Machu Picchu – Wisata Kuno Misterius Peru
Machu Picchu

Machu Picchu – Wisata Kuno Misterius Peru

Machu Picchu
Machu Picchu

Machu Picchu atau sering disebut sebagai kota Inca yang hilang merupakan sisa-sisa reruntuhan peradaban suka Inca. Berlokasi di daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2,400 meter, Machu Picchu merupakan simbol kerajaan Inca yang dibangun pada tahun 1450.

Machu Picchu yang berada dalam wilayah negara Peru ini hanya digunakan selama kurang lebih seratus tahun karena pada saat tersebut kerajaan Inca ditaklukan oleh pasukan Spanyol. Sejak saat ini, tempat ini menjadi terlupakan sampai pada tahun 1911 seorang arkeolog menemukannya kembali dan memberitakannya pada dunia. Sejak saat itulah, situs arkeologi ini mulai terkenal sebagai tempat wisata yang menarik dan penting bagi dunia.

ย 

Machu Picchu
Machu Picchu

Saat ini, sebagian dari bangunan yang ada di sini telah direkonstruksi ulang supaya para pengunjung dapat mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kehidupan suku Inca. Gaya bangunan yang ada di sini adalah gaya Inca kuno dengan tembok batu berpelitur. Situs ini juga telah ditunjuk sebagai warisan dunia yang penting oleh UNESCO.

Baca juga : 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Namun sayangnya, tempat wisata bersejarah yang terletak di lembah Urubamba 70 KM dari Cusco, saat ini terancam rusak. Selain bencana alam seperti gempa bumi dan cuaca buruk, warisan budaya dunia ini juga terancam oleh banyaknya turis yang datang. Oleh karena itu berbagai cara telah dilakukan untuk menjaga Machu Picchu, salah satunya adalah dengan membatasi jumlah turis yang datang setiap harinya.

Machu Picchu

Dengan segala keindahan dan keunikannya, ini adalah tempat wisata di Peru yang paling terkenal, paling ramai, dan paling unik. Banyak orang yang berkata bahwa kunjungan anda ke Peru belum lengkap bila belum berkunjung ke Machu Picchu. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan ke tempat wisata ini dapat menghabiskan biaya yang lumayan besar.

Baca juga : Punya rencana liburan ? Cek dulu Hari liburnya

Cara Mencapai Machu Picchu

Ada 2 cara untuk mencapai lokasi warisan dunia ini:

  • Trekking: Cocok untuk pecinta petualangan dan kegiatan luar ruangan. Jalur trekking ini menawarkan pemandangan indah yang tiada duanya di dunia.
  • Kereta: Menaiki kereta dengan ketinggian rel tertinggi di dunia merupakan suatu pengalaman tersendiri. Kereta yang digunakan juga dibuat khusus untuk menikmati alam di sekitar Machu Picchu. Kereta tersebut mempunyai banyak jendela kaca, bahkan atapnya juga terbuat dari kaca sehingga anda dapat menikmati setiap sudut perjalanan anda.
peta Machu Picchu
peta Machu Picchu

Apabila anda ingin berkunjung pada musim hujan (November sampai dengan Maret), bersiap-siaplah dengan penundaan jadwal, karena cuaca buruk dapat menghalangi kepergian anda, baik menggunakan jalur trekking maupun jalur kereta.

Harga tiket kereta menuju Machu Picchu adalah harga tiket kereta yang termahal di dunia bila dihitung dari jarak tempuh yang dilalui. Selain itu tiket keretanya sering kali terjual habis, sehingga sangat disarankan untuk memesan tiket pulang dan pergi sebelumnya.

kereta Machu Picchu
kereta Machu Picchu

ย 

Baca juga : 19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending Tahun ini

Hotel

Aguas Calientes
Aguas Calientes

Hanya ada 1 hotel saja di lokasi ini , dan hotel ini sangatlah mahal dengan harga mulai dari USD 500, atau sekitar 5,700,000 Rupiah per malam, sudah termasuk 3x makan.

ย 

Karena tempat ini dilindungi, kemungkinan besar tidak ada hotel lain yang akan dibangun di lokasi ini. Karena harganya yang sangat mahal, sebagian besar orang akan lebih memilih untuk menginap di hotel dekat Aguas Calientes, sebuah kota kecil di dekat Machu Picchu.

Baca juga : Tidak Sempat Urus Paspor? Layanan Paspor Online Aja!

Catatan

  • Machu Picchu paling ramai pada musim kering (Juni sampai Agustus), dan paling sepi pada puncak musim hujan yaitu pada bulan Februari.
  • Semua pengunjung harus meninggalkan Machu Picchu pada jam 5 sore.
  • Untuk dapat masuk ke lokasi, anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Tiket ini tidak akan tersedia di pintu masuk, melainkan dapat dibeli secara online. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah pengunjung Machu Picchu untuk menjaga kelestariannya. Batasan jumlah pengunjung dalam 1 hari adalah 2,500 orang oleh karena itu pesanlah tiket anda sesegera mungkin.
  • Harga tiket masuknya adalah PEN 126, atau sekitar 520,000 Rupiah per orang.
  • Tidak diperbolehkan membawa makanan, minuman, dan tongkat bantu jalan. Namun, apabila anda menggunakan ransel, anda dapat memasukan air minum dan makanan ke ransel anda, karena ransel anda tidak akan diperiksa petugas. Bila anda melakukan itu, jangan membuang sampah sembarangan!
  • Tidak ada kendaraan di area ini, oleh karena itu gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki.
  • Apabila anda bermalam di Aguas Calientes, persiapkan diri anda untuk menawar harga, karena semua harga di kota ini sangat tinggi. Menawar harga sampai dengan 50% dari harga awal adalah hal yang normal.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Join the discussion

5 comments

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!