15 Cara Mengatasi Stress Selain Pergi Liburan. Ampuh!

15 Cara Mengatasi Stress Selain Pergi Liburan. Ampuh!

Kalau kamu adalah salah satu dari orang-orang yang tidak pernah stres tentang apa pun, artikel ini mungkin bukan untuk kamu. Normalnya, bagi kita semua, berurusan dengan stres adalah kejadian yang lumrah sehari-hari. Masalahnya adalah di samping efek negatif dari stres itu sendiri, sangat sedikit dari kita yang telah benar-benar belajar cara mengatasi stres dengan cara yang sehat atau produktif.

Banyak orang yang selalu mencari opsi mengatasi stress dengan cara berlibur dan buruknya lagi hingga terlilit hutang kartu kredit untuk membiayai kebutuhan liburan. Malah makin stress bukan ? Padahal ada lho cara mengatasi stress selain berlibur.  Tapi tentunya bukan dengan kebiasaan buruk seperti beralih ke junk food, duduk di depan TV selama beberapa jam yang pada akhirnya menciptakan serangkaian masalah yang sama sekali berbeda. 

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Kita seharusnya tidak membiarkan stres untuk mengatur hidup kita dan tenang, Aneka Wisata telah siapkan beberapa cara mengatasi stress yang dapat kamu terapkan dalam rutinitas harian yang akan membantu kamu mengatasi stres dan menjalani kehidupan yang lebih seimbang. Check this out!

1. Atur Pola Bernafas

Memang sih, kita semua sudah dan sedang bernafas. Itulah alasan mengapa kita bisa hidup, tetapi begitu kamu menghadapi situasi stres, pernapasan kita akan menjadi lebih cepat dan lebih pendek, dan pada akhirnya, otak tidak akan menerima oksigen yang dibutuhkan untuk memberikan kejernihan yang cukup untuk pikiran kita.

Cara Mengatasi Stress
Atur Pola Bernafas – Quantum Nutrition Lab

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

Kapan pun kamu merasa stres seolah sedang menghampir, berhentilah sejenak, dan mulailah bernapas dalam-dalam dan perlahan. Cara mengatasi stress ini akan membantu kamu melambat sesaat dan mengumpulkan pikiran yang lebih jernih untuk memudahkan kamu menemukan solusi untuk masalah apapun.

2. Hangatkan Diri

Rasa hangat dapat memberikan rasa nyaman. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology menunjukkan bahwa sensasi hangat menyebabkan serotonin dilepaskan ke otak, neurotransmitter yang mengatur suasana hati. Sebuah penelitian di Jepang juga menunjukkan bahwa partisipan melihat keluhan stres mereka mereda setelah kunjungan ke sauna.

3. Mandi

Mandi dengan air panas memang terasa sangat nyaman, tapi jangan lewatkan manfaat mandi dengan air dingin yang menyegarkan! Mandi dengan air dingin – bahkan dalam periode yang singkat – akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membuat kamu merasa lebih waspada dan energik. Selama mandi dengan air dingin, tubuh juga akan melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai salah satu hormon “bahagia” dalam tubuh kita.

Ilustrasi Mandi – Hansgrohe

4. Konsumsi Ikan

Ikan yang kaya akan lemak omega-3 tidak hanya baik untuk jantung kita, tetapi juga dapat membantu kita mengendalikan ketakutan. Sekarang suplemen omega-3 seperti tablet minyak ikan mungkin telah tersedia di pasarang namun kamu bakal bisa mendapatkan lemak omega-3 terbaik langsung dari sumbernya: cobalah makan ikan salmon atau sarden selama tiga kali seminggu, dan rasakan manfaatnya.

Cara Mengatasi Stress
Konsumsi Ikan – Acrossinfinity

5. Dengarkan Musik Favorit

Adalah sangat membantu untuk mendengarkan musik yang menenangkan. Menurut sebuah penelitian di Australia, mendengarkan musik yang menenangkan sebelum melakukan sesuatu yang membuat stres akan membantu menenangkan sistem saraf. Hal ini bahkan akan membantu lebih jauh daripada mencoba bersantai dalam keheningan! Pilih sesuatu yang membuat kamu merasa nyaman, baik itu musik pop, akustik atau berbagai genre musik lainnya!

BACA JUGA: 9 Pantai di Anyer yang Wajib Dikunjungi

Cara Mengatasi Stress
Dengarkan Musik Favorit – frontiersinblog

6. Minum Air yang Banyak

Merasa lemah? Minumlah air! Menurut sebuah penelitian di University of Connecticut, partisipan yang menderita dehidrasi ringan merasa sangat cemas setelah berjalan selama 40 menit di atas treadmill. Para partisipan ini juga kurang mampu berpikir jernih dan tingkat energinya menjadi sangat rendah, keadaan ini kerap membuat sesorang akan merasa lebih cemas.

Ilustrasi Minum Air – Economictimes

7. Berolahraga Secara Teratur

Meskipun tidak ada yang tahu persis mengapa berolahraga dapat membantu mengatasi stres, intinya adalah solusi ini telah menjadi salah satu opsi yang diakui banyak orang. Tidak hanya itu, tetapi kita juga akan dapat mengembangkan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan, alih-alih membahayakannya dengan gizi buruk.

Cara Mengatasi Stress
Olahraga – HaloDoc

8. Coba Keluar Sejenak

Alih-alih menghabiskan waktu di dalam ruangan, pergi keluar dan rasakan paparan sinar matahar. Telah terbukti bahwa cahaya alami dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. Jika memungkinkan, berjalan-jalanlah melalui hutan atau taman di dekat rumah, karena aroma tertentu di alam, seperti mawar atau pinus, dapat membantu menghilangkan stres.

9. Belajar Bermeditasi

Meskipun meditasi tampaknya adalah sesuatu yang membutuhkan banyak waktu, kamu akan terkejut mendengar bahwa bermeditasi hanya lima menit sehari dapat memiliki efek positif, terutama jika dilakukan di pagi hari.

Meditasi – GRID.ID

BACA JUGA: 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Kegiatan ini akan memberi kamu kejernihan mental dan energi yang cukup untuk melawan stres dan melahap semua tugas harian kamu. Selain itu, dengan bantuan smartphone, kamu bisa memilih metode meditasi yang variatif.

10. Jangan Biarkan Pekerjaan Melimpah ke Waktu Senggang

Salah satu penghasil stres terbesar adalah lembur, bukan hanya karena itu mengharuskan kamu melakukan upaya ekstra, tetapi juga karena lembuh kerap merampas waktu luang. Setelah meninggalkan pekerjaan, kamu harus selalu memiliki cukup waktu untuk bersantai, mengisi ulang tenaga, dan memikirkan sesuatu selain pekerjaan. Jika garis antara kehidupan pribadi dan pekerjaan telah buram, maka kamu pasti akan mulai merasa semakin tertekan dan terhimpit.

11. Bersih-bersih

Tidak sedikit yang menyadarinya tetapi “kekacauan” visual akan menekan pikiran dan menyebabkannya stres lebih dari yang seharusnya. Cara mengatasi stress terbaik untuk skenario ini adalah dengan meluangkan sejenak waktu untuk membersihkan ruang kamu, bahkan jika kamu hanya membuang beberapa kertas lama dari meja. Setelah lingkungan bebas dari pernak-pernik yang menyebabkan pikiran kamu berlomba satu sama lain, kamu akan mulai merasa lebih tenang di dalam dan di luar!

Cara Mengatasi Stress
Bersih-Bersih – Hello Sehat
 

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

12. Tidur yang cukup

Waktu tidur kamu kurang dari 8 jam setiap malamnya? Tidak cukup tidur adalah salah satu generator stres terbesar di luar sana. Kamu akan merasa lelah dan lebih mudah tersinggung dari biasanya, yang pada gilirannya akan menyebabkan kamu semakin stres, sehingga menciptakan lingkaran setan yang semakin menekan hidup kamu setiap harinya.

Masalahnya adalah stres membuat kamu menjadi lebih sulit untuk tertidur, itulah sebabnya kamu harus menggunakan beberapa trik untuk menangani masalah ini, seperti menghindari snack, membaca buku, atau mandi sebelum tidur.

Cara Mengatasi Stress
Tidur – GRID.ID

13. Tuliskan Keluh-Kesah

Menemukan cara untuk mengekspresikan kecemasan dapat membuatnya terasa lebih mudah dikelola. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis jurnal dan bentuk tulisan lainnya dapat membantu mengatasi kecemasan. Sebuah studi tahun 2016, misalnya, menemukan bahwa menulis kreatif dapat membantu anak-anak dan para remaja untuk mengelola kecemasan.

14.  Belajar Strategi Manajemen Waktu

Beberapa orang merasa cemas jika mereka memiliki terlalu banyak komitmen dalam satu waktu sekaligus. Proses Ini mungkin akan melibatkan keluarga, pekerjaan, dan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan. Memiliki rencana untuk tindakan selanjutnya dapat membantu menjaga kecemasan kamu dalam level terendah.

Manajemen Waktu – BusinessKnowHow

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Strategi manajemen waktu yang efektif dapat membantu untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu. Planner berbentuk buku dan kalender online dapat membantu menahan keinginan untuk melakukan banyak hal sekalian. Beberapa orang menemukan bahwa memecah proyek-proyek besar menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola dapat membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan tekanan yang jauh lebih sedikit.

15.  Aromaterapi

Minyak nabati yang menenangkan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Aroma tertentu akan berdampak lebih baik untuk beberapa orang daripada yang lain, jadi pertimbangkan untuk bereksperimen dengan berbagai opsi.

Lavender mungkin dapat jadi pilihan pertama. Sebuah studi di tahun 2012 menguji efek aromaterapi dengan lavender pada insomnia pada 67 partisipan wanita berusia 45-55 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa aromaterapi dapat mengurangi denyut jantung dalam jangka pendek dan membantu meringankan masalah tidur dalam jangka panjang.

Cara Mengatasi Stress
Jakarta Post

Stres tidak akan dapat mengatur hidup kamu kalau kamu punya cara mengatasi stress yang ampuh. Yang harus kamu lakukan adalah menerapkan beberapa kebiasaan positif yang telah kami sebutkan dalam artikel ini, dan kamu akan siap untuk mengelola stres dan mengubah hidup kamu menjadi lebih baik. Mulailah dengan melakukannya hari ini.

Join the discussion

Instagram @Atwisata

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Kalau kamu masih bingung mau kemana, yuk cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!