13 Makanan Khas Indonesia Favorit di Bulan Puasa. Harus Coba!
Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa

13 Makanan Khas Indonesia Favorit di Bulan Puasa. Harus Coba!

Selama bulan suci Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh. Setiap hari dari subuh hingga maghrib. Selama bulan ini, umat Islam diharapkan untuk menghindari pikiran yang tidak baik dan perilaku buruk. Kali ini kita akan bahas mengenai pilihan makanan khas indonesia untuk berbuka yang bisa kita temui selama ramadan.

Ketika tiba saatnya berbuka puasa, umat Islam di Indonesia biasanya mengonsumsi minuman panas atau dingin dan makan makanan ringan manis terutama makanan khas indonesia untuk memungkinkan perut bekerja perlahan menyesuaikan diri dengan makanan lagi setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam, dan mengonsumsi minuman manis untuk memasok kembali energi.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

Salah satu hal yang paling menarik tentang Ramadan di Indonesia adalah ada beberapa makanan khas indonesia yang tersedia hanya selama bulan puasa ini. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki takjil sendiri (hidangan pembuka untuk berbuka puasa). Mari kita lihat 7 hidangan ini yang hanya tersedia selama bulan Ramadan di Indonesia:

1. Kolak

Kolak adalah hidangan pembuka yang sangat populer selama Ramadan karena rasanya yang super manis, dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar gula darah setelah melalui periode puasa selama berjam-jam.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Kolak – Pinterest

Kolak sebenarnya adalah minuman berbasis santan yang dicampur dengan gula aren, vanila, daun pandan, dan diisi dengan irisan pisang, kentang manis dan labu. Selama bulan puasa, kamu dapat menemukan Kolak di sebagian besar toko makanan tradisional di Indonesia. Kolak juga biasanya disajikan secara gratis di restoran selama bulan Ramadan.

2. Jongkong – Medan, Sumatera Utara

Jongkong adalah salah satu makanan yang paling dicari selama waktu berbuka puasa di Medan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat banyak orang menjual hidangan ini selama bulan Ramadan.

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Jongkong – Kumparan

Jongkong dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, lalu dimasak sampai kental. Daun pandan ditambahkan untuk memberikan aroma dan warna. Setelah matang, adona dibiarkan sampai dingin dan mengental.

Ketika adonan tepung beras mengental, maka inilah saatnya adonan untuk dimasukkan ke dalam bungkus daun pisang dan diisi dengan gula kelapa dan aren. Jongkong kemudian dibungkus dan dikukus. Biasanya, makanan khas Indonesia ini disajikan hangat bersama dengan santan dan sirup gula aren.

3. Kicak – Yogyakarta

Kicak adalah salah satu makanan paling khas yang hanya dapat kamu temukan selama bulan Ramadan dan merupakan makanan khas Indonesia asal Yogyakarta.

Kicak terbuat dari beras ketan tumbuk, yang dicampur dengan kelapa parut dan irisan nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan aroma nangka akan membangkitkan selera, terutama ketika dibungkus dengan daun pisang. Kamu dapat dengan mudah menemukan makanan ringan ini di are Kauman, Yogyakarta.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Kicak – IDN TImes

4. Bingka – Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Kue ini adalah salah satu makanan khas Indonesia asal Kalimantan Selatan. Biasanya, Bingka dicetak dalam cetakan berbentuk bunga. Bingka terbuat dari campuran tepung, telur, gula dan santan. Kadang-kadang kentang tumbuk juga dapat ditambahkan untuk menambah rasanya.

Bingka – Resep Koki

Saat ini, seiring bertambah luasnya informasi, Bingka muncul dengan berbagai topping, seperti nangka, pisang, cokelat, keju, dan banyak lagi. Fakta penting tentang makanan ini adalah ternyata, cukup sulit menemukan untuk Bingka di luar bulan Ramadan.

5. Es Timun Suri – Cirebon, Jawa Barat

Es Timun Suri adalah minuman khas Ramadan yang fenomenal karena kebanyakan orang keliru berpikir bahwa buah ini hanya tumbuh selama bulan Ramadan. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena buah Timun Suri sebenarnya dapat tumbuh setiap saat sepanjang tahun, tetapi petani biasanya mulai menanam sebelum Ramadan untuk memenuhi permintaan tahunan.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Es Timun Suri – Tokopedia

BACA JUGA: 9 Pantai di Anyer yang Wajib Dikunjungi

Timun Suri berbentuk seperti melon dan mengandung jus yang berlimpah. Minuman ini biasanya disajikan dengan sirup cocopandan atau madu. Di beberapa daerah, beberapa orang mencampurnya dengan sirup gula aren atau susu kental dengan tambahan sedikit jus jeruk nipis untuk rasa segar.

Meskipun berasal dari Cirebon di Jawa Barat, hari ini kamu dapat dengan mudah menemukan buah ini dijual di hampir seluruh bagian Indonesia Barat dan Tengah selama bulan puasa.

6. Pakat – Tapanuli, Sumatera Utara

Pakat adalah hidangan tradisional dari Tapanuli. Sama seperti Jongkong, Pakat adalah hidangan yang hanya dapat kamu temukan selama bulan Ramadan. Hidangan ini terbuat dari rotan muda. Rotan dipotong sepanjang 1 meter dan kemudian dipanggang selama 1 jam. Setelah rotan matang, mereka dikuliti dan bagian dalamnya yang putih dipotong menjadi batangan kecil. Sebelum disajikan, Pakat ditaburi dengan serundeng.

Pakat – KissFM Medan

7. Bongko Kopyor – Gresik, Jawa Timur

Cemilan tradisional yang merupakan makanan khas Indonesia ini adalah salah satu warisan kuliner dari Gresik. Bongko Kopyor terbuat dari tepung terigu, pisang, daging buah kelapa, santan, nangka dan roti.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Bongko Kopyor – Kompas

Semua bahan ini dibungkus dalam balutan daun pisang. Bukan hanya enaknya, Bongko Kopyor dipercaya memiliki kemampuan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Makanan yang rasanya super manis ini adalah menu spesial yang hanya dapat kamu temukan di area Gresik selama bulan Ramadan.

8. Sotong Pangkong – Pontianak, Kalimantan Barat

Orang-orang di Kalimantan Barat juga memiliki makanan unik mereka sendiri yang β€œmuncul” hanya selama bulan Ramadan. Mereka menyebutnya Sotong Pangkong. Makanan ini terbuat dari sotong kering Β yang dipanggang di atas api arang.

Sotong Pangkong – Detik

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Setelah dipanggang, sotong ini akan ditumbuk untuk membuatnya menjadi lebih empuk dan mudah dikunyah. Sotong pangkong gurih ini biasanya disajikan dengan dua jenis saus: saus udang dan saus kacang. Jika kamu kebetulan sedang berada di Pontianak selama Ramadan, hidangan lezat ini dapat ditemukan di sepanjang Jalan Merdeka.

9. Es Pisang Ijo – Makassar, Sulawesi Selatan

Salah satu dari banyak minuman spesial Ramadan adalah Es Pisang Ijo dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang Ijo. secara harfiah berarti pisang yang hijau, dibuat dari pisang yang dibungkus dalam adonan tepung, yang telah diwarnai dengan gincu hijau. Minuman ini biasanya disajikan dengan santan, sirup cocopandan dan es serut untuk membuat minuman ini semakin menyegarkan.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Es Pisang Ijo – Doyan Resep

Kamu juga dapat menemukannya dengan mudah di sepanjang Pantai Losari di Makassar. Untuk kamu yang domisili di Bandung, kamu bisa nyobain Es Pisang Ijo ini di area Jl. Ternate dan Jl. Dipati Ukur.

10. Lemang

Merupakan makanan khas Indonesia yang berasal Tebing Tinggi, sebuah kota kecil yang berjarak dua jam perjalanan dari Medan di Sumatera Utara, lemang, yang kadang-kadang disebut lemang Medan, memiliki bahan-bahan sederhana: beras ketan, santan dan garam.

Lemang – Tribun Wiki

Tetapi memasak lemang tidak sesederhana itu. Pertama, semua bahan ini dicampur lalu dibungkus dengan daun pisang. Bungkusan ini kemudian dimasak di atas api dalam batang bambu berlubang selama 4 hingga 5 jam. Lemang dapat dimakan langsung atau dengan lauk singkong manis yang telah difermentasi.

BACA JUGA: 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

11. Es Buah & Es Blewah

Es Buah adalah sejenis koktail buah asal Indonesia yang merupakan pilihan populer untuk memuaskan dahaga saat berbuka puasa. Es buah ini dapat terlihat dan terasa cukup generik, jadi beberapa kedai akan membuat kreasi mereka sendiri dengan mencampurkan beberapa bahan.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Es Buah – Resep Koki

Sementara itu, Es Blewah adalah minuman es yang terbuat dari es serut dan irisan blewah, buah yang mirip dengan melon tetapi dengan daging yang lebih lembut. Es blewah juga biasanya memiliki kandungan serutan kelapa, jeli merah tanpa pemanis, susu kental dan sedikit sirup gula.

Es Blewah – detikFood

12. Kolak Ayam – Gresik, Jawa Barat

Kamu mungkin akan terkejut ketika mendengar tentang hidangan semacam ini. Sama seperti Kolak lainnya, bahan utama makanan penutup ini adalah santan dan gula aren. Namun, tidak seperti Kolak lainnya yang menggunakan pisang, singkong atau ubi jalar, ayam suwir dan bawang perai ditambahkan ke Kolak Ayam.

Kombinasi ini mungkin terdengar aneh, tetapi Kolak Ayam telah menjadi tradisi di kalangan orang-orang di Gresik. Biasanya, Kolak Ayam disajikan pada hari ke 23 Bulan Ramadan di Gumeno, Gresik, Jawa Barat.

Makanan Khas Indonesia Bulan Puasa
Kolak Ayam – Google Images
13. Sate Susu

Bagi Muslim di Bali, Sate Susu adalah makanan wajib untuk Buka Puasa. Makanan khas Indonesia asal Bali ini terbuat dari ambing sapi, yang dibumbui dengan rempah-rempah tradisional kemudian dipanggang di atas arang.

BACA JUGA: 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Sate Susu – Tribunnews

Sate susu populer tidak hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena manfaatnya bagi tubuh manusia. Konon, kuliner ini dapat meningkatkan stamina setelah berpuasa. Untuk menikmati rasa susu sate yang orisinil, kamu bisa singgah ke Kampung Jawa di Denpasar.

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!