaya tambahan, kamu pun dapat mencoba aktivitas lain. Umpamanya bermain air di Kenjeran Waterpark dengan tiket Rp. 20.000 pada hari kerja atau Rp. 25.000 pada akhir pekan. Bisa juga mengunjungi arena berkuda, kolam pemancingan, arena go-kart, atau taman bermain.

Seandainya datang berkunjung ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini, jangan lewatkan berfoto dekat Jembatan Suroboyo dengan latar belakang Kampung Bulak. Wilayah tersebut dikenal dengan sebutan ‘Kampung Warna-Warni’. Pasalnya, rumah-rumah di sana dicat dengan warna terang yang ceria! Bagus sekali untuk lokasi foto!

8. Klenteng Sanggar Agung – Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri

Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)
Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri: Wisata Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)

Klenteng ini merupakan salah satu klenteng yang cukup besar, didirikan di atas tanah seluas 4,000 meter persegi. Berada di tengah-tengah hutan mangrove serta menghadap ke arah pantai, membuat klenteng ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Yang membuat kelenteng yang dibuka pada tahun 1999 ini unik, adalah berdirinya patung Dewi Kwan Im setinggi 20m yang terletak di tepi laut. Patung ini dibangung karena dipercaya ada karyawan klenteng yang melihat perempuan berjubah putih berjalan di atas air pada suatu malam, dan dipercaya perempuan itu adalah Dewi Kwan Im.

Harga tiket masuknya gratis, hanya membayar parkir sesuai dengan kendaraan yang kamu bawa.

9. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove
Ekowisata Mangrove

Tahukah Anda apa itu mangrove? Mangrove adalah hutan bakau yang biasanya ditanam di sekitar pantai untuk menghambat derasnya air laut yang menuju daratan. Tujuannya adalah untuk menghindari abrasi dan bencana alam seperti misalnya luapan air laut. Namun, ternyata Mangrove tidak hanya bermanfaat untuk menjaga daratan, tetapi juga memiliki fungsi sebagai tempat tamasya.

Contohnya adalah tempat wisata yang terdapat di area pantai timur kota Surabaya ini. Letaknya di Jl. Raya Wonorejo, Rungkut. Tempat wisata di Surabaya ini dibuka untuk umum setiap akhir pekan, mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Banyak pengunjung datang untuk menikmati hijaunya tanaman bakau dengan cara berjalan kaki di jalur papan kayu, atau bisa juga menyusuri area hutan bakau di pantai dengan menggunakan kapal. Cukup dengan membayar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak, Anda sudah bisa menyusuri tempat wisata di Surabaya ini dengan kapal.

Baca juga : 10 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Terkenal

10. Rumah Batik

Rumah Batik
Rumah Batik

Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

11. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Masih membahas tempat wisata di Surabaya bertema alam, ini dia tempat wisata di Surabaya yang sudah berhasil menjadi favorit sepanjang masa. Posisinya berada di tengah kota, dekat dengan patung Sura dan Boyo, yaitu Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya adalah Rp. 15.000 pada hari kerja dan Rp. 20.000 pada akhir pekan dan libur nasional. Jam bukanya dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya cukup lengkap, bahkan tempat wisata di Surabaya ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 jenis binatang. Karena hal inilah, tempat wisata ini adalah tempat yang sempurna untuk menambah wawasan diri dan mengenalkan buah hati tentang alam dan hewan.

Baca juga : Punya rencana Traveling ? Cek dulu hari liburnya!

Pemandangan asri dan tingkah laku para hewan yang menggemaskan akan membuat pikiran rileks dan lupa bahwa Anda sedang berada di tengah-tengah kota metropolitan. Seumpama kemari, disarankan untuk datang pada pagi hari karena kebun binatang ini cukup luas dan membutuhkan kurang lebih 2 jam untuk mengelilinginya.

12. Taman Hiburan Rakyat (THR)

Taman Hiburan Rakyat
Taman Hiburan Rakyat

Rekomendasi tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah sebuah tempat hiburan murah meriah yang berada di Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Tambaksari yang merupakan pusat kota bagian utara, dekat Taman Makam Pahlawan dan Hi-Tech Mall. Taman bermain ini sangat luas dan memiliki banyak variasi wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Mulai dari kereta api mini, roller coaster, komidi putar, rumah hantu, boom boom car, dan lain sebagainya. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi pula dengan panggung hiburan dan beragam pilihan kuliner khas Surabaya.

Harga tiket masuknya adalah Rp. 15.000 dan per wahana berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000, sedangkan harga paket 5 wahana adalah Rp. 30.000. Selain itu, ada juga tiket terusan yang sudah termasuk tiket masuk dan main wahana sepuasnya seharga Rp. 50.000. Waktu operasionalnya adalah pada hari Senin dan Selasa mulai pukul setengah 4 sore sampai dengan pukul 10 malam, Rabu sampai Jumat mulai pukul 3 sore sampai dengan pukul 10 malam, Sabtu pukul 3 sore sampai setengah 11 malam, dan Minggu dari jam 9 pagi sampai setengah 11 malam. Jangan sampai salah waktu ya.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dicoba

13. Skate & BMX Park

Skate & BMX Park
Skate & BMX Park

Surga bagi kamu yang menggemari skate board, sepatu roda, dan sepeda BMX. Di tempat wisata di Surabaya ini ada arena luncur mulai dari yang landai hingga yang terjal. Banyak muda-mudi yang datang untuk berlatih dan memamerkan kemampuan mereka. Atraksi mereka tak jarang mengundang decak kagum. Tidak perlu harus ikut bermain, menonton saja sudah bisa menjadi hiburan yang menyenangkan kok.

Oh ya, di tempat wisata di Surabaya ini juga ada replika patung Sura dan Baya, maskot Surabaya yang terkenal. Bedanya dengan yang asli, Sura si ikan hiunya menyemburkan air Sungai Kalimas. Jadi, tidak kalah keren dengan patung Merlion di Singapura! Coba juga datang kemari malam-malam, Anda bisa melihat jembatan Delta dan suasana yang berhias kerlip lampu yang memukau.

14. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum

Hobi swafoto dan mengunggahnya ke media sosial? Nah, ini adalah tempat wisata di Surabaya yang sempurna untuk Anda. Museum 3 dimensi ini memiliki ratusan koleksi gambar yang menciptakan ilusi pada mata sehingga terlihat hidup dan nyata. Kamu dapat terlihat seperti sedang berfoto dengan tokoh dunia terkenal, sedang memanjat gedung pencakar langit, dan lain-lain. Seru sekali deh!

Letaknya berada di Surabaya Town Square, Jl. Hayam Wuruk No. 6, Sawunggaling, Wonokromo, dekat dengan Kebun Binatang Surabaya. Tempat rekreasi ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam dengan harga tiket masuk Rp. 50.000 per orang. Mungkin terkesan mahal, tapi dijamin sebanding dengan kegembiraan yang kamu dapatkan. Apalagi, De Mata Trick Eye Museum tidak kalah keren dengan museum serupa yang ada di luar negeri plus memiliki kelebihan banyak mengandung unsur nusantara.

15. Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park
Surabaya Carnival Park

Rekomendasi tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah sebuah taman bermain bergaya modern yang ceria. Letaknya berada di pinggiran selatan Kota Surabaya, yaitu di Jl. Ahmad Yani No.333, Gayungan. Harga tiket masuknya Rp. 60.000 untuk hari kerja dan Rp. 80.000 untuk akhir pekan, sedangkan untuk Kids Playnya ada;ah seharga Rp. 50.000 pada hari kerja dan Rp. 60.000 pada akhir pekan. Jam buka tempat wisata ini adalah hari Senin sampai Kamis pukul 5 sore sampai 11 malam, sedangkan Jumat sampai Minggu dari pukul 4 sore sampai 11 malam.

Wahana permainannya cukup beragam, misalnya Kocar-Kacir, mobil-mobilan, roller coaster, perang laser, Gondal-Gandul, bianglala, dan lainnya. Selain dilengkapi dengan fasilitas yang bersih dan terawat, di tempat wisata ini juga tidak jarang ada parade aneka kostum yang unik. Tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat yang sempurna untuk menghibur diri atau menghabiskan malam bersama orang terkasih.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

16. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay
Surabaya North Quay

Tempat ini sebenarnya adalah bagian dari gedung Gapura Surya Nusantara, sebuah terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak. Namun, oleh pemerintah Surabaya didesain dan ditujukan untuk khalayak umum. Alasannya, letaknya strategis menghadap ke laut Surabaya dan cocok sebagai sebuah tempat rekreasi.

Dari pintu masuk, jalur menuju Surabaya North Quay – yakni bagian ruang tunggu terminal – sangat bersih dan memiliki desain modern bak sebuah bandara internasional. Beberapa sudut ruangan juga didekorasi dengan berbagai ornamen cantik khas Jawa Timur. Sarana yang tersedia pun komplet, termasuk jaringan internet gratis dan aneka restoran lezat.

Sampai pada bagian dermaga, Anda bisa duduk bersantai menikmati live music sambil merasakan sepoi angin laut. Saksikan juga panorama memikat berupa matahari tenggelam, bentangan laut, dan jembatan Suramadu dari kejauhan. Terkadang, ada kapal pesiar yang berlabuh sehingga kita bisa berfoto layaknya orang yang akan melancong. Semua itu membuat tempat yang buka setiap Selasa sampai Jumat dari pukul 11 pagi sampai 9 malam ini asyik untuk nongkrong gratis.

17. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark

Yuk sejenak kita lupakan panasnya Kota Surabaya dengan bermain air di taman wisata air yang terletak di Sambikerep, Made, pinggiran barat Kota Surabaya ini. Cipratan dan guyuran air dijamin akan membuat badan dan pikiran Anda kembali segar. Ditambah lagi, tempat wisata di Surabaya yang satu ini mempunyai wahana permainan yang begitu menarik.

Coba saja jelajahi kolam bermenara cantik bak istana dalam dongeng yang dihubungkan oleh jembatan goyang. Pacu adrenalin dengan menaiki seluncuran berair Roc Tower setinggi 15 meter yang panjang dan berkelok-kelok. Rasakan dahsyatnya siraman air dari sebuah tong raksasa, berkapasitas 3000 liter air. Ajak juga si kecil bermain di Marina Lagoon, kolam renang anak-anak yang dangkal dan dilengkapi dengan berbagai permainan. Kalau ada waktu, nikmati juga permainan lain yang ada.

Nah, Ciputra Waterpark buka dari hari Selasa sampai Jumat dari pukul 1 siang sampai 7 malam dengan harga tiket masuk Rp.110.000, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tempat wisata ini buka mulai pukul 10 pagi sampai 7 malam dengan harga tiket masuk Rp. 130.000. Harganya memang lebih tinggi dari kolam renang biasa, tapi sebanding dengan pengalaman yang membuat Anda ingin datang lagi dan lagi.

Baca juga : 12 Tips Penting Mencari Tiket Pesawat Murah!

18. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam

Surabaya dijuluki dengan sebutan Kota Pahlawan karena banyaknya peristiwa penting pengukir sejarah yang terjadi di kota ini. Karenanya, selagi di Surabaya, bagaimana kalau menyempatkan diri berwisata ke masa lalu? Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat yang terletak di daerah Genteng ini.

Monumen ini memang kapal selam sungguhan bernama KRI Pasopati 410 yang dulu ikut digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda, tetapi saat ini sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Di dalamnya, kita dapat melihat bagian dalam kapal yang berupa bilik-bilik kecil. Ada juga ruang audio visual yang menayangkan film dokumentasi tentang sejarah kapal ini.

Monkasel buka dari jam 8 pagi sampai 8 malam pada hari Senin sampai Jumat, dan dari jam 8 pagi sampai 9 malam pada akhir pekan. Harga tiket masuknya tidak mahal, hanya Rp. 10.000 saja. Ya, wisata ekonomis tapi dapat membuat diri menyadari dan lebih menghargai perjuangan pahlawan kita.

19. Museum Surabaya

Museum Surabaya
Museum Surabaya

Tempat ini baru diresmikan pada tanggal 3 Mei 2015, tapi cukup menarik minat masyarakat untuk mendatanginya. Letaknya berada di tengah kota, yaitu di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Genteng. Museum Surabaya berada di lantai 1 bangunan tersebut, sisanya ditempati oleh beberapa kantor layanan masyarakat dan sentra UKM.

Saat mengunjungi tempat ini, kita bisa melihat perkembangan kota Surabaya, serta barang-barang bernilai sejarah peninggalan masyarakat dan pemerintah kota sejak wali kota pertama hingga sekarang. Misalnya, meriam sewaktu perang, replika biola milik W. R. Supratman, meja dan kursi sekolah tahun 1950an, buku administrasi kependudukan jaman dahulu, ketel uap abad 18, dan lain-lain. Nah, koleksi tersebut dapat dinikmati setiap hari antara pukul 9 pagi sampai 9 malam secara cuma-cuma. Asyik, kan?

Baca juga : 19+ Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di Tahun Ini

Tempat Wisata Kuliner Surabaya

Selain tempat-tempat wisata, tentunya Surabaya juga memiliki hidangan-hidangan yang dapat membuat lidahmu bergoyang. Tapi kira-kira apa saja tempat wisata kuliner Surabaya yang wajib kamu kunjungi? Berikut beberapa di antaranya:

1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya - Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga menjadi kuliner khas Kota Pahlawan yang tak boleh kamu lewatkan. Salah satu tempat populer yang menjualnya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang terletak di Jalan Prof. Dr. Moestopo (sebelumnya di Jalan Kranggan).

Tempat wisata kuliner yang telah dirintis sejak tahun 1956 ini sekarang dikelola oleh generasi ketiga, namun rasanya tak berubah sejak pertama kali disajikan. Perpaduan antara lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petisnya sangat pas dan menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezat. Kamu juga bisa memesan sate kerang dan es kelapa muda sebagai teman bersantap.

2. Nasi Bebek ‘Sayank Anak’ Pak Yudi

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya - Nasi Bebek ‘Sayang Anak’ Cak Yudi
Nasi Bebek ‘Sayank Anak’ Pak Yudi

Jangan lupa menikmati kelezatan nasi bebek di kawasan Tanjung Perak, Surabaya ini. Tempat wisata kuliner yang telah berdiri sejak tahun 1982 ini mampu menyajikan bebek dengan daging empuk, gurih dan tanpa bau amis. Satu lagi yang menjadi ciri khas nasi bebek ini adalah sambel pencit atau sambal mangga muda.

Tempat wisata kuliner yang beralamat di Jalan Tanjung Torowitan No. 39 ini hanya buka sebentar saja, mulai pukul 15:00 sampai 18:00. Bahkan, tak jarang sebelum jam enam sore, Nasi Bebek Pak Yudi sudah tutup karena kehabisan bebek. Jadi, jika kamu ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal.

3. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rugilah kamu jika berada di Surabaya, namun tak mencicipi rujak cingur. Kuliner khas Surabaya berbahan cingur atau hidung sapi ini mudah ditemui di banyak tempat makan, tapi sebaiknya kamu datang ke Jalan Ahmad Jaiz No. 40.

Rujak cingur di sini memang dipatok dengan harga yang lebih mahal dibanding harga rujak cingur pada umumnya, namun kelezatannya membuat kamu merasa uang yang kamu keluarkan sepadan dengan rasanya. Di sini, cingur diolah dengan teknik khusus sehingga teksturnya lebih empuk, kenyal dan tak berbau amis.

Nyonya Giok Tjoe (82 tahun) yang merupakan pemilik rumah makan ini, masih mengulek sendiri bumbu rujak cingurnya. Sehingga bisa dipastikan bahwa cita rasa kuliner ini tak berubah sejak pertama kali dibuka pada tahun 1970an dahulu.

Tempat Wisata Kuliner Surabaya Lainnya

Masih banyak hidangan Surabaya lainnya yang belum disebutkan di atas. Untuk daftar lengkapnya, kamu dapat melihatnya di: 11 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

2 comments
  • Tempat2 wisata itu milik siapa? Karena banyak tempat2 wisata besar hari ini adalah milik kelompok2 bisnis swasta, bukan milik Pemda setempat. Kalo milik swasta, berkurang kagum saya, malahan cenderung sedih, karena berarti sebagian sisi menarik salah satu kota besar di Indonesia, sudah dimiliki dan dikuasai oleh swasta, apalagi kalo swasta aseng. Sama rasanya sewaktu tahu banyak situs wisata di puncak yg lahannya luas2 dimiliki dan dioperasikan oleh swasta aseng. Sedih

    • Halo kak, memang ada beberapa yang bukan milik pemda setempat, tapi bukankah alangkah baiknya kita juga menghargai tempat wisata milik swasta? Biarkan mereka bersaing antar swasta dan swasta, maupun swasta dan pemda. Persaingan diperlukan untuk saling berkembang bersama-sama. 😊 Dan alangkah baiknya kalo kita mengesampingkan ras dalam memberikan penilaian karena tidak relevan dalam konteksnya, dan mereka juga merupakan warga negara Indonesia. Selalu memegang teguh Bhineka Tunggal Ika ya.

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!