Berwisata ke Banda Neira? Ini Beberapa Spot Terbaiknya!
berwisata ke banda neira

Berwisata ke Banda Neira? Ini Beberapa Spot Terbaiknya!

Berwisata ke Banda Neira berarti kamu akan dapat menikmati Kepulauan Banda, yang terletak 200 km dari kota pelabuhan terdekat Ambon. Kepulauan ini terdiri dari 10 pulau vulkanik kecil; Rhun dan Ay di barat, Manukang di barat laut, Pisang di timur, Hatta di tenggara, Banda Besar di selatan, dan pulau pusat utama Banda Neira bersama dengan pulau gunung berapi Gunung Api di timur laut dan Keraka di pintu masuk selat Banda Neira.

Banda Neira dikenal dengan kepulauan yang kaya akan rempah-rempah yang termasyhur di zaman kuno, Kepulauan Banda ditutupi dengan pepohonan yang menjulang tinggi, aromatik dengan iklim yang tropis. Sampai pertengahan abad ke-19 kepulauan ini adalah pusat perdagangan global dan satu-satunya sumber pala dan rempah-rempah yang sangat dicari di dunia.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

berwisata ke banda neira

Saat ini, Kepulauan Banda memiliki gunung-gunung vulkanik yang dapat dipanjat yang ditutupi oleh vegetasi hijau yang subur, bersama dengan teluk air yang dalam dan jernih yang penuh dengan kehidupan laut tepat di bawah permukaan. Untuk kamu yang ingin belajar sejarah kolonial dan menikmati perjalanan ke tempat yang pernah menjadi pusat jual beli dunia, tidak ada salahnya untuk berwisata ke Banda Neira. Berikut beberapa lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Apa yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berwisata ke Banda Neira

Ada banyak cara untuk dapat menikmati keindahan Banda Neira namun cara termudah untuk dapat melakukannya adalah dengan bergabung dengan tur yang biasanya dapat mengatur apa pun yang kamu inginkan. Tur ini menyediakan perahu menuju Pulau Hatta, Ay dan Rhun hampir setiap hari. Namun tidak timetable yang jelas, jadi kamu mungkin harus menunggu berjam-jam.

Beberapa penduduk lokal Banda Neira mungkin akan mengatakan jam 2 siang, tetapi untuk lebih amannya, kamu harus pergi jam 11 pagi untuk menghindari kepenuhan. Dan jika cuaca buruk atau tidak ada cukup banyak orang, kapan-kapal ini tidak akan pergi berlayar.

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

berwisata ke banda neira
Tribunnnews

Jika kamu punya budget yang cukup besar atau sedang melakukan traveling dalam jumlah anggota yang cukup banyak, kamu juga bisa kok untuk menyewa kapal sendiri – meski harganya cukup mahal – di terminal atau meminta tour guide kamu untuk mengaturnya.

Identik dengan wisata bahari lainnya di Indonesia, Banda Neira juga menyediakan destinasi wisata berbasis kepulauan yang bisa kamu kunjungi. Tipikal dan karakteristik pulau-pulau ini akan sedikit banyak berbeda, jadi saat berkunjung ke Banda Neira pastikan untuk mengatur jadwal kamu sebaik-baiknya ya!

Pulau Banda Neira

Alamat: Pulau Naira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

berwisata ke banda neira
Pulau Banda Neira – The EDIT Post

Di pulau BANDA Neira ini ada beberapa benteng, museum, bangunan kolonial, dan beberapa area perbelanjaan yang dekat dengan pelabuhan. Pengalaman berjalan-jalan di sekitar Pulau Banda Neira akan jadi momen menyenangkan dengan sendirinya terutama untuk kamu yang menyukai sejarah. Selain itu, pulau utama ini juga memiliki pantai di utara – satu jam berjalan kaki – yang sayang tidak terlalu bagus. Kamu juga bisa menyewa sepeda motor selama beberapa jam untuk menikmati indahnya view dari pulau ini.

BACA JUGA: 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Pulau Banda Besar

Alamat: Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map: Klik Disini

Pulau Banda Besar – Bisnis.com

Mengunjungi Pulau Banda besar biasanya akan identik dengan tur yang berkaitan dengan sejarah rempah-rempah di Indonesia. Dengan menyewa seorang pemandu, kamu akan dibawa berkeliling sembari dijelaskan tentang pala, cengkeh, almond, kayu manis, dll.

Kamu juga akan dibawa utnuk melihat area perkotaan kecil dan perkebunan serta belajar tentang sejarah Kepulauan Banda Neira. Mengunjungi pulau ini adalah pengalaman yang yang menarik yang harus kamu lakuin selama berkunjung kemari. Biaya untuk tur ini biasanya akan tergantung pada jumlah orang, tetapi biasanya ada di kisaran harga Rp 150.000 sampai Rp 250.000.

Banda Api

Alamat: Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map: Klik Disini

Dengan biaya tur yang kamu keluarkan untuk tur di Pulau Banda Besar, kamu biasanya juga akan mendapatkan paket snorkeling (peralatan disewakan terpisah) ke Pulau Banda Api. Merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 1988, puncak pulau ini dapat didaki hanya dalam waktu 3 jam.

Pulau Banda Api – Teras Maluku

Penduduk setempat biasanya akan menyarankan wisatawan untuk membaway pemandu wisata, tetapi kamu bisa kok melakukan pendakian sendiri. Hal yang paling penting dipastiakn sebelum melakukan pendakian adalah lokasi awal pendakian dan juga kondisi cuaca. Karena jalur pendakian didominasi jalan kerikil, area ini kerap menjadi sangat licin setelah dan selama hujan, terutama saat kamu turun.

BACA JUGA: 9 Pantai di Anyer yang Wajib Dikunjungi

Pulau Hatta

Alamat: Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Pulau ini punya lokasi terbaik untuk snorkeling dan menghabiskan waktu di pantai. Pulau Hatta juga punya vibe yang sangat santai di mana kamu dapat terlena dan dengan mudah menghabiskan beberapa hari hingga seminggu disana.

berwisata ke banda neira
Pulau Hatta – YouTube

Catatan penting untuk kamu perhatikan adalah jadwal kapal dari dan ke Pulau Hatta. Kapal yang berangkat dari Pulau Hatta biasanya akan berangkat pada jam 7 – 9 pagi sementara keberangkatan dari Pulau Banda ke Pulau Hatta biasanya akan berlayar mulai dari 11 pagi – 2 sore hampir setiap harinya.

Trip yang memakan waktu satu jam dan dengan biaya Rp. 20.000 ini kadang-kadang juga bisa dibatalkan karena cuaca. Jadi pastikan untuk check dan recheck dulu ya ke pelabuhan!

Pulau Ay

Alamat: Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Pulau Ay – YouTube

Pulau ini adalah salah satu pulau kecil yang cukup terkenal karena beberapa spot snorkeling yang unik di sekitarnya. Mengunjungi Pulau Ay akan lebih mudah dengan mencarter kapal seharian atau naik perahu umum harian. Perjalanan ke Pulau Ay akan membutuhkan waktu 30 menit dan akan memakan biaya tiket Rp10.000.

Pulau Rhun

Alamat: Pulau Rhun, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

berwisata ke banda neira
Pulau Rhun – Kumparan

Pulau Rhun juga punya daya tarik spot snorkeling yang indah. Kamu bisa naik perahu yang berangkat dari jam 11:00 dari dari Banda Neira dan kembali sekitar jam 7 pagi keesokan harinya. Selama perjalanan seharian ini, sangat dianjurkan menyewa pemandu wisata karena dengannya, kamu bisa dibawa kami berkeliling kota dan melihat spot-spot unik di pulau ini. Dengan biaya Rp.250.000, kamu bisa mendapatkan paket makan siang dan dua kali trip snorkeling.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

Untuk kamu yang lebih condong ingin menikmati waktu berwisata dengan melihat-lihat lokasi bersejarah, Banda Neira juga memiliki beberapa lokasi wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi. Diantaranya adalah:

Benteng Belgica

Alamat: Banda Neira, Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Pembangunan benteng Belanda ini dimulai pada tahun 1611, di bawah arahan Pieter Both. Dia telah ditunjuk sebagai gubernur jenderal wilayah ini untuk menciptakan monopoli dan mengusir Inggris dari Kepualaan Banda. Benteng ini dipertahankan sebagai markas militer sampai tahun 1860 dan kemudian hancur menjadi reruntuhan sampai dipugar secara megah beberapa tahun yang lalu.

berwisata ke banda neira
Benteng Belgica – Tribunnews

Gunung Api di Banda Neira memberikan setup panoramic yang menakjubkan dan Benteng Belgica ini adalah tempat yang sempurna untuk berkeliling dan membayangkan kemewahannya sebelumnya. Untuk memasuki area benteng ini, kamu hanya perlu membayar sejumlah sumbangan di pintu masuknya.

Benteng Nassau

Alamat: Nusantara, Banda, Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Benteng Nassau digunakan sebagai pelabuhan di abad ke-16 untuk mengirim pasukan Portugis dari pangkalan mereka di Pulau Ternate. Setelah sempat rusak akibat konfrontasi langsung selama peperangan, benteng ini kemudian dipulihkan dan digunakan sebagai gudang oleh Inggris pada awal abad ke-19.

Benteng Nassau – Kemendikbud

Sayangnya, saat ini nyaris tidak ada lagi bagian dari Benteng Nassau yang tersisa. Hanya ada tiga dinding, gerbang, dan meriam yang terletak di tanah. Namun tetap saja, Benteng Nassau masih merupakan tempat yang unik untuk dikunjungi selama berwisata ke Banda Neira.

Rumah Bung Hatta

Alamat: Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini
Tiket Masuk: –

Dari tiga rumah pengasingan yang terkenal di awal abad ke-20 di Banda, rumah Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Hatta adalah yang paling menarik. Rumah Bung Hatta dilengkapi dengan beberapa foto, mesin tiknya, kacamatanya khas, dan sebuah setelan baju yang terlipat rapi.

Rumah Bung Hatta – Republika

Di area halaman, kamu akan mendapatkan tangki-tangki tanah liat vintage dan sebuah sumur tua yang dipenuhi bromeliad. Kamu juga akan menemukan sebuah gedung sekolah yang didirikan Bung Hatta selama masa pengasingannya.

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Rumah Budaya

Alamat: Nusantara, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Rumah Budaya adalah museum yang pada dasarnya adalah sebuah vila Belanda kuno. Bangunan ini diisi banyak koleksi seperti meriam, senapan, helm, koin, dan peta. Ada juga segelintir hal-hal yang berbau lokal Pulau Banda seperti parang dan kapsete yang digunakan dalam cakalele – tarian prajurit yang dilakukan oleh hingga 50 laki-laki muda yang pergi ke bawah tanah setelah pembantaian di tahun 1621. Museum ini juga menjual banyak buku tentang sejarah Kepualauan Banda, serta oleh-oleh yang dibuat oleh penduduk setempat.

Rumah Budaya – Detik

Istana Mini

Alamat: Desa Dwiwarna, Dwi Warna, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map: Klik Disini

Istana Mini dibangun pada tahun 1622 dan digunakan sebagai kantor administrasi untuk Belanda. Bangunan ini juga merupakan rumah untuk gubernur Belanda pada waktu itu. Kamu dapat menemukan plakat abad ke-19 dan patung Willem III di halaman Istana Mini yang teduh dan nyaman. Pintu-pintu di bagian belakang bangunan ini juga terkadang akan terbuka yang memperlihatkan lantai keramik dan lampu gantung tunggal di dalamnya. Sensasi kembali ke abad ke-19 sangat terasa saat mengunjungi Istana Mini.

Istana Mini – Teras Maluku

Indonesia punya cukup banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Seperti Banda Neira, tidak hanya mengandalkan keindahan panorama dan pantainya saja, sisi edukasi dan sejarah juga terselip didalamnya.

Yuuk siapkan budget dan jadwal untuk berwisata ke Banda Neira sekarang!

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!