Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

pesawat terbang
Share ke teman kamu

Wisata sudah menjadi salah satu bentuk gaya hidup bagi sebagian orang. Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa bepergian terus-menerus? Bukankah biaya bepergian sangatlah tinggi? Apa rahasianya? Jawabannya sangat simpel, mereka mengetahui bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah.

pesawat terbang

pesawat terbang

Tiket pesawat adalah salah satu kendala terbesar bagi orang yang ingin pergi berwisata. Hal ini dikarenakan tingginya biaya perjalanan menggunakan pesawat terbang, sehingga biaya tiket pesawat terbang bisa mencapai sekitar 50 persen dari total seluruh biaya perjalanan anda. Benarkah harga tiket pesawat terbang bisa mencapai 50 persen dari total biaya perjalanan? Mari kita hitung bersama.

Misalkan anda yang bertempat tinggal di Jakarta ingin pergi ke Bali selama 4 hari 3 malam bersama keluarga yang terdiri dari 4 orang. Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Bali anggap saja 500,000 Rupiah per orang, dengan harga tersebut, anda perlu menyiapkan dana 2,000,000 rupiah, untuk pergi ke Bali saja. Dengan asumsi harga tiket pulang ke Jakarta adalah sama dengan harga berangkat ke Bali, berarti anda perlu menyiapkan dana sebesar 4,000,000 Rupiah untuk membeli tiket pulang pergi Jakarta-Bali. Harga tersebut belum termasuk pajak bandara, yang biasanya sebesar 40,000 Rupiah per orang.

Lalu biaya kedua adalah biaya hotel. Saya asumsikan anda mengambil 2 kamar, dengan harga per kamar adalah 350,000 Rupiah per malam. Dengan begitu anda akan menghabiskan 700,000 Rupiah per malam, dikali 3 malam total biaya hotel anda adalah 2,1000,000 Rupiah, sudah termasuk makan pagi. Lalu saya asumsikan biaya makan siang, makan malam, dan lain-lain anda adalah 2,000,000 Rupiah. Dengan begitu, rincian perjalanan anda menjadi seperti ini:

  • Tiket pesawat 4,000,000
  • Hotel 2,100,000
  • Lain-lain 2,000,000
  • Total 8,100,000

Dari simulasi tersebut, dapat terlihat bahwa tiket pesawat memakan biaya 4,000,000 Rupiah dari total biaya perjalanan sebesar 8,100,000 Rupiah. Dengan begitu, terbukti bahwa harga tiket pesawat bisa mencapai 50 persen dari total biaya perjalanan. Untuk mengurangi biaya yang besar ini, anda perlu tahu tips dan cara mendapatkan tiket pesawat murah.

 

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah:

Lebih Cepat Lebih Baik

pesan tiket dari jauh hari

pesan tiket dari jauh hari

Memesan tiket dari jauh hari adalah cara mendapatkan tiket pesawat murah yang paling standar. Apabila anda memesan sehari sebelum tanggal keberangkatan, tentu saja kemungkinan besar tiket yang murah sudah habis terjual dan yang tersisa hanya tiket-tiket yang mahal saja. Semua maskapai penerbangan akan menaikan harga tiket apabila sudah dekat dengan tanggal keberangkatan.

Cek Dengan Sabar

harga tiket

harga tiket

Harga tiket pesawat terus berubah dalam waktu yang relatif singkat, oleh karena itu anda harus bersabar dan sering-sering mengecek harga tiket yang anda inginkan. Harga tiket pesawat berubah tidak dalam hitungan hari, tapi dalam hitungan jam. Mendapatkan tiket pesawat murah tidaklah cepat dan membutuhkan kesabaran.

Transit

transit

transit

Apabila anda bepergian dengan santai, mungkin anda tidak akan mempermasalahkan waktu transit yang lama. Penerbangan yang murah biasanya memiliki waktu transit yang lama. Anda bisa mencari 2 rute untuk mencapai tempat tujuan anda, misalkan anda ingin pergi dari Jakarta ke Osaka. Selain mencari rute penerbangan Jakarta-Osaka, anda juga bisa mencoba rute transit, misalnya Jakarta-Kuala Lumpur, baru kemudian Kuala Lumpur-Osaka. Siapa tahu anda menemukan kombinasi tiket pesawat yang lebih murah.

Bandara

bandara

bandara

Bandara pilihan penerbangan tidak hanya 1 saja, anda dapat mencoba menggunakan bandara lain untuk penerbangan anda, tentu saja harganya akan berbeda juga, bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah. Anda juga bisa mencoba rute lain yang dekat dengan anda, misalnya apabila anda berada di Jakarta, anda bisa mencoba mencari penerbangan di Bandung juga.

Hari dan Waktu

hari dan waktu

hari dan waktu

Seperti layaknya hukum ekonomi, semakin banyak permintaan maka harga tiket pesawat akan semakin mahal, semakin sedikit permintaan maka harga tiket pesawat akan semakin murah. Apabila anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah, anda bisa mencoba memilih hari dan waktu yang kurang populer. Misalnya, harga tiket akan lebih mahal pada hari Jumat dan Minggu, karena itu adalah hari orang berangkat dan pergi berwisata, sedangkan hari Selasa dan Rabu adalah hari yang normalnya lebih murah.

Jam penerbangan juga sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat, misalnya apabila anda memilih waktu terbang hari Minggu pagi, tentu saja akan lebih murah dari pada jam terbang Minggu malam. Hal ini disebabkan karena pada hari Minggu pagi, normalnya orang sedang menikmati waktu liburannya, dan mereka lebih memilih pulang malam agar mempunyai banyak waktu di tempat wisata yang mereka pilih. Begitu pula dengan waktu berangkat, apabila anda berangkat pada hari Sabtu tengah malam, tentu saja akan lebih murah dari pada bila anda berangkat pada hari Sabtu pagi, karena anda akan rugi waktu berwisata.

Maskapai Lain

logo jet star

logo jet star

Ada banyak maskapai yang menawarkan tiket murah, jadi jangan malas untuk membanding-bandingkan harga. Maskapai luar yang saya rekomendasikan adalah Air Asia, Jet Star, Mandala Tiger Air, dan Cebu Pacific Air. Untuk maskapai penerbangan lokal rekomendasi saya adalah Lion Air, dan Citilink.

Online

online

online

Buka situs web maskapai penerbangan secara rutin untuk mengetahui promo yang ditawarkan, pesan dan belilah tiket secara online, jangan membeli tiket di bandara karena biasanya harganya jauh lebih mahal.



Daftarkan Email Anda ke Berbagai Maskapai Penerbangan

logo air asia

logo air asia

Dengan mendaftarkan alamat Email anda, anda akan mendapatkan Email yang berisi tentang segala jenis promo yang sedang atau akan berjalan di maskapai tersebut tanpa perlu mengunjungi situs web mereka satu per satu.

Bagasi, Tempat Duduk, Asuransi, dan Makanan

makanan di pesawat

makanan di pesawat

Biasanya maskapai penerbangan murah akan memberikan biaya tambahan apabila anda ingin membawa bagasi, memilih tempat duduk, mengambil asuransi, atau memesan makanan. Bila anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah, tidak perlu menerima tawaran-tawaran tersebut karena harganya cukup mahal.

Media Sosial

media sosial

media sosial

Apabila anda suka menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter, sebaiknya anda melakukan like dan follow pada maskapai yang sering membuat promo tiket pesawat murah sehingga anda bisa langsung dengan cepat mengetahui apabila sedang ada promo.

Tanggal

tanggal

tanggal

Jangan pernah berharap mendapatkan tiket pesawat murah pada saat musim liburan, misalnya pada masa liburan sekolah, libur Lebaran, dan libur akhir tahun. Harga tiket pesawat di musim liburan dipastikan akan naik hingga di atas rata-rata dan tidak akan ada promo tiket murah. Usahakan mempunyai tanggal keberangkatan yang fleksibel, karena ada kemungkinan bahwa pada tanggal keberangkatan yang anda tentukan tidak berlaku tiket promo. Akan lebih baik bila bukan anda yang menentukan tanggal keberangkatan, namun tanggal tiket promo lah yang menentukan kapan anda berangkat.

Internet Banking dan Kartu Kredit

kartu kredit

kartu kredit

Tidak semua maskapai penerbangan menerima pembayaran melalui ATM, oleh karena itu siapkan internet banking, atau gunakan kartu kredit untuk membayar pesanan anda dengan cepat sebelum tiket promo dibeli oleh pembeli lain.

 

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (Pengalaman Pribadi):

Jangan Menunda

jangan menunda

jangan menunda

Apabila sudah menemukan yang anda cari dan cocok dengan kemauan anda, jangan menunda atau menunggu lebih lama, karena harga terus berubah dan banyak calon pembeli lain yang siap merebut kursi anda. Segeralah memesan dan membayar tiket murah tersebut. Saya sendiri sudah beberapa kali menyesal tidak buru-buru memesan tiket murah yang seharusnya bisa saya dapatkan namun akhirnya gagal karena menunda waktu pemesanan.

Tentukan Teman Perjalanan Sebelum Mencari Tiket

teman perjalanan wisata

teman perjalanan wisata

Dengan menentukan teman perjalanan sebelum mencari tiket, anda dapat dengan cepat memasukan daftar nama yang akan ikut serta dalam perjalanan. Selain itu, mengajak atau mencari teman pada saat promo tiket pesawat sudah dimulai akan menyebabkan keterlambatan pembelian tiket, sehingga kemungkinan besar pada saat anda berhasil menemukan teman perjalanan, tiket promo sudah terjual habis.

Paspor

paspor indonesia

paspor indonesia

Buatlah paspor sesegera mungkin. Apabila anda baru akan membuat paspor pada saat promo tiket murah telah dimulai, kemungkinan besar anda akan gagal mendapatkan tiket pesawat murah karena proses pembuatan paspor akan memakan waktu beberapa hari kerja sehingga menyebabkan kegagalan pembelian tiket.

Tiket Satu Kali Jalan

tiket satu arah

tiket satu arah

Tiket pulang pergi tidak selalu lebih murah, anda dapat mencoba mencari tiket keberangkatan satu kali jalan dengan suatu maskapai, lalu mencari tiket pulang dengan maskapai lainnya. Sering kali cara ini membuahkan hasil tiket pesawat yang lebih murah.

Gunakan Mesin Pencari Tiket Pesawat Murah

traveloka

traveloka

Mesin pencari tiket sangatlah menghemat waktu anda, saya merekomendasikan traveloka.com untuk mencari tiket pesawat murah karena situs web nya simpel, cepat, responsif, dan pintar. Selain itu anda juga dapat langsung memesan tiket di sana dengan harga yang sangat murah.

Memilih Maskapai Penerbangan

logo mandala tiger air

logo mandala tiger air

Maskapai penerbangan murah favorit saya adalah Mandala Tiger Air. Maskapai ini selalu menjadi maskapai pertama yang saya periksa harganya karena sangat murah. Setiap hari Kamis, Mandala Tiger Air memiliki promo bernama tigerflash. Selain itu Mandala Tiger Air juga sering memberikan promo bagi pemegang kartu kredit tertentu. Maskapai penerbangan favorit saya yang lain adalah Air Asia.

 

Demikian tips dan cara mendapatkan tiket pesawat murah versi saya. Apakah anda sudah siap berburu tiket pesawat murah?









Share ke teman kamu

3 thoughts on “Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

  1. Tips dan cara mendapatkan tiket pesawat murah yang dipublish melalui artikel ini sangat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari solusi untuk mendapatkan tiket pesawat murah, thanks sudah share artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *