10+ Tempat Wisata Alam Filipina Paling Instagenik
Sohoton Cove (voyageinstyle)

10+ Tempat Wisata Alam Filipina Paling Instagenik

Sebagai sebuah negara yang secara geografis berada di sebelah utara Indonesia dan posisinya sangat dekat, Filipina menjadi salah satu negara tujuan favorit wisatawan Indonesia. Ada banyak tempat wisata Filipina yang dapat dikunjungi masyarakat Indonesia yang berlibur di sana.

Selain museum atau pun kota tua yang penuh sejarah, tempat wisata lain seperti wisata pantai, perbukitan, hutan, dan wisata modern lain bisa dikunjungi juga. Berikut rekomendasi tempat wisata Filipina paling bagus untuk difoto yang cocok jadi tujuan wisata kamu di Filipina. Let’s check these out!

Tempat Wisata Alam Filipina Paling Instagenik

1. The Alicia Panoramic Park

tempat wisata Filipina - The Alicia Panoramic Park (facebook)
The Alicia Panoramic Park (facebook)

Alamat : The Alicia Panoramic Park Souvenirs, Alicia, Bohol, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : PHP 300 untuk one day trip (trip satu hari), PHP 500 untuk camping

Kalau kamu suka pergi ke tempat wisata yang memiliki view alam mengesankan dan trek menarik, maka sangat dianjurkan agar kamu pergi ke tempat wisata Filipina The Alicia Panoramic Park ini. Perjalanan trekking melintasi jalur perbukitan berkelok harus kamu takhlukkan dengan lama waktu sekitar 4 jam sebelum sampai di puncak The Alicia Panoramic Park yang mengesankan.

Karena jalur trekking di sini cukup panjang, kamu wajib membawa bekal minuman dan makanan ketika berlibur di The Alicia Panoramic Park agar tidak kelaparan atau kehausan. Bekal yang kamu bawa juga bisa dinikmati sembari menyaksikan pemandangan indah dan menikmati semilir angin di atas puncak.

Pastinya pemandangan alam Bohol dari ketinggian, awan kebiruan yang penuh pesona, rerumputan dan pepohonan hijau yang menjadi teman, semua itu akan kamu nikmati ketika sudah menempuh perjalanan trekking panjang dan berada di puncak tempat wisata Filipina ini.

Untuk bisa sampai di The Alicia Panoramic Park, ada dua alternatif transportasi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan bus. Jika kamu berangkat ke The Alicia Panoramic Park menggunakan bus, maka perjalanan dimulai dari Terminal Bus Dao yang ada di Kota Tagbilaran, Filipina menuju ke Municipality Hall of Alicia. Perjalanan yang harus dilalui kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam barulah kamu bisa melanjutkan trekking untuk menikmati indahnya puncak The Alicia Panoramic Park.

2. The Hinatuan Enchanted River

tempat wisata Filipina - The Hinatuan Enchanted River (archipelago)
The Hinatuan Enchanted River (archipelago)

Alamat : Surigao del Sur, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : PHP 40

The Hinatuan Enchanted River merupakan sebuah sungai musim semi di Pulau Mindanao Filipina yang memiliki panjang 300 meter.

Sungai ini memiliki aliran air yang mengalir ke laut Filipina dan Samudera Pasifik sehingga menyebabkan rasa air sungai ini asin. Ikan air tawar pun tak akan bisa kamu temukan hidup di sini. Sehingga meski air sungainya sangat jernih, tidak ada pemandangan ikan berenang atau berlalu lalang di The Hinatuan Enchanted River ini, hanya bebatuan yang tampak terlihat jelas dari permukaan.

Ada hal menarik lain yang kamu harus tahu tentang The Hinatuan Enchanted River yaitu fakta bahwa sungai ini tidak memiliki dasar sebagaimana sungai lainnya. Bahkan sampai saat ini sudah banyak penyelam dan peneliti yang datang untuk membuktikan dasar sungainya namun tidak pernah bertemu.

Semakin menyelam ke dasar, yang bisa ditemukan hanyalah goa dengan banyak cabang. Goa di dalam sungai ini merupakan pintu masuk air bawah tanah yang terletak sekitar 35 meter di bawah permukaan sungai. Panjang goanya mencapai 654 meter menuju titik Laut Filipina.

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke tempat wisata Filipina anti mainstream ini, kamu bisa segera memesan tiket pesawat ke Filipina sekarang juga. Pastikan kamu sudah tahu tips dan triknya untuk mendapatkan tiket pesawat murah sebelum benar – benar booking tiket pesawat. Informasi selengkapnya, baca : Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Baca juga : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

3. Sohoton Cove

tempat wisata Filipina - Sohoton Cove (voyageinstyle)
Sohoton Cove (voyageinstyle)

Alamat : Socorro, Surigao del Norte, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 16.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : PHP 50 untuk wisatawan domestik, PHP 150 untuk wisatawan mancanegara (belum termasuk biaya sewa perahu jika ingin keliling Sohoton Cove)

Di Sohoton Cove ini, kamu seakan dibawa menuju ke dunia yang memiliki atmosfer sepenuhnya baru. Tebing dengan susunan batu yang tak biasa, hutan lebat di pinggiran dan airnya yang sangat jernih menjadi sebuah pemandangan yang bisa kamu temukan di Sohoton Cove ini.

Selain bisa berendam atau berenang, kamu juga bisa melakukan aktivitas caving adventure atau susur sungai dengan menggunakan perahu. Jika kamu tertarik melakukan aktivitas ini, kamu perlu membayar biaya sewa perahunya sebesar PHP 100 per boat. Selama perjalanan susur sungai kamu lalui, bisa dipastikan bahwa keindahan alam yang ditawarkan membuat pengalaman wisata di Sohotan Cove tak mudah dilupakan.

Untuk bisa sampai di Sohoton Cove, kamu bisa menyewa motor dari General Luna ke Dapa atau menggunakan tuk tuk. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Socorro dengan menggunakan kapal feri dengan lama waktu tempuh sekitar satu jam.

4. Osmena Peak

tempat wisata Filipina - Osmena Peak (journeyera)
Osmena Peak (journeyera)

Alamat : Badian, Cebu, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : PHP 30

Osmena Peak merupakan titik paling tinggi di Pulau Cebu karena berada di atas ketinggian 1.013 meter di atas permukaan laut. Di sini, pemandangan alam yang sangat epik akan kamu nikmati.

Kamu dapat menyaksikan pemandangan sekumpulan bukit padang rumput dan pantai dari atas ketinggian. Buat kamu yang suka trekking ke puncak, bisa dipastikan perjalanan kamu menuju Osmena Peak akan menjadi sebuah perjalanan wisata yang sangat mengesankan. Dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam untuk bisa sampai di atas puncak Osmena Peak.

Pesona keindahan alam yang ditawarkan semakin terlihat sangat indah ketika menjelang malam atau menjelang pagi karena matahari berwarna jingga menghias alam dan langit Osmena Peak.

5. Gunung Pinatubo

tempat wisata Filipina - Gunung Pinatubo (wisatafilipina)
Gunung Pinatubo (wisatafilipina)

Alamat : Pampanga, Tarlac, Zambales
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : PHP 200 untuk wisatawan domestik dan PHP 300 untuk wisatawan mancanegara

Gunung Pinatubo merupakan sebuah stratovolcano aktif yang ketinggiannya mencapai 1.486 mdpl. Gunung ini meletus terakhir kali pada tahun 1991 dan letusan tersebut merupakan letusan terbesar kedua yang terjadi pada abad ke-20.

Sampai sekarang Gunung Pinatubo masih dibuka untuk umum dan sering menjadi tujuan tempat wisata Filipina terbaik khususnya bagi wisatawan yang suka wisata alam. Untuk kamu yang tertarik datang ke tempat wisata Filipina ini, ada beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sini seperti :

Trekking menuju puncak

tempat wisata Filipina - Gunung Pinatubo trekking (bundachila)
Gunung Pinatubo trekking (bundachila)

Untuk menuju puncak, trekking memang harus kamu lakukan. Walau capek, pemandangan yang ditawarkan selama trekking akan membuat kamu lupa dengan rasa lelah yang kamu rasakan sebelumnya. Selama perjalanan trekking, kamu akan melewati Crow Valley Canyon yang menghadirkan setting pemandangan alam berwarna kelabu dengan lembah dan jurang.

