Benteng Somba Opu – Objek Wisata Bersejarah Makassar
Benteng somba opu

Benteng Somba Opu – Objek Wisata Bersejarah Makassar

Selain terkenal dengan potensi alamnya yang memukau, Makassar juga menawarkan beberapa tempat wisata yang sarat akan sejarah. Salah satunya adalah Objek Wisata Benteng Somba Opu yang berlokasi tidak begitu jauh dari Landmark Kota Makassar, Pantai Losari. Berkunjung ke tempat ini kamu akan diperkenalkan dengan bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat dalam melawan penjajah.

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu

Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk liburan bersama keluarga. Selain menyuguhkan barang-barang bersejarah yang masih terjaga, dengan berkunjung ke Benteng Somba Opu kamu juga akan memperoleh banyak informasi menarik mengenai benteng yang berusia lebih dari 250 tahun ini. Tempat ini juga menjadi saksi bisu mengenai ganasnya para penjajah kala itu dalam menyerang masyarakat Makassar.

Baca juga : 17 Tempat Wisata Wajib di Makassar yang Jarang Diketahui

Tahukah kamu, berdasarkan informasi yang kami peroleh Benteng ini dahulunya menjadi tempat persembunyian Kerajaan Gowa-Tallo dari para penjajah. Selain itu, Benteng Somba Opu kabarnya juga memiliki pertahanan yang cukup Tangguh, sampai-sampai disebut sebagai Benteng yang paling sulit diruntuhkan oleh para penjajah. Benteng ini dibangun pada tahun 1669 oleh Raja Gowa ke-9.

Benteng bersejarah Somba Opu ini juga merupakan bentuk dari kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo pada kala itu. Pada abad ke-16 wilayah di sekitar Benteng juga menjadi pelabuhan sekaligus pusat perdagangan rempah-rempah dari seluruh penjuru Dunia. Sebenarnya benteng ini sempat terbengkalai karena runtuh terkena ombak pasang, hingga pada tahun 1980 bangunan ini ditemukan kembali oleh arkeolog yang kemudian dikelola hingga saat ini menjadi Objek wisata sejarah di Kota Makassar.

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu : Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute Perjalanan, dan Fasilitas yang Tersedia

Terlepas dari persoalan sejarah, tentu kamu cukup penasaran mengenai tempat ini. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai objek wisata sejarah Benteng Somba Opu mulai dari harga tiket masuk, lokasi hingga fasilitas yang tersedia di tempat ini. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kamu simak ulasan dibawah ini. 

Harga Tiket Masuk

Pintu Masuk Benteng Somba Opu
Pintu Masuk

Setiap wisatawan yang berkunjung ke sini akan dikenai biaya sebesar 2.000 rupiah sebagai tiket masuk. Selain itu, pengunjung juga dibebankan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk jam operasioal, tempat ini buka mulai pukul 08.00 sampai dengan 19:00 waktu setempat.

Baca juga : Air Terjun Takapala – Wisata Alam Makassar yang Menakjubkan

Lokasi

Lokasi Benteng Somba Opu
Lokasi Benteng

Bagi kamu yang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menempuh perjalanan menuju Jalan Dg Tata, Desa Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk sampai di lokasi tersebut kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju wisata Sompa Opu juga sudah sangat bagus karena telah mengalami banyak perbaikkan oleh Dinas Pariwisata PEMDA Gowa.

Rute Perjalanan

Rute ke Benteng bersejarah makassar Somba opu
Perjalanan ke Benteng

Sedangkan untuk rute perjalannya kamu bisa berangkat dari pusat kota Makassar. Dari situ kamu pilih arah menuju jalan Dg Tata kurang lebih 6 kilometer. Setelah itu, kamu akan menjumpai adanya papan petunjuk jalan menuju Pintu Masuk Somba Opu. Waktu tempuh dari pusat kota Makassar menuju lokawisata ini hanya sekitar 15 menit. Lokasinya juga cukup strategis sehingga mudah ditemukan.

Baca juga : 19+ Tempat Liburan di Indonesia yang Trending di Tahun Ini

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Benteng

Objek wisata ini dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata setempat sehingga mengenai fasilitas yang tersedia bisa dikatakan cukup lengkap. Di tempat ini kamu bisa menggunakan fasilitas seperti toilet umum, rumah makan, tempat istirahat, papan informasi, hingga area parkir yang cukup luas. Selain itu, tidak jauh dari tempat ini kamu juga bisa menyambangi wahana bernama Gowa Discovery Park. Wahana tersebut berupa kolam renang raksasa yang lengkap dengan jenis permainan air dan waterboom.

Kurang lebih seperti itu informasi yang bisa kami sajikan mengenai objek wisata Benteng Somba Opu. Sampai disini apakah kamu tertarik untuk mengisi waktu liburan di tempat ini bersama keluarga ? jika demikian, ulasan yang kami sajikan diatas mungkin bisa menjadi panduan mengenai harga tiket masuk, lokasi, akses jalan menuju Lokawista, hingga fasilitas serta wahana apa saja yang tersedia di Benteng Somba Opu.

Baca juga : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!

Follow Instagram