Liburan Hits – Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam
Mercusuar Cafe (mercusuarcafe)

Liburan Hits – Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam

Itinerary Bandung Hari Ketiga

Catatan: Malamnya Menginap di Kota Bandung

1. Makan Pagi – GOR Pajajaran

Itinerary Bandung Hari Ketiga - GOR Pajajaran (catatanbaskoro)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – GOR Pajajaran (catatanbaskoro)

Lama Perjalanan: 20 menit (dari penginapan di Kota Bandung)
Disarankan Berangkat: pk. 08.00 WIB

Sebelom memulai perjalanan, kita isi dulu perut kita ini. Biar ga laper. GOR Pajajaran sendiri, sesuai namanya, merupakan gelanggang olah raga yang letaknya di area Pajajaran. Buat kalian yang mau olah raga, kayak lari pagi gitu bisa di sini.

Tapi sebenernya yang gw mau kasih tau itu tempat makannya. Jadi masih di area GOR, tapi di bagian samping, ada tempat makan-tempat makan yang murah meriah.

Selain banyak macem makanan, ada juga jajanan-jajanan tradisional lainnya. Gw saranin kalo ke sini harus cobain cakwe nya. Beuh mantep banget, bikin kangen.

2. Ranca Upas

Itinerary Bandung Hari Ketiga - Ranca Upas (hirroharry)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Ranca Upas (hirroharry)

Lama Perjalanan: 1 jam 40 menit
Harga: 20,000/orang

Pagi-pagi abis makan emang enaknya ke sini. Kenapa? Nah di sini tuh suasananya sepi, nenangin hati. Kalo ke sini udah pasti wajib banget harus foto bareng rusa di penangkaran rusanya.

Di penangkaran Ranca Upas kalian bisa kasih makan rusanya langsung loh. Tapi makanan yang dikasih ga boleh sembarangan, harus beli dari tempatnya langsung. Oyah buat kalian yang takut dengan rusa, ga perlu khawatir, karena ada pawangnya yang jagain kalo si rusanya berulah.

Di sana juga ada beberapa kegiatan outbound yang bisa kalian mainin: Flying Fox, Burma V, Archery Way, Elvis Bridge, hingga Paintball. Selain outbound dan foto-foto, kalian juga bisa berendam di pemandian air panas yang mereka punya.

3. Kawah Putih (opsional)

Itinerary Bandung Hari Ketiga - Kawah Putih (seratusnews)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Kawah Putih (seratusnews)

Lama Perjalanan: 10 menit
Harga: 27,000/orang

Next kita ke area yang masih deket sama Ranca Upas, yaitu, Kawah Putih. Ga jarang area ini suka diselimuti kabut tipis, dan kalo tiba-tiba kabut lagi tebal, kalian harus hati-hati jalannya karena jarak pandang yang kita bisa liat ga jauh.

Sejarahnya, kawah ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha di abad ke-10 dan ke-12. Tanah yang warna putih itu sebenernya merupakan endapan abu gunung api.

Pengelola lokasi ini menurut gw lumayan oke, karena suka ada pembaharuan. Kayak contohnya, jembatan yang di foto, waktu gw ke sana sekitar 6 tahun lalu tuh belum ada. Artinya mereka cukup merawat dan mempebaharui area ini.

4. Makan Siang – Resto Bebek Unti

Itinerary Bandung Hari Ketiga - RM. Bebek Unti (vanescecilia)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – RM. Bebek Unti (vanescecilia)

Lama Perjalanan: 15 menit

Kayaknya udah mulai laper nih. Saatnya makan ke Resto Bebek Unti. Di sini kalian makan di saung-saung secara lesehan gitu. Saungnya di atas kolam ikan, jadinya bisa makan sambil ngeliatin pemandangan kolamnya gitu.

Menunya Sundaan, selain bebek goreng atau bakarnya yang diandalin, jangan lupa juga kalo ke sana gw saranin nyobain menu ikannya juga, apalagi gurame gorengnya.