Berinteraksi dengan penduduk suku Aeta

tempat wisata Filipina - suku Aeta (depositphotos)
suku Aeta (depositphotos)

Tak jauh dari lokasi trekking, kamu akan menemukan semua pemukiman penduduk yang didiami oleh suku Aeta. Suku Aeta ini merupakan suku tertua di Filipina yang melakukan migrasi ke sini 10.000 tahun yang lalu.

Danau kaldera yang indah

Danau kaldera Gunung Pinatubo (duniadanlangkahku)
Danau kaldera Gunung Pinatubo (duniadanlangkahku)

Setelah sampai di puncak Gunung Pinatubo, selain panorama alam yang indah dari atas ketinggian kamu juga akan menyaksikan pemandangan danau kaldera yang terbentuk secara alami karena letusan yang terjadi tahun 1991 silam.

Untuk menyaksikan sunrise terindah di Gunung Pinatubo, dianjurkan agar kamu melakukan camping di sini. Kamu bisa izin terlebih dahulu kepada petugas jaga jika memang ingin camping dan pastikan kamu membawa berbagai macam peralatan camping yang dibutuhkan.

Apa saja peralatan camping yang perlu kamu bawa, baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

6. Manjuyod Sandbar

Manjuyod Sandbar Philippines (traveloka)
Manjuyod Sandbar Philippines (traveloka)

Alamat : Negros Oriental, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis, hanya perlu membayar biaya transportasi menuju ke Manjuyod Sandbar

Manjuyod Sandbar merupakan sebuah pulau dengan area seluas 264,6 km persegi dan disebut – sebut sebagai Maldives-nya Filipina. Kamu akan menyaksikan pasir putih yang indah, laut biru yang sangat jernih dan ombak yang tenang selama berwisata ke tempat wisata Filipina ini.

Terdapat beberapa cottage di pinggiran pantai yang bisa kamu sewa untuk bermalam jika memang ingin menginap dan menyaksikan pesona sunrise indah ala Manjuyod Sandbar. Banyak aktivitas pantai yang bisa kamu lakukan di sini. Selain bisa bersantai di tepian pantai, kamu juga bisa jalan – jalan ke tengah laut menggunakan perahu. Jika memang beruntung, kamu bisa bertemu dengan spesies lumba – lumba yang sedang beraksi.

7. Siargao Island

tempat wisata Filipina - Siargao Island (metro.co)
Siargao Island (metro.co)

Alamat : Caraga, Surigao del Norte
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : PHP 100

Tidak menawarkan ombak yang lembut dan indah sebagaimana yang bisa dinikmati di Manjuyod Sandbar, Siargao Island justru merupakan sebuah pulau dengan ombak besar dan menantang. Karena ombak besar dan menantang tersebut, Siargao Island dikenal sebagai tempat wisata Filipina terbaik untuk pecinta surfing.

Kamu yang punya hobi berselancar wajib datang ke sini. Para peselancar profesional pun seringkali datang ke sini utamanya pada bulan Agustus sampai dengan bulan September karena pada bulan – bulan tersebut ombak pantai sedang besar – besarnya.

Selain bisa melakukan aktivitas surfing, kamu pun bisa menikmati vegetasi hutan bakau di sekitar pulau. Kamu juga bisa mengabadikan momen dengan membidik foto keren selama berada di Siargao Island.

8. Manila Ocean Park

Manila Ocean Park (travel.okezone)
Manila Ocean Park (travel.okezone)

Alamat : Quirino Grandstand, 666 Behind, Ermita, Manila, 1000 Metro Manila, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 18.00 waktu setempat
Harga tiket masuk : Rentang harga tiket mulai PHP 590 sampai PHP 2,985 tergantung paket tiket masuk yang kamu pilih

Manila Ocean Park merupakan sebuah tempat wisata modern yang hadir dengan konsep oceanarium yang dibuka pertama kali pada tanggal 1 Maret 2008. Tempat wisata Filipina ini merupakan sebuah tempat wisata paling hits dan keren di Filipina yang dimiliki oleh anak perusahaan Tiongkok Oceanis Group Ltd yaitu China Oceanis Filipina Inc.

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi seperti sedang berjalan – jalan di sebuah aquarium raksasa dengan aneka ragam biota laut hidup di dalamnya, bisa langsung datang ke Manila Ocean Park ini. Sebagai sebuah oceanarium terbesar, saat ini Manila Ocean Park bahkan diakui menjadi sebuah oceanarium yang lebih besar dibandingkan Sentosa Underwater World yang ada di Singapura.

Manila Ocean Park memiliki volume air mencapai 8000 meter kubik dengan kedalaman 25 meter. Terowongan kaca yang menyimpan aneka biota laut di dalamnya terbuat dari kaca akrilik yang sudah teruji anti pecah dan tahan terhadap berbagai bentuk benturan sehingga kamu nggak perlu khawatir ikan raksasa yang berenang di dalam oceanarium bisa memecah kaca dan keluar.

Selain dapat menyaksikan ikan menari dalam sebuah terowongan kaca, spot yang juga menarik di Manila Ocean Park ini adalah spot Mermaid Swim Experience Museum. Buat kamu yang suka banget dengan mermaid, wajib ke sini karena kamu akan didandani seperti seorang mermaid yang belajar berenang. Juga terdapat pertunjukan Symphony Fountain Show yang bisa kamu nikmati.

9. Saud Beach

tempat wisata Filipina - Saud Beach (idntimes)
Saud Beach (idntimes)

Alamat : Pagudpud, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : PHP 50

Saud Beach atau yang juga dikenal sebagai Pantai Pagudpud oleh masyarakat setempat merupakan tempat wisata Filipina berupa pantai yang juga mendapat julukan sebagai Hawainya Filipina.

Pasir putih yang indah, air laut yang sangat jernih, ombak merdu dan semilir anginnya menjadi sebuah alasan mengapa wisatawan harus mampir di sini kalau berlibur ke Filipina. Saud Beach juga merupakan sebuah tempat terbaik menikmati sunset yang menawan karena letak geografis pantai yang menghadap ke arah barat.

Soal penginapan, nggak perlu khawatir karena terdapat beberapa penginapan tak jauh dari lokasi pantai ini berada. Jika malas menginap di penginapan, kamu bisa membawa peralatan camping untuk melakukan camping di Saud Beach. Jika memang ingin camping, nantinya kamu bisa meminta izin kepada petugas terlebih dahulu.

10. Baguio City Market

Baguio City Market (bomboradyo)
Baguio City Market (bomboradyo)

Alamat : Magsaysay Ave, Baguio, 2600 Benguet, Filipina
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Last but not least, kamu juga harus mampir nih di tempat terbaik berburu oleh – oleh yang ada di Filipina. Tempat tersebut adalah Baguio City Market. Kultur budaya yang masih sangat kental, aktivitas tawar menawar yang bisa dilakukan, dan berbagai barang yang bisa dibeli menjadi beberapa alasan kamu wajib mampir di pasar ini kalau ke Filipina.

Di sini kamu bisa berinteraksi lebih dekat dengan warga lokal serta berburu aneka ragam barang belanjaan mulai dari suvenir, buah – buahan, tanaman, camilan dan aneka kuliner lini, berbagai macam kerajinan tangan, dekorasi rumah, peralatan rumah, dan pastinya anyaman yang menjadi best sellernya di pasar ini.

Ada Apa Lagi di Filipina?

Selain beberapa tempat wisata Filipina yang instagrammable di atas, juga terdapat beberapa tempat wisata Filipina lain yang wajib masuk ke daftar kunjungan kamu. Baca : 10 Tempat Wisata di Filipina yang Wajib Dikunjungi

Tapi kalau kamu masih belum punya cukup budget untuk keliling Filipina, keliling Indonesia pun tak kalah menarik. Banyak lho, tempat wisata di dalam negeri yang nggak kalah keren dengan tempat wisata Filipina. Apa saja rekomendasi tempat wisata tersebut? Baca : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia, Luar Negeri Kalah!

So, itulah berbagai tempat wisata alam Filipina terbaik yang super indah dan harus masuk ke daftar kunjungan wisata kamu selama berada di Filipina. Jadikan liburan kamu seru dan menyenangkan di sana. Happy holiday sobat!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!