Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam
History of Java Museum, Jogja Yogyakarta (immotrett)

Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam: Hari Kedua

Catatan: Lama perjalanan nomor 1 terhitung dari Jl. Malioboro

1. Makan Pagi – Soto Bathok Mbah Katro

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Soto Bathok Mbah Katro (javafoodie)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Soto Bathok Mbah Katro (javafoodie)

Lama Perjalanan: 30 menit
Disarankan Berangkat: pk. 08.30 WIB

Sebenernya soto ini rasanya kayak soto di sekitaran Jogja pada umumnya. Tapi rame banget loh. Pastinya bukan tanpa sebab, selain penyajiannya yang menurut gw menarik banget, di dalam batok kelapa, pemandangannya juga bisa dibilang gak ada duanya.

Ada persawahan padi luas yang ngelilingin tempat makannya bikin suasananya tuh jadi nenangin hati dan pikiran. Apalagi di pagi hari. Bawaannya adem banget, berasa lagi di pedesaan, padahal emang iya sih.

2. Agro Wisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi, Jogja Yogyakarta (liepriska)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Agrowisata Bhumi Merapi, Jogja Yogyakarta (liepriska)

Lama Perjalanan: 30 menit
Harga: 30,000/orang

Kalo kalian sering buka-buka instagram, pasti tau banget sama tempat wisata yang satu ini. Emang pamor tempat ini lagi naik-naiknya. Pertama kali gw tau tiket masuknya agak melongo sih, murah banget.

Dan lebih bikin bingungnya lagi, ternyata spot-spot fotonya gak cuma yang model mirip Santorini kayak foto di atas. Banyak banget loh spot-spot foto yang bikin kalian berasa kayak di pedesaan Eropa. Selain itu masih ada lagi kebun binatang mini di sini. Untung banyak deh pokoknya kalo ke sini.

3. Candi Prambanan

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Candi Prambanan - Klaten
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Candi Prambanan – Klaten

Lama Perjalanan: 35 menit
Harga: 50,000/orang

Setelah dari tempat hits yang sebelumnya, tentunya kita juga harus kunjungi tempat wajib satu ini. Apalagi kalo bukan Candi Prambanan. Gw tiap dateng ke sini selalu kayak dapet sesuatu yang baru. Dulu banget pertama ke sini pas lagi SD gitu, nah dulu mah cuma pengen tau ini tuh sekilas sejarahnya apa. Tapi sekarang kalo ke sana suka banget lihat pahatannya yang detil dan unik.

Tapi gak hanya dari mulut gw aja, UNESCO bahkan juga udah nentuin Candi Prambanan sebagai salah satu situs warisan dunia dari tahun 1991. Tentunya bukan tanpa alasan, Candi Prambanan memenuhi 2 kriteria: mewakili karya jenius kreatif manusia dan menjadi contoh yang luar biasa dari berbagai aspek bangunan dalam sejarah manusia.

4. Tebing Breksi (Opsional)

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Tebing Breksi
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Tebing Breksi

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga: 10,000/wisatawan lokal; 20,000/wisatawan asing

Poin ini gw bikin opsional karena ada 2 poin yang jadi pertimbangan. Pertama tergantung seberapa lama kalian di Candi Prambanan. Kedua tujuan makan siang selanjutnya baru buka pukul 13.00 WIB. Jadi kalo masih ada waktu sampe pukul 13.00 WIB, mending kunjungi Tebing Breksi ini.

Tebing ini sebenarnya dulu merupakan area penambangan. Tapi dikembangakan oleh pengelola jadi tempat wisata yang punya banyak banget spot-spot foto bagus. Emang sih tempat ini panas banget, apalagi pas siang hari. Jadi gw saranin untuk pake baju yang bisa menyerap keringat, biar gak semakin kepanasan.

5. Makan Siang – Watu Langit Jogjaa Coffee and Resto

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Watu Langit Jogjaa Coffee and Resto (yudadwinug)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Watu Langit Jogjaa Coffee and Resto (yudadwinug)

Lama Perjalanan: 10 menit

Gw tekenin lagi ya, resto ini bukanya jam 13. Jadi disarankan banget buat datang ke tempat ini minimal jam 13.00 WIB, jangan kecepetan ya. Kenapa sih harus ke sini sebenernya?

Jadi tempat ini ada di dataran tinggi. Jadi udah otomatis adem, tadi kan kita abis panas-panasan kan, nah ke sini jadi ngadem dulu. Selain itu lebih kerennya lagi, kalo lagi gak banyak awan, kita bisa lihat Gunung Merapi loh dari tempat makan ini.