5. Happy Farm Ciwidey (opsional)

Itinerary Bandung Hari Ketiga - Happy Farm (sindesinner)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Happy Farm (sindesinner)

Lama Perjalanan: 5 menit
Harga: 20,000/orang

Sejuk-sejuk abis makan, dibanding ngantuk, mending kita ke sini nih. Apalagi buat kalian yang bawa anak-anak, dijamin suka banget main di sini. Ada beberapa area di dalam Happy Farm Ciwidey: taman kelinci, petting zoo hingga candy house.

Di petting zoo, kalian bisa memberi makan dan berinteraksi langsung dengan beberapa hewan. Mulai dari domba hingga anak sapi. Buat kalian yang kurang suka hewan, bisa juga nikmatin pemandangan di sini sejenak. Jangan lupa juga buat foto-foto di candy house.

6. Badjoe Mills Factory Outlet

Itinerary Bandung Hari Ketiga - Paberik Badjoe Factory Outlet (sonydansetiadi)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Paberik Badjoe Factory Outlet (sonydansetiadi)

Lama Perjalanan: 1 jam

Nah ini! Tempat buat kalian yang suka belanja. Akhirnya belanja! Badjoe Mills Factory Outlet ini, seperti namanya, merupakan Factory Outlet yang kebanyakan menjual brand-brand lokal dengan harga yang sangat terjangkau.

Brand-brand internasional juga ada, walau emang ya, lagi-lagi, ga sebanyak brand lokal. Kalo ke Bandung si oke banget buat belanja di sini, karena pilihannya banyak banget. Tempatnya gede banget dan ada 2 lantai.

Oyah buat kalian yang ikut ke sini karena nemenin belanja, tapi ga suka belanja, ada juga cafe hits di bawah, namanya Morning Glory. Kalian harus coba menu kopi-kopinya, rata-rata enak-enak semua.

7. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park (wisataoke)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Kiara Artha Park (wisataoke)

Lama Perjalanan: 15 menit
Harga: 10,000/orang saat weekdays dan 15,000/orang saat weekends

Next kita ke Kiara Artha Park sebelum makan malam. Taman yang masih bisa dibilang baru buka ini, dibangun atas memperingati Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Ada banyak monumen-monumen yang mengingatkan kita kembali sama konferensi tersebut.

Bagian tengah dari taman, ada juga air mancur menari tapi hanya akan menyala pada pk 18.30, 19.30 dan 20.30. Ada salah satu area di taman ini yang punya tema Kampung Korea. Selain kuliner, ada juga penjual pernak-pernik khas Korea. Cocok banget buat kalian yang suka banget sama Korea.

8. Makan Malam – Ayam Sawce

Ayam Sawce (ayamsawce)
Itinerary Bandung Hari Ketiga – Ayam Sawce (ayamsawce)

Lama Perjalanan: 1 jam 40 menit

The next level of makan ayam! Sebenernya resto ini niru konsep makanan seafood yang biasanya dihidangin di atas kertas, terus dimakan rame-rame. Di sini kayak gitu juga konsepnya, tapi ga cuma seafood, di dalemnya juga ada daging sapi dan ayam crispy.

Rata-rata menunya punya rasa yang lumayan enak. Tapi dari semua yang paling enak itu menurut gw cuminya. Buat kalian yang makannya banyak, ada kabar gembira, nasinya bisa refill, tapi untuk pembelian menu paket minimal untuk dua orang. Pokoknya pasti seru deh makan di sini buat kalian pecinta kuliner!

Akhir Hari Ketiga

Abis makan kenyang di Sawce, kayaknya enak jalan-jalan nih. Apalagi besok udah mau pulang. Nih gw ada rekomendasi-rekomendasi lagi:

Buat yang suka kuliner: 6 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Buka 24 Jam

Untuk kalian yang suka belanja: 10 Tempat Wisata Belanja Murah di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Rangkuman hari ketiga dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya.

1 2 3 4
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!