12 Spot Wisata Bangka yang Menarik untuk Dikunjungi !
Wisata Bangka 2020

12 Spot Wisata Bangka yang Menarik untuk Dikunjungi !

Sebagai pulau terbesar kesembilan di Indonesia, wisata di pulau Bangka punya berbagai macam keindahan yang tak bisa dilupakan. Setiap jengkalnya menawarkan panorama alam yang tak ada duanya. Kamu yang datang dan melakukan perjalanan wisata Bangka dijamin nggak akan bisa cepat move on dari tempat ini.

Atau malah kamu yang sudah ada di Bangka malas pulang karena mengetahui keindahan alam yang sangat fenomenal disana. Khususnya wisata alam di Bangka berupa pantai menjadi sajian keindahan tak terjamah yang kamu harus susuri.

Buat kamu yang sudah punya rencana untuk liburan di Bangka dan ingin menikmati aneka ragam wisata di Bangka yang disajikan, berikut kami berikan ulasan daftar wisatanya. Lets check these out!

Daftar Wisata Bangka Terbaik 2020

1. Pantai Batu Dinding

Pantai Batu Dinding

Alamat : Teluk Kelabat, Air Jukung, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 10.00
Harga tiket masuk : –

Destinasi wisata Bangka pertama yang direkomendasikan adalah Pantai Batu Dinding. Pantai Batu Dinding ini merupakan sebuah pantai berbatu yang memiliki pesona pemandangan pantai dan batuan granit yang ukurannya cukup besar. Kamu yang berkunjung ke Pantai Batu Dinding ini dapat berkunjung ke pantai dan batuan granit yang ukurannya cukup besar tersebut. Belum lagi Pantai Batu Dinding juga memiliki sebuah legenda yang berkembang di tengah masyarakat.

Menurut legenda yang berkembang tersebut, konon katanya pantai ini merupakan pantai yang menjadi ajang persaingan antara dua tokoh sesepuh di Bangka bernama Ki Anta dan Ki Bedengung yang saling berebut kekuasaan satu sama lain.

wisata Bangka Selain sarat dengan legenda, pantai ini juga memiliki hal menarik lain yang membuat orang – orang suka datang ke pantai fenomenal ini. Jika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu juga akan menyaksikan pesona Pulau Punai yang berada di tengah laut.

Pesona tersebut sangat menyejukkan mata setiap pengunjung yang datang ke pantai ini. Kamu juga akan menemukan kapal – kapal penambang timah yang berlalu lalang di sekitar perairan. Hal tersebut menjadi sebuah pemandangan lain yang dapat dinikmati masing – masing pengunjung.

Kemudian di sebelah kiri pantai, kamu akan melihat hadirnya sebuah dermaga tempat nelayan sekitar melabuhkan kapal yang dimilikinya. Kamu pun bisa numpang foto di dermaga tempat nelayan melabuhkan kapalnya tersebut. Pemandangannya akan semakin keren ketika sunset hadir membayang.

2. Red Hill, Danau Ampar

Red Hill, Danau Ampar

Alamat : Riding Panjang, Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Jika kamu pernah datang ke Grand Canyon, sekilas Red Hill ini merupakan sebuah tempat wisata yang mirip dengan Grand Canyon. Kamu akan menemukan panorama bebatuan dengan warna merah bata yang sangat menakjubkan.

Tak hanya pesona bebatuan berwarna merah bata saja yang menjadi pemandangan menyenangkan di Red Hill, kamu juga akan menemukan air bening di tengah – tengah yang menjadikan suasana Red Hill semakin sempurna.

Namun jika kamu berwisata di Red Hill bertepatan dengan moment air danau yang mengering, maka kamu akan merasa seperti sedang berada di gurun pasir dengan karang merah yang sangat indah.

3. Danau Kaolin Aek Biru

Danau Kaolin Aek Biru wisata Bangka

Alamat : Desa Air Bara, Koba, Bangka, Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Kalau Red Hill identik dengan warna merah, maka Danau Kaolin Aek Biru identik dengan perpaduan warna biru dan putih yang menjadikan suasananya sangat jernih. Dengan keindahan yang tak ada duanya, hal tersebut menjadikan banyak orang melakukan foto prewedding di Danau Kaolin Aek Biru ini.

Nah, untuk sampai di danau ini cukup mudah. Dari arah Bandara, kamu hanya perlu waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja dan menggunakan roda empat. Di beberapa titik, kamu akan menemukan jalanan terjal. Akan tetapi walau jalannya lumayan terjal kamu tidak akan merasa sulit menemukan air biru yang berkilau di wisata ini.

BACA JUGA : 10 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4. Pantai Matras

Pantai Matras

Alamat : Jalan Pantai Matras, Sinar Baru, Sungai Liat, Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang

Buat kamu yang ada di wilayah Bangka dan sedang mencari objek wisata pantai yang banyak pengunjungnya, kamu bisa langsung datang ke Pantai Matras. Panorama alam yang sangat memikat dapat kamu saksikan di Pantai Matras.