Menunya mostly makanan khas Jawa. Ratai-rata sih enak-enak, tapi menurut gw yang harus banget kalian cobain adalah bakwan jagungnya! Beuhh, wajib deh jadiin makanan pendamping bareng sama makanan berat kalian.

6. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran (pegipegi)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Embung Nglanggeran (pegipegi)

Lama Perjalanan: 1 jam
Harga: 10,000/orang siang hari; 15,000/orang malam hari

Lagi-lagi ke tempat dingin nih kita. Danau indah, pemandangan bagus, udara sejuk wah ini sih tempat yang oke banget. Oh iya, jangan lupa di sini juga bisa jadi spot foto-fotomu. Memang perjalanan dari parkiran ke danau makan waktu sekitar 10-15 menit aja, tapi kalo bisa sih pake alas kaki yang lumayan nyaman.

Memang sih, tempat ini terkenal dengan danaunya yang indah. Tapi buat kalian yang belum pernah ke sini, di sini juga ada pemandangan indah dari Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Bongos sama Gunung Kelir. Jadi kalian bisa nikmatin beberapa pemandangan di satu kawasan.

7. Hutan Pinus Pengger (Opsional)

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Hutan Pinus Pengger
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Hutan Pinus Pengger

Lama Perjalanan: 30 menit
Harga: 3,000/orang tiket masuk; 2,000/spot foto

Di tempat ini, selain bisa melihat pemandangan dari ketinggian, seperti namanya, terdapat hutan pinus yang bikin hati adem. Apalagi kalo kalian yang lagi penat banget dan pengen menikmati keindahan alam, cocok parah lah kalo ke sini.

Kawasan ini juga bagus banget kalo dikunjungi sambil nikmatin sunset. Nah buat kalian yang kurang tertarik, atau ternyata tidak sempat ke poin berikutnya (karena poin berikutnya tutup pukul 18.00 WIB) mending sekalian habisin sunset di sini sambil nyantai refreshing.

8. History of Java Museum

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: History of Java Museum, Jogja Yogyakarta (immotrett)
IItinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: History of Java Museum, Jogja Yogyakarta (immotrett)

Lama Perjalanan: 40 menit
Harga: 30,000/wisatawan lokal; 50,000/wisatawan asing

Info ya, museum ini tutup pukul 18.00 WIB, jadi perhatiin lama perjalanan kalian, dari poin sebelumnya. Kalo masih bisa mencapai tempat ini 30-40 menit sebelum tutup itu masih oke. Tapi kalo udah mepet-mepet mending skip, atau lebih lama di poin sebelumnya.

Museum ini kalo menurut gw merupakan museum yang harus banget kalian kunjungin kalo ke Jogja. Selain instagenik, kalian juga bisa dapetin pengetahuan sama pengalaman dari museum berteknologi canggih ini. Di awal tour-nya aja, kita akan diminta menonton film 3D dalam studio teater kecil yang ada di museum.

Setelah nonton, baru tuh diajak keliling museumnya sambil dijelasin sejarah Jawa dari masa lampau hingga sekarang. Lebih kerennya, kita bisa gunain teknologi AR di smartphone kita buat liat gambaran 3D atau suara dari beberapa objek yang kita mau lihat.

9. Makan Malam – Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Bu Narti, Jogja Yogyakarta (kulineryogyes)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Oseng-oseng Mercon Bu Narti, Jogja Yogyakarta (kulineryogyes)

Lama Perjalanan: 10 menit

Tadi kan kita udah nih dingin-dingin, sekarang panas-panas, bukan karena udaranya, tapi karena kepedesan. Tempat makan ini emang tempat makan yang udah legend banget di Jogja.

Sesuai namanya, menu andalannya itu si oseng-oseng mercon. Untuk rasanya sih udah gak usah ditanya, enak banget. Tapi untuk pedesnya mm…, gini, banyak yang suka banget sama pedes bilang pedesnya biasa aja. Jadi sebenernya bagus buat kalian yang takut kepedesan, jadi gak perlu khawatir kepedesan lagi.

Nah tapi buat kalian yang gak suka pedes sama sekali tapi nemenin makan orang yang suka pedes, di sana ada telor dadar, ayam goreng dan masih banyak lagi, jadi tenang masih bisa makan hidangan lainnya kok.

Akhir Hari Kedua

Gimana nih setelah keliling-keliling seharian? Masih mau makan atau nongkrong? Buat kalian yang mau kulineran, bisa ke sini: Tempat Wisata Kuliner di Jogja – 10 Kuliner yang Wajib Dikunjungi.

Tapi kalo kalian mau ke cafe atau restoran hits di Jogja, gw juga ada nih rekomendasinya: 10+ Wisata Kuliner Jogja Kekinian (Pasti Suka)

Rangkuman hari kedua dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya!

1 2 3
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!