Agrowisata Bhumi Merapi, Jogja Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan
Santorini, Agrowisata Bhumi Merapi (agrowisatabhumimerapi)

Agrowisata Bhumi Merapi, Jogja Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan

Buat kamu yang berdomisili di Yogyakarta, Sleman dan sekitarnya kemudian masih bingung akan menghabiskan waktu libur akhir pekan kemana bersama keluarga, kamu bisa langsung datang ke Agrowisata Bhumi Merapi.

Agrowisata yang luasnya mencapai 5,2 hektar ini hadir dengan tempat belajar pertanian, spot wisata instagramable dan pusat belajar budidaya hewan. Tentu berkunjung ke Bhumi Merapi akan menjadi pilihan terbaik melepas penat sambil memberi edukasi terhadap buah hati. Buat kamu yang tertarik berlibur ke sini, yuk simak informasi lengkapnya!

Review Agrowisata Bhumi Merapi

Bhumi Merapi (raskita)
Bhumi Merapi (raskita)

Alamat : Jl. Kaliurang, Sawangan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 30.000,00 (belum termasuk biaya foto dengan binatang)

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan sebuah tempat wisata di kabupaten Sleman, Jawa Tengah yang hadir dengan konsep sebagai wisata edukasi dan instagramable dalam satu area sekaligus. Ada banyak spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata di Sleman ini, meliputi :

1. Langlang Buana (spot instagramable)

Langlang Buana merupakan spot instagramable yang Bhumi Merapi miliki. Area ini dikonsep dengan tata letak, arsitektur dan pernak – pernik yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Jadi kamu bisa berfoto dengan background kawasan perkampungan Arab, Yunani atau Santorini tanpa perlu jauh – jauh ke sana, berikut penjelasannya :

A. Mediterania Street

Bhumi Merapi - Mediterania Street (Sikidang)
Mediterania Street (Sikidang)

Spot fofotografi ini bernuansa Mediterania. Rumah aneka warna dengan lampu – lampu khas Turki tergantung menjadi penghiasnya. Suasana sangat berwarna bisa kamu temukan di sini

B. Alpen House

Bhumi Merapi - Alpen House (GuideKu)
Alpen House (GuideKu)

Di Alpen House, kamu bisa berfoto dengan background rumah – rumah ala Swiss, Eropa. Arsitektur yang khas mengkombinasikan batu dan kayu dengan jendela balkon di atas yang dipenuhi aneka ragam pot bunga cantik akan menjadi latar belakang yang bagus banget buat fotomu. Dengan jalan yang disusun menggunakan batu alam berkontur naik, menjadikan spot ini semakint erasa seperti di lokasi aslinya.

C. Underground

Bhumi Merapi - Underground (YouTube)
Underground (YouTube)

Underground ini merupakan sebuah lokasi foto terbaru di Bhumi Merapi yang hadir dengan nuansa stasiun bawah tanah lengkap berhias dinding bata. Lokasinya memang sempit dibandingkan area fotografi lainnya, namun tetap kece banget dijadikan tempat berfoto pengunjung.

D. Santorini

Santorini, Agrowisata Bhumi Merapi (agrowisatabhumimerapi)
Santorini, Agrowisata Bhumi Merapi (agrowisatabhumimerapi)

Area Santorini memberikan atmosfer Yunani tersendiri. Arsitektur bangunan dan landscape alamnya dibuat semirip mungkin dengan Santorini yang mengombinasikan warna putih dan biru berhiaskan tanaman bougenville yang indah.

Untuk masuk ke sini, kamu harus melewati dinding benteng atau kastil dengan sumur mati yang tak boleh diabaikan juga sebagai spot foto menarik kamu.

E. Lukisan Mural

Bhumi Merapi - Lukisan Mural (travel.kompas)
Lukisan Mural (travel.kompas)

Lukisan Mural merupakan kawasan wall painting di Bhumi Merapi yang menggunakan dinding luar bangunan setinggi 6 meter sebagai tempat melukis. Lukisan bertema Renaissance dengan Romeo dan Juliet menjadi sebuah galeri lukisan yang layak ditonton dan dijadikan background foto sekaligus.

2. Area budidaya ternak

Bhumi Merapi - Area budidaya ternak (travelspromo)
Area budidaya ternak (travelspromo)

Banyak hal tentang dunia peternakan yang bisa dipelajari di sini mulai dari beternak kambing atau pun kelinci. Juga ada spot reptil yang membuat pengunjung bisa menyaksikan beberapa koleksi hewan reptil seperti iguana, ular, kura – kura dan berbagai hewan reptil lainnya.

Buat pecinta musang, ada juga binatang musang yang dihadirkan untuk memperkenalkan tentang jenis – jenis hewan yang bisa dipelihara dengan aman dan cara perawatan yang tepat. Buat wisatawan yang ingin belajar tentang budidaya kambing atau mengenalkan hewan ini kepada si buah hati juga bisa banget.

Pada area peternakan kambing, wisatawan akan diberi kesempatan untuk mengenal kambing etawa yang dibudidayakan, bagaimana merawat kambing etawa mulai dari kambing etawa bayi yang harus diberikan dot susu sampai kambing etawa dewasa. Kamu juga bisa belajar tentang bagaimana cara memerah susunya.

Susu yang dihasilkan dari peternakan kambing etawa di Bhumi Merapi nantinya akan diolah menjadi berbagai macam makanan sehat seperti ice cream dan juga yoghurt. Kamu bisa belajar teknologi yang digunakan dalam mengolah susu kambing etawa yang dihasilkan di sini.

Agrowisata Bhumi Merapi (jalanjalanenak)
Agrowisata Bhumi Merapi (jalanjalanenak)

Tidak hanya itu, di sini juga tersedia area pengolahan pakan ternak sampai dengan pengolahan limbah ternak yang dihasilkan agar bisa dimanfaatkan kembali. Biasanya limbah ternak yang dihasilkan akan diolah menjadi biogas dan pupuk organik untuk tanaman jahe dan pisang organik yang dibudidayakan juga di sini.

Terdapat tiga buah kandang kelinci yang tersedia. Ketiga kandang tersebut digunakan sebagai habitat kelinci dengan jenis yang berbeda. Ada kelinci lokal, kelinci impor dan juga kelinci VIP yang termasuk jenis kelinci sangat langka.

Kelinci – kelinci tersebut diberi makan sejenis pellet, wortel dan sayur – sayuran yang sudah dilayukan sebelumnya. Kelinci – kelinci tersebut tidak hanya dibudidayakan saja melainkan juga bisa dibeli sebagai hewan peliharaan pengunjung.

Di sini juga ada area penangkaran rusa serta habitat tersendiri bagi burung merpati. Kamu bisa berinteraksi dengan cara memberi pakan hewan – hewan tersebut atau berfoto dengan mereka. Tarif untuk memberi pakan atau berfoto dengan hewan – hewan yang ada di Bhumi Merapi sebagai berikut :

  • Pakan kelinci Rp 5.000,00
  • Pakan merpati Rp 5.000,00
  • Dot anakan kambing Rp 5.000,00
  • Pakan rusa Rp 5.000,00
  • Foto dengan rusa Rp 10.000,00

Juga terdapat area berkuda yang disediakan khusus dan pengunjung bisa keliling dengan kuda tersebut. Tarifnya sebesar Rp 20.000,00 untuk satu kali putaran.

Selain di Jogja, wisata dengan konsep edukasi hewan ternak semacam ini juga ada di Bandung, Baca : Farm House Susu Lembang, Wisata Terbaik di Bandung!

3. Taman hidroponik

Bhumi Merapi - Taman hidroponik (alamwisata7)
Taman hidroponik (alamwisata7)

Bagi wisatawan yang suka dengan tanaman dan sayuran dan ingin tahu bagaimana cara merawat tanaman hidroponik bisa sekaligus belajar di sini. Terdapat berbagai macam jenis tanaman dan sayuran yang dibudidayakan dengan cara hidroponik.

Tidak hanya melihat – lihat saja, berbagai tanaman hidroponik yang dibudidayakan juga dilengkapi dengan informasi cara budidayanya. Pengunjung dapat memberi pertanyaan kepada pengelola atau petugas wisata. Kamu juga diperbolehkan memetik sayuran sehat yang dibudidayakan di sini loh!

Buat kamu yang ingin sepulangnya dari Bhumi Merapi menerapkan cara budidaya yang sudah disampaikan petugas, kamu bisa beli berbagai peralatan dan perlengkapan hidroponiknya juga di sini.

4. Camp Ground Area

Bhumi Merapi - Camp Ground Area (travel.kompas)
Camp Ground Area (travel.kompas)

Agrowisata Bhumi Merapi menghadirkan area camping ground yang bisa disewa. Di sini kamu bisa merasakan sensasi berkemah di kaki Gunung Merapi yang menawarkan panorama Gunung Merapi gagah dari kejauhan.
Area outbound pun disediakan, cocok banget untuk acara gathering kampus atau perusahaan. Namun untuk ikut serta dalam kegiatan camping ground dan outbound di agrowisata ini ada minimal pesertanya yaitu paling sedikit 15 orang.

Tetapi buat kamu yang tidak membawa 15 orang namun tetap ingin menginap di Bhumi Merapi, ada solusi lainnya. Kamu bisa menyewa tenda mobil dengan harga sebesar Rp 650.000,00 per malam. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan fasilitas makan, barbeque party dan menikmati semua fasilitas yang tersedia di Bhumi Merapi.

Kawasan wisata dengan area camp ground seperti ini juga bisa kamu temukan di Bandung yaitu di bumi perkemahan Grafika Cikole. Informasinya baca : Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung

5. Wisata susur goa

Bhumi Merapi - Goa Ponggolo (GuideKu)
Goa Ponggolo (GuideKu)

Untuk kamu yang suka wisata ekstrim, terdapat wisata susur goa yang membuat kamu bisa merasakan sensasi susur Goa Ponggolo. Goa ini adalah goa yang dibuat pada tahun 1825 sampai 1830 pada era perang Pangeran Diponegoro.

Goa ini memiliki panjang 350 meter dengan lebar terkecil 1 meter dan terlapang 2,5 meter. Goa ini dialiri dengan air yang mengalir deras sebagai sarana irigasi. Goa ini juga menjadi salah satu spot untuk caving dan rafting yang disediakan bagi pengunjung.

6. Olahraga offroad

Bhumi Merapi - Jeep tour (jogjacar)
Jeep tour (jogjacar)

Kalau kamu suka olahraga offroad, ada layanan tour menggunakan jeep yang bisa digunakan oleh 5 sampai 6 orang dengan tarif Rp 150.000,00 per mobil. Murah banget bukan?

Nantinya wisatawan akan diajak merasakan sensasi berkendara di bendungan Kalikuning, mata air Kalikuning, tebing Kalikuning dan juga sampai di area pintu masuk Goa Ponggolo.

Kalau kamu memilih menginap di bumi perkemahan Bhumi Merapi, bisa banget bermalam di sana dan kemudian menggunakan esok harinya untuk melakukan aktivitas olahraga offroad atau susur goa.

Ada wisata apalagi di Jogja?

Selain wisata ini, tentunya masih banyak kawasan lain yang juga harus dieksplorasi di Yogyakarta. Baca : 9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

Baca : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kamu juga bisa kulineran kalau berkunjung ke Jogja. Ya, Jogja memang surganya wisata kuliner. Rekomendasi wisata kuliner terbaik yang bisa kamu temukan di sana, baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tertarik ke Jogja tapi masih belum punya itinerary yang pas selama di sana? Baca : Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Itulah informasi wisata hits dan instagramable yang juga cocok jadi wisata edukasi di Jawa Tengah. Kunjungi Agrowisata Bhumi Merapi dan dapatkan banyak pengalaman berharga di sana.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!