Belum lagi, pemandangan hamparan pasir pantai yang luas menjadi kelebihan yang akan kamu temukan dibalik pantai ini. Kamu bisa bermain pasir dan bermain air sepuas mungkin ketika berwisata di Pantai Matras.

Buat kamu yang ingin menginap di pantai ini, kamu tidak hanya bisa berkemah dengan mendirikan tenda – tenda. Kamu juga bisa menginap di bungalow yang terdapat di sekitar wisata pantai ini. pemandangan indah ketika sunset dan sunrise, tentu menjadi pesona terindah yang tak akan bisa kamu lupakan ketika menginap di kawasan wisata pantai Bangka ini.

Kalau kamu bermalam di Pantai Bangka, di waktu malam hari kamu akan menikmati suasana pantai sembari menyaksikan pemandangan kapal – kapal nelayan yang berlayar di tengah lautan. Sembur cahaya malam dari kapal nelayan yang sulit kamu temukan ketika sudah pulang ke kota, semuanya tentu akan menjadi pemandangan terindah yang kamu bisa dapatkan di salah satu wisata Bangka ini.

5. Pantai Tikus

Pantai Tikuswisata Bangka

Alamat : Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang

Buat kamu yang mencari wisata Bangka dengan pesona alam yang masih sangat asri dan alami, direkomendasikan agar kamu berkunjung ke Pantai Tikus. Keindahan alam yang masih belum terjamah akan kamu temukan di wisata yang satu ini.

Pantai Tikus sendiri merupakan salah satu wisata Bangka terbaik yang memiliki pesona deretan batuan granit berukuran besar di sekitar pantai. Juga ada tebing terjal yang masih sangat alami di Pantai Tikus ini.

Air laut yang berwarna biru dan sangat jernih akan kamu temukan. Belum lagi, kehadiran vihara atau kuil megah di dekat pantai memberikan daya tarik lain bagi setiap orang yang berkunjung ke Pantai Tikus. Kamu pun dapat berfoto dengan latar belakang vihara megah tersebut.

6. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Alamat : Kampung Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Rp 25.000,00 sudah termasuk tarif outbound dan snack

Pantai Parai Tenggiri merupakan sebuah wisata Bangka berupa pantai yang sangat keren. Begitu masuk, kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang pasti membuat kamu merasa takjub dengan semua hal yang ditawarkan.

Pantai Parai Tenggiri dulunya dikenal dengan nama Hakok. Konon sebutan Parai Tenggiri pertama kali diberikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Buat kamu yang ingin berwisata dan menikmati keindahan panorama Pantai Parai Tenggiri, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih antara 43 sampai 60 menit dengan jalur darat.

Begitu sampai di Pantai Parai Tenggiri, kamu akan dibuat langsung jatuh hati dengan keindahan alam yang ditawarkan. Wisata Bangka yang satu ini hadir dengan kontur pantai yang landai dipenuhi hamparan pasir putih yang sangat lembut.

Pantai Parai Tenggiri - wisata Bangka

Kemudian lautnya tampak sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Di sekelilingnya, kamu akan temukan deretan pohon kelapa dan batu granit yang menawan. Deretan pohon kelapa dan batu granit tersebut menjadi salah satu ciri khas dari wisata pantai di daerah Bangka, termasuk Pantai Parai Tenggiri.

Pantai Parai Tenggiri selain memiliki panorama alam yang eksklusif dan super cantik, juga memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Kamu yang memang butuh ketenangan, langsung saja banting setir ke Pantai Parai Tenggiri. Dari segi lokasi, Pantai Parai Tenggiri terhubung dengan Rock Island. Apa itu Rock Island?

Rock Island ini merupakan sebuah pulau yang terdiri dari bebatuan granit besar. Untuk melihat keunikan dari Rock Island, pengunjung wisata Pantai Parai Tenggiri hanya perlu melewati sebuah jembatan panjang yang terbentang.

Selain dapat menikmati eksotisme pantai di Parai Tenggiri, kamu juga bisa menikmati aktivitas outbound di pantai ini. Dijamin, pengalaman wisata yang tak ada duanya akan kamu dapatkan di wisata Pantai Parai Tengiri.

7. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu

Alamat : Desa Mantung, kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Pantai Dinding Batu Belinyu ini merupakan salah satu wisata pantai di Bangka yang memiliki kontur batu berbentuk unik. Kamu bisa berfoto dengan jajaran batu berbentuk unik yang bertengger di setiap sudut pantai.

Salah satu wisata Bangka terbaik ini merupakan destinasi wisata pantai yang berada di dasar bukit tempat Villa Batu Dinding berdiri. Buat kamu yang berwisata disini, perjalanan menuju pantai dapat dilakukan menyusuri jalan setapak menuju ke dasar bukit. Jalan setapak yang kamu harus lalui untuk sampai di Pantai Dinding Batu Belinyu dulu memang kurang bagus, tapi sekarang sudah lebih baik karena kini telah dibuatkan jalan khusus yang memudahkan pengunjung.

Setelah melewat jalan tersebut, kamu tiba di Pantai Batu Dinding Belinyu dan pastinya kamu akan dibuat terkagum dengan bebatuan raksasa yang bertengger disana. Kamu bisa mengabadikan semua moment di Pantai Batu Dinding Belinyu dengan kamera atau ponsel kamu.

BACA JUGA : 15 Cara Mengatasi Stress Selain Pergi Liburan. Ampuh!

Dengan keindahan yang ditawarkan, tak heran sampai detik ini banyak wisatawan yang berdatangan silih berganti di pantai ini. Tak hanya wisatawan domestic, bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang berdatangan silih berganti untuk berwisata dan mengabadikan moment di Pantai Batu Dinding Belinyu.

Bahkan pantai ini menjadi salah satu wisata Bangka terbaik yang sering dijadikan lokasi untuk shooting video klip, foto prewedding dan wedding. Kamu yang punya event tertentu, bisa juga melakukannya disini. Dijamin super keren dan nggak ada bandingnya deh sob!

Camping dan menikmati pesona sunset atau sunrise di Pantai Batu Dinding Belinyu? Why not! Visit sekarang juga yuk!

8. Air Terjun Pait Jaya Muntok

Air Terjun Pait Jaya Muntok- wisata Bangka

Alamat : Belo Laut, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 07.00
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang

Air Terjun Pait Jaya Muntok, awalnya merupakan sebuah wisata air terjun di Bangka yang terbengkalai. Akan tetapi kini wisata alam di Bangka yang satu ini mulai dilirik kembali. Terlebih aksesnya yang mudah menjadikan banyak wisatawan yang datang ke Bangka tidak hanya berkunjung ke wisata pantai Bangka saja, tetapi juga ke Air Terjun Pait Jaya Muntok ini.

Di wisata alam ini, kamu akan menikmati suara gemericik air yang teduh. Pepohonan rindang akan menyambut kedatangan kamu. Air yang mengalir di Air Terjun Pait Jaya Muntok mengalir deras dan kamu pun bisa bermain – main dengan aliran air tersebut.

Ada beberapa aktivitas wisata yang kamu bisa lakukan ketika berwisata di Air Terjun Pait Jaya Muntok. Kamu yang berkunjung ke wisata air terjun ini dapat bermain – main air, berburu foto, dan bersantai sembari rileksasi.

Jika perlu jangan lupa bawa bekal agar ketika merasa lapar kamu pun bisa makan bekal yang kamu bawa. Untuk kamu yang mudah lapar memang wajib membawa bekal karena di sekitar air terjun ini masih belum ada warung apalagi restoran. Jangan lupa juga bawa air minum kalau berwisata disini ya sobat!

9. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden- wisata Bangka

Alamat : Jl. Raya Pasir Padi, Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka.
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 07.00
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Jika kamu datang ke Bangka, tak banyak hamparan hijau yang terlihat. Namun kamu masih dapat menyaksikan keasrian Bangka dari Bangka Botanical Garden ini. Wilayah Bangka Botanical Garden dikelilingi tumbuhan perdu sebagai tanaman hias. Namun tanaman perdu tersebut tidak menghalangi kecantikan Bangka Botanical Garden.

Di Bangka Botanical Garden, kamu akan menyaksikan bagaimana sistem zero waste dikembangkan pengelola. Seperti apa sistem zero waste itu sendiri? Zero waste merupakan proses minimalisasi limbah dan sisa hasil produksi dari tiga kegiatan utama Bangka. Jika terdapat limbah, nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung sektor produksi di Bangka yang lainnya.

Bangka Botanical Garden juga menjadi wilayah yang dikembangkan untuk perkebunan. Ditanami berbagai macam buah dan sayur, juga terdapat peternakan sapi di wilayah tersebut. Selain itu, kawasan Bangka Botanical Garden juga menjadi pusat pembibitan berbagai macam jenis tanaman, ikan air tawar, tambak budidaya ikan, dan menjadi pusat pertanian.

Taman Kota 2 BSD

Di Bangka Botanical Garden, kehidupan liar juga berkembang. Setidaknya terdapat 200 jenis satwa dan 2000 jenis tumbuhan yang hidup di ekosistem Bangka Botanical Garden ini.

Buat kamu pecinta wisata alam, selain Pulau Bangka, ada pulau lain di Indonesia yang juga menyimpan banyak pesona wisata alam. Pulau tersebut adalah Pulau Bali. Baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Selain punya berbagai tempat wisata alam, Bangka juga punya spot wisata lain yang ikonik. Beberapa icon wisata Bangka yang ikonik tersebut diantaranya :

10. Jembatan Emas Bangka

Jembatan Emas Bangka

Alamat : Jalan Jembatan Emas, Pangkal Balam, Pangkal Pinang, Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : –

Jembatan Emas Bangka merupakan icon wisata Bangka yang kaya histori dan memiliki nilai filosofis tersendiri bagi Pulau Bangka. Jembatan Emas Bangka ini merupakan icon kota Bangka yang menjadi penghubung bagi kabupaten Bangka dan kota Pangkal Pinang ibukota provinsi Bangka Belitung.

Berdiri sangat megah, menjadikan Jembatan Emas Bangka seringkali dijadikan spot untuk berfoto. Malam harinya, icon wisata ini tampil sangat cantik dengan pesona citylight yang sempurna. Kamu yang datang ke Bangka, wajib berfoto dengan jembatan sepanjang 785 meter dan lebar 23 meter ini. Don’t miss it!

11. Museum Timah Muntok

Museum Timah Muntok - wisata Bangka

Alamat : Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung
Maps : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00
Harga tiket masuk : –

Museum Timah Muntok merupakan salah satu museum di Bangka yang wajib masuk ke daftar kunjungan wisatawan kalau berwisata di Bangka. Museum Timah Muntok merupakan museum pertambangan timah dan termasuk museum budaya Melayu sekaligus.

Buat kamu yang ingin berwisata ke museum dengan tiket masuk gratis ini bisa menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari pusat kota. Bangunan museum sendiri sejatinya merupakan bekas kantor penambangan timah di zaman penjajahan Belanda.

Kesan kuno yang sangat kental masih melekat di museum ini. Dulunya, museum ini bernama Hoofdbureau Banka Tinwinning Bedriff yang juga difungsikan sebagai pusat pemerintahan Belanda di Pulau Bangka.

BACA JUGA : 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

Museum Timah Muntok merupakan museum dengan arsitektur Eropa bernuansa putih yang telah berdiri sejak tahun 1915. Kini Museum Timah Muntok dibuka untuk umum. Museum Timah Muntok beralih fungsi menjadi museum terhitung sejak 7 November 2013.

Didalam museum ini dapat kamu temukan 176 koleksi dan 9 galeri yang menampilkan tidak hanya tentang pertambangan timah, melainkan juga tentang sejarah Bangka sampai sejarah perang dunia II serta sejarah pengasingan Bung Karno. Kamu yang ingin belajar sejarah dan menikmati arsitektur masa lalu wajib datang ke Museum Timah Muntok ini.

12. Kelenteng Dewi Laut

Kelenteng Dewi Laut wisata Bangka

Alamat : Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00
Harga tiket masuk : –

Selain kaya wisata alam, Bangka juga punya banyak icon wisata keren. Salah satunya adalah Kelenteng Dewi Laut yang selain menjadi tempat wisata juga sebenarnya merupakan tempat beribadah bagi umat beragama Kong Hu Cu. Kelenteng ini merupakan sebuah kelenteng yang sangat cantik dan semakin cantik karena secara geografis, kelenteng ini berhadapan dengan laut. Jadi kamu yang berwisata di Kelenteng Dewi Laut juga sekaligus dapat menikmati eksotisme laut Bangka yang tak ada bandingnya.

Ketika memasuki kawasan kelenteng, di bagian depan kelenteng akan kamu temukan berbagai macam jenis patung. Patung – patung yang menyambut pengunjung di pintu masuk kelenteng merupakan patung seluruh shio yang ada didalam penanggalan Tiongkok seperti shio babi, shio tikus, shio anjing, shio kera, shio kuda, dan masih banyak shio lainnya.

Uniknya lagi, patung – patung yang dibangun di Kelenteng Dewi Laut ini dibangun atas sumbangan sukarelawan yang namanya tertera di bagian bawah patung. Hampir semua ornamen dan juga berbagai macam perlengkapan yang ada di Kelenteng Dewi Laut ini merupakan hasil sumbangan dari para pemeluk Kong Hu Cu.

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Bagi kamu yang datang ke kelenteng ini, berfoto boleh. Akan tetapi kamu juga tetap harus menjaga kesopanan karena sampai detik ini Kelenteng Dewi Laut juga masih aktif dijadikan tempat ibadah umat beragama Kong Hu Cu di Bangka.

Kamu yang berwisata di Bangka, kamu dapat melakukan perjalanan wisata di berbagai wisata Bangka terbaik diatas. Dapatkan berbagai pengalaman wisata menarik di wisata alam Bangka atau pun icon wisata yang ada di Bangka. Selamat traveling sobat!

BACA JUGA: 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!