10 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

Masjid Agung Jawa Tengah
Share ke teman kamu

Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan juga merupakan kota terbesar ke 5 di Indonesia. Walaupun tidak seterkenal kota wisata lain, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Semarang yang paling terkenal?

1. Pantai Maron

Pantai Maron

Pantai Maron

Berlokasi hanya beberapa ratus meter di utara Bandara Ahmad Yani Semarang, Pantai Maron adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang ada di sebelah barat. Pantai Maron menawarkan keindahan pantai yang eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan sekitar Semarang pada akhir pekan. Apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Maron, perlu di ingat bahwa jalan menuju tempat ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, sehingga apabila hujan jalanan tersebut akan menjadi licin. Harga tiket masuk Pantai Maron adalah 3,000 Rupiah.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah 10,000 Rupiah.

3. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Dengan luas lebih dari 2 hektar, Kampoeng Wisata Taman Lele mempunyai berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi keluarga. Fasiltias yang dimiliki Kampoeng Wisata Taman Lele yaitu kolam renang, danau buatan, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, dan tempat pertunjukan. Jalan Walisongo, harga tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele adalah 2,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Sabtu, dan 3,500 Rupiah pada hari minggu.

4. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Pantai Marina adalah tempat wisata di Semarang yang paling disukai untuk kegiatan lari pagi atau jogging. Pantai yang terletak di sebuah perumahan ini mempunyai fasilitas kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan.

5. Pantai Tirang

Pantai Tirang

Pantai Tirang

Pantai Tirang adalah sebuah pantai biru dan bersih yang berlokasi dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Berjarak sekitar 5 KM dari Pantai Marina, Pantai Tirang  merupakan pantai favorit para pemancing ikan kakap putih dan ikan kerapu. Selain itu, di Pantai Tirang juga terdapat hutan bakau yang menarik untuk dilihat. Pantai Tirang cocok untuk anda yang lebih menyukai suasana pantai yang sepi.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya. Gajah Raya adalah salah satu masjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi bukan hanya untuk beribadah saja, melainkan untuk kegiatan wisata juga. Diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki luas lebih dari 7,500 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16,000 jamaah. Selain bangunan utama masjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain.

7. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet . Sebelum anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, saya sarankan siapkan terlebih dahulu badan anda dan istirahatlah yang cukup karena anda kan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

8. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Buddhagaya Watugong yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk bangunannya.

9. Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia yang berlokasi di Jalan Sriwijaya adalah sebuah tempat wisata di Semarang yang buka sejak tahun 2007. Taman Rekreasi Wonderia mempunyai banyak permainan menarik dan menyenangkan seperti Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, Merry Go Round, dan Typhoon Coaster sehingga sangat cocok untuk anda yang mempunyai anak kecil. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wonderia adalah 5,000 Rupiah.

10. Curug Benowo

Curug Benowo

Curug Benowo

Curug Benowo adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Gunung Ungaran, Semarang dan merupakan air terjun favorit di sekitar Semarang bagi para pecinta alam. Namun, tempat wisata Curug Benowo ini kurang cocok untuk wisata keluarga kalau menurut saya, karena perjalanan ke air terjun Curug Benowo cukup sulit dan melelahkan, kira-kira sekitar 2 jam berjalan kaki di medan yang sempit dan berbatu namun mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alami.

10 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal
4.47 (89.36%) 47 votes










Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

11 thoughts on “10 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

  1. tempat-tempat wisata semarang di atas sangatlah indah menarik, sehingga tidak heran semua tempat wisata tersebut masuk dalam kategori tempat wisata terkenal atau pavorite di semarang, sebab setiap tahun tidak pernah sepi pengunjung.

  2. aq suka semuanya tapi aq paling suka lawang sewu pertama masuk langsung merinding takutttttt, tapi seru juga bisa buat selvie hehehehe

  3. Curug Benowo lebih asik dipasangkan langsung dengan Curug Lawe sepertinya, karena kedua curug ini berdekatan dan sama-sama menjadi favorit. Kalau boleh jujur malah Curug Lawe lebih cantik dan selalu ramai pengunjung.

  4. Wiiiihhhh… Asik juga ni Semarang. taunya selama ini cuma Lawang Sewu, Gereja Blenduk dan Kota Lama sama terakhir Lumpianya yang yahuuuudddd :d

    Bisa lah dijadikan bahan untuk mengulas tentang Kota Semarang ni.. Hehehe

    Terima kasih dan sukses selalu. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